×
×

Search in Mata Mata Musik

Harlan Boer Rilis Album Baru, “Bersambung” Yang Rekamannya Cuma Pakai Handphone

Posted on: 10/17/20 at 12:15 pm

Harlan Boer Rilis Album Baru, “Bersambung” Yang Rekamannya Cuma Pakai Handphone
Harlan Boer.

Penyanyi dan penulis lagu indie folk/indie-pop/anti-folk Jakarta, Harlan Boer merilis album dengan peralatan seadanya, direkam live memakai handphone, bernyanyi dalam kesepian di era pandemi. Album lo-fi itu diberi judul Bersambung.

Baca juga: “Jatuh Cinta Diam Diam” Ala Harlan Boer

Sejak Maret 2020, rumah-rumah nggak sama lagi. Setiap orang berhadapan dengan kesulitan yang baru dan beradaptasi dengan keadaan. Bekerja menjadi di rumah, bahkan beberapa terpaksa “dirumahkan”. Anak-anak sekolah di kediaman. Beberapa jenis usaha mulai kesulitan. Kewaspadaan kadang berdampingan dengan kecemasan. Komunikasi semakin bertumpu pada penguasaan dan ketersediaan teknologi. Pergi dan pulang menjadi hal yang nggak mudah dilakukan, termasuk emosi kerinduan dari mengatur pertemuan dengan orang terdekat yang berjauhan.

Pada Mei 2020, Harlan Boer mendapat undangan untuk membuat playlist untuk rubrik VJ Play di sebuah situs jurnal budaya visual independen, Visual Jalanan. Alih-alih membagikan rekomendasi lagu-lagu favoritnya, Harlan justru merekam album baru untuk menjawab undangan itu. Direkam secara sederhana di rumah, cukup memakai handphone, dengan menggunakan peralatan musik yang tersedia di kamarnya: gitar akustik yang senar empatnya putus, keyboard mainan Casio, dan mesin drum dari tahun 1987 yang sudah nggak berfungsi sempurna.

Bercerita seputar era pandemi di Jakarta dari pengalaman personal hingga pengamatan di sekitar, rekaman tersebut akhirnya menjadi double album yang diberi judul Fidelitas Cinta, dirilis secara digital dengan streaming di website Visual Jalanan dengan tautan play.visualjalanan.org/fidelitas-cinta . Untuk format kaset, dirilis oleh Langen Srawa Records, sementara merchandise diproduksi oleh Pastel Youth Pop Wear.

Segera setelah mengirimkan master rekaman Fidelitas Cinta untuk website Visual Jalanan, Harlan melanjutkan menulis dan merekam lagu lagi. Hingga dipilih 12 karya dan dijadikan sebuah album baru berjudul Bersambung. Ini adalah lanjutan dari kesepian itu, ditambah narasi kecil seputar keseharian dan cuplikan nostalgia. Album Bersambung pertama kali bisa didengar di situs resmi Kios Ojo Keos, www.kiosojokeos.com pada 22-30 September 2020.

Kios Ojo Keos adalah ruang bersama mandiri untuk musik, buku, kopi, dan merchandise yang dikelola keluarga band indie rock/pop Jakarta, Efek rumah Kaca.

Kemudian, double album Fidelitas Cinta dan album Bersambung dirilis dalam format digital download oleh the-storefront.club, sebuah inisiatif distribusi digital yang menfokuskan diri pada musik/sound independen.

Baca juga: The Rang-Rangs Rilis “Sejuknya Mobil Bapakmu”

Album Bersambung juga dirilis dalam format kaset oleh Sekuntum Records, dengan sampul dan desain kemasan yang dikerjakan oleh seniman Bujangan Urban. Ok, kita tunggu juga ya di Spotify.

Bersambung tracklist:

  1. Rumah-Rumah Jadi Kenyang
  2. Gitar Kesenggol
  3. Tak Ada yang Kusamarkan
  4. Kopi Tumpah ke Rambut
  5. Kita Tak Bertemu
  6. Main IG
  7. Patah Patah
  8. Kamar Crazy
  9. Layang-Layang Seperti Tengkorak
  10. Main WA
  11. Lupa Bawa Pulang Mobil
  12. Aku Mau Bikin Mi Instan

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pale Waves

MV Single Pale Waves 'She's My Religion' Soroti Romansa Lesbian Sang V...

Vokalis Pale Waves, Heather Baron-Gracie, membintangi MV (Music Video) yang sangat personal untuk single baru band indie pop asal Manchester, Inggris ini,

on Dec 30, 2020
Wondergel

Single Wondergel 'The Guiding Lights' Jadi Debut Nandut Sebagai Vokali...

Wondergel. Generasi 1990-an pasti nggak asing dengan Wondergel, band indie pop alias alternative pop yang personilnya perempuan semua. Band yang eksis sejak

on Dec 11, 2020
VIEVV

Lima Pemuda Pontianak VIEVV Hempaskan Single Indie Pop Via 'Claustroph...

VIEVV. Berawal dari keinginan semua personil untuk beraktivitas menyalurkan hobi yang kebetulan berada pada satu tongkrongan. Dimulai dari obrolan tentang b

on Nov 27, 2020
Mondblume foto

Solois Folk Mondblume Debutkan Single 'Could You?' Yang Emosional dan ...

Rofie Sanjaya. Mondblume adalah moniker dan alter ego dari Rofie Sanjaya, seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser yang berasal dari Banjarmasin, Kalima

on Nov 22, 2020