×
×

Search in Mata Mata Musik

Halsey Gelar Black Creators Fund Initiative Dukung Karya Seni Orang Kulit Hitam

Posted on: 06/13/20 at 6:00 am

Halsey.
Halsey. (Foto: Getty Images).

Setelah turun langsung ke jalan untuk ikut protes dan membela gerakan Black Lives Matter sebagai respons dari pembunuhan seorang polisi rasis terhadap George Floyd, sang popstar Halsey menggunakan platformnya untuk mendanai dan mempromosikan karya seni ciptaan orang kulit hitam melalui Black Creators Funding Initiative.

Baca juga: Halsey Tertembak Peluru Karet Saat Ikut Aksi Protes Black Lives Matter di LA

“Aku sedang mencari kreator-kreator berkulit hitam yang ingin memperkaya dunia dengan karya mereka,” ujar Halsey dalam pengumuman proyeknya. Dijelaskan kepada 32,9 juta pengikut Halsey yang digabungkan dari Instagram dan Twitter, seruan internasional untuk para kreator “dalam bentuk apa pun” —termasuk penyair, desainer grafis, pembuat film, produser musik dan jurnalis — untuk memamerkan karya mereka di media sosial tidak menentukan berapa banyak uang yang diberikan sebagai hadiahnya.

Para peserta dapat menandai postingan mereka dengan tagar #BlackCreatorsFund untuk bisa dipertimbangkan, dan “penerima hadiah pertama” akan diungkapkan pada tanggal 18 Juni, menurut pengumuman tersebut.

“Kami ingin melihat karya kalian dan ingin membantu mencapai tujuan kalian,” pengumuman itu berbunyi. “Selain suntikan dana, para artis akan dipromosikan di media sosial [Halsey] untuk membantu mempromosikan platform mereka dan kami akan membantu menyediakan sumber daya, informasi, dan titik kontak, untuk orang sebanyak mungkin”.

Baca juga: Marshmello Tantang Fans Bikin Video ‘Be Kind’, Lagunya Bersama Halsey

Sang penyanyi/penulis lagu asal Amerika Serikat (AS) itu baru-baru ini sempat viral saat dia merawat para demonstran saat protes terhadap kebrutalan polisi yang terluka oleh peluru karet di Los Angeles, AS. “Ayahku adalah orang kulit hitam. Ibuku adalah seorang paramedis,” tulis Halsey dalam sebuah postingan di Instagram yang menggambarkan pengalamannya saat memberikan bantuan medis selama aksi protes pada tanggal 1 Juni. “Minggu ini aku harus menggabungkan kedua asosiasi itu dengan cara yang membuatku merasa ngeri”.

Tapi Halsey bukanlah seorang aktifis “musiman”. Sejak dia menjadi semakin terkenal pada tahun 2016 setelah kesuksesan lagu duet bersertifikasi Diamond-nya dengan duo EDM The Chainsmokers, ‘Closer’, popstar itu telah menyuarakan dukungannya untuk korban pelecehan seksual dan komunitas yang dikucilkan melalui media sosial lewat puisi dan karya lagunya. Album full-length ketiga dan terbaru Halsey, Manic, yang memulai debutnya di posisi No. 2 pada chart atau tangga album Billboard 200 pada Januari lalu, menceritakan perjalanan hidupnya yang penuh tantangan karena gangguan penyakit bipolar-nya.

The Black Creators Funding Initiative adalah upaya terbaru Halsey untuk memaksimalkan platformnya demi suatu tujuan yang baik, khususnya demi memerangi rasisme.

“Itu adalah hal terbaik dari menjadi seorang musisi,” ujar Halsey kepada Forbes pada tahun 2017 lalu. “Kamu harus terus menunjukkan kepada dunia bagaimana kamu telah berubah dan bagaimana kamu telah berkembang. Dan kamu bisa mengatakan, ‘Hei, lihat aku, lihatlah betapa lebih baiknya aku sekarang dibandingkan dulu'”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    kehlani

    Kehlani Suguhkan Pop R&B Segar Via Lagu 'Altar' Dari Album Mendatang

    Kehlani (Foto: Brianna Alysse). Tiap ketukan dram yang terdengar renyah diiringi synthsizer dan gitar yang turut membangun nuansa lagu. Sampailah di penggal

    on Sep 16, 2021
    Kacey Musgraves

    Kacey Musgraves Rilis "Star-Crossed", Album Baru Tentang Perceraiannya

    Kacey Musgraves (Foto: dok. artis). Kacey Musgraves telah meluncurkan album barunya, star-crossed melalui MCA Nashville/Interscope Records pada 10 September

    on Sep 11, 2021
    Lalisa

    Lisa BLACKPINK Luncurkan 2 Lagu Solonya, 'Lalisa' Dan 'Money'

    Lisa BLACKPINK (Foto: YG Entertainment). Anggota ketiga dari girl group K-Pop BLACKPINK, Lisa, akhirnya merilis album single solo debutnya. Album ini diril

    on Sep 10, 2021
    Sekaranggi

    Sekaranggi Rilis Album Kedua, "Delapan" Sebagai Introspeksi Diri

    Tampilan Sekaranggi di album keduanya Pada 8 September 2021 resmi dirilis album kedua dari Sekaranggi yang berjudul Delapan. Salah satu lagu dalam album in

    on Sep 9, 2021