×
×

Search in Mata Mata Musik

Hak Royalti Produser Album Slipknot ‘All Hope Is Gone’ Telah Dilelang

Posted on: 04/30/20 at 9:00 am

Formasi Slipknot album "All Hope Is Gone".
Formasi Slipknot album “All Hope Is Gone”. (Foto: Roadrunner Records).

Hak atas pembagian jatah royalti dari album tahun 2008 raksasa metal Slipknot, All Hope Is Gone, telah dilelang bersama dengan hak untuk album self-titled tahun 2008 dari band pop-punk Simple Plan. Harga penawarannya saat ini adalah lebih dari US$ 750 ribu (Rp11,4 miliar) untuk jangka waktu investasi 30 tahun.

Sang produser Dave Fortman tampaknya menjual potongan royaltinya untuk setiap album. Meskipun tidak disebutkan secara detail, pelelangan itu menyatakan bahwa produser dari setiap album telah menjual hak mereka, dan Dave Fortman memproduksi keduanya.

Baca juga: Corey Taylor (Slipknot) Melelang Koleksi Gitar Pribadinya Demi Korban Covid-19

Pelelangan itu sendiri, yang terdaftar di Royalty Exchange, menawarkan persepsi yang menarik ke dunia distribusi royalti dan hak penerbitan. Untuk memikat para penawarnya, daftar itu memberikan sejumlah angka dan bukti kuat tentang kesuksesan finansial dari album All Hope Is Gone, yang didistribusikan oleh Warner Music Group.

Hak produsernya, yang merupakan bagian dari royalti rekaman suara, menghasilkan US$ 105,180 (Rp 1,6 miliar) dalam pendapatannya selama 12 bulan terakhir. Penghasilan itu diakumulasikan dari berbagai sumber: streaming, radio satelit seperti SiriusXM, unduhan digital, penjualan CD, TV komersial dan penempatan dalam film, sampel, dll. Lelang itu menyatakan:

“Penawar yang menang akan mengumpulkan royalti yang dihasilkan dari setiap penjualan, streaming, dan biaya sinkronisasi dari kedua album, serta masing-masing single yang terkandung di keduanya. Penjualan dan streaming, secara khusus, memiliki bagian yang lebih besar dari pendapatan untuk royalti rekaman suara dibandingkan royalti komposisi. Jadi ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan”.

Tahun lalu, pendapatan tahunan dari All Hope Is Gone meningkat sebesar 21 persen “tahun-ke-tahun”, dengan 73 persen dari pendapatan tahun 2019-nya berasal dari streaming, naik dari angka 33 persen pada tahun 2018 – sebuah bukti dominasi pertumbuhan layanan digital seperti Spotify, Apple Music, dan Amazon.

Mengenai streaming, daftar itu merinci hak royaltinya sebagai berikut: “Jika Spotify membayar 70 sen dari setiap dolar untuk hak musik, 60 sen dari itu berlaku untuk hak cipta rekaman suara (yang dibagi label dengan artis berdasarkan perjanjian kontrak mereka), sedangkan 10 sen sisanya menjadi hak cipta komposisi”.

Single ‘Psychosocial’ oleh Slipknot, yang merupakan sebuah karya klasik modern, membawa pulang 41 persen dari total pendapatan 2019 dengan sendirinya, naik dari angka 20 persen pada tahun sebelumnya.

Baca juga: Video Konser Intim Slipknot Di Studio Maida Vale BBC Telah Dirilis

Diakhiri dengan album tahun 2008 Simple Plan, yang disertifikasi platinum oleh RIAA, ini jelas merupakan pelelangan yang krusial dan penuh potensi dalam bidang perdagangan royalti.

Silahkan cek pelelangan album Slipknot dan Simple Plan itu dan pelajari lebih lanjut melalui Royalty Exchange.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    IXIA

    Unit Metalcore IXIA Bereksperimen Via 'Noir', Single Tentang Mental Il...

    Formasi terkini IXIA. Unit metalcore asal Jakarta, IXIA, baru-baru saja merilis lagu terbaru yang diberi judul 'Noir'. Perilisan lagu ini diluncurkan di ber

    on Sep 14, 2021
    Corey Taylor

    Corey Taylor Tampil Dengan Topeng Baru Dan Ungkap Makna Di Baliknya

    Corey Taylor mengenakan topeng barunya (Foto: via Rocklahoma Facebook). Setelah rehat selama kurang lebih 18 bulan menjajal panggung-panggung dikarenakan pa

    on Sep 6, 2021
    Joey Jordison

    Joey Jordison: 15 Momentum Terbaik Selama Di Slipknot & Band Lainnya

    JJ (Foto: via Facebook). Joey Jordison meninggalkan dunia ini secara mendadak. Tanpa ada indikasi atau peringatan sebelumnya. Berpulang dirinya untuk mengha

    on Jul 28, 2021
    Joey Jordison

    Joey Jordison, Mantan Dramer dan Pendiri Slipknot Tutup Usia

    Joey Jordison (Foto: Chelsea Lauren/Wireimage, Mick Hutson/Redferns). Joey Jordison. Oh No! Not again. Damn. Satu per satu musisi metal dipanggil oleh Yang

    on Jul 28, 2021