×
×

Search in Mata Mata Musik

Halsey Tertembak Peluru Karet Saat Ikut Aksi Protes Black Lives Matter di LA

Posted on: 06/2/20 at 7:30 am

Halsey di tengah kerumuman saat ikut demonstrasi di jalan.
Halsey di tengah kerumuman saat ikut demonstrasi di jalan. (Foto: Spot-Gamr/Back Grid).

Halsey telah tertembak oleh peluru karet dan pecahan peluru dan juga kena sembur gas air mata saat berpartisipasi dalam aksi protes bertema Black Lives Matter (aksi stop rasisme terhadap orang kulit hitam) di Los Angeles, Amerika Serikat pada hari Sabtu lalu. Ekses kekerasan oleh petugas polisi berujung kematian terhadap George Floyd.

Baca juga: Marshmello Rekrut Halsey Untuk ‘Be Kind’, Lagu Baru Yang Motivasional

Dalam serangkaian cerita yang diposting di Instagram, popstar yang setengah keturunan Afrika-Amerika (dari ayahnya) itu menceritakan pengalamannya di garis depan aksi protes Black Lives Matter.

“Kami waktu itu damai, tangan kami sudah diangkat, tidak bergerak, tidak melanggar batas. (Polisi) menembakkan peluru karet dan gas air mata beberapa kali kepada kami. (Kepada) warga yang tidak memprovokasi mereka,” tulis Halsey. “Sebagian besar dari kami hanya meminta mereka untuk memiliki empati, untuk mempertimbangkan kembali kemanusiaan dan sejarah bangsa kami dan masa depannya. Garis depan kami tidak akan mengalah. Aku akan kembali”.

Dalam sebuah postingan lanjutannya, Halsey mengungkapkan bahwa dia sendiri terserang dua kali oleh beberapa proyektil. “Sekali dengan serpihan dan sekali dengan pecahan peluru,” tuturnya. “Kami kena gas air mata berulang kali selama berjam-jam”.

Baca juga: Halsey Donasikan 100,000 Masker Untuk Berbagai RS Covid-19 Di L.A.

“Ini menghantamku melalui beberapa lapisan kain dan karena itu, hak aku (tetap) terlalu istimewa. Dari jarak dekat itu bisa menyebabkan cedera serius,” tulis Halsey di postingan lainnya, beserta gambar luka-lukanya.

“Mereka ditembakkan ke wajah orang-orang selama momen-momen damai dari demonstrasi. Jika kamu adalah pengikut aku yang ‘tidak mau ikut campur’ tetapi kamu merasa marah bahwa aku punya sedikit memar karena tidak melakukan apa pun yang melanggar hukum, maka anggaplah kamu ADA di pihak kami. Karena kenyataan mengenai apa yang terjadi pada orang kulit hitam setiap hari lebih buruk daripada memar aku. Jadi ayo terlibatlah. Tanda tangan (petisi). Berdonasilah. Bagikan tautannya. Lakukan sesuatu”.

Dalam sebuah pesan terpisah yang diposting ke Twitter, Halsey meminta orang-orang untuk “mengabaikan media yang dipublikasikan tentang selebriti. Terlibat lah dengan mereka yang kamu idolakan, tentu saja, tetapi fokus juga pada pesannya. Dan jangan biarkan media mengubah reputasi generasi kita menjadi generasi yang lebih peduli kepada orang-orang terkenal daripada orang kulit hitam. Kalian semua teguh dan pintar”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Mahen

Bintang Muda Mahen Kembali Ber-Pop Mellow Dengan Single Baru 'Cinta Se...

Mahen. (Foto: Indo Semar Sakti). Penyanyi muda dan salah satu best new comer, Mahen, belakangan memang menjadi perbincangan para penikmat musik Indones

on Dec 1, 2020
Fahem

Fahem Tenggelam Dalam 'Pool Of Regrets', Single Ke-4 Menuju EP Mendata...

Dua ribu dua puluh mungkin memang “tahunnya” Fahem. Produktivitas dan konsistensi dirinya menghasilkan karya patut diacungi jempol. Terbukti dalam wakt

on Dec 1, 2020
Naim Daniel

Penyanyi ‘Rising Star’ Asal Malaysia Naim Daniel Kenalkan Single B...

Nggak cuma di Indonesia, negeri jiran Malaysia pun nggak pernah kehabisan stock musisi muda berbakat, seperti salah satunya Naim Daniel. Lewat single-nya y

on Dec 1, 2020
Putra Timur

Putra Timur Jadikan "Mahligai", Album Perdananya Sebagai Kediaman Semu...

Putra Timur. Luasnya dimensi perasaan dalam kehidupan kita hingga satu fenomena pun bisa menghasilkan dua emosi yang berbeda, bahkan bertolak belakang pada

on Nov 30, 2020