×
×

Search in Mata Mata Musik

Haruskah BTS Jalani Wajib Militer? Begini Pendapat Para Cowok di Korea

Posted on: 10/16/20 at 11:00 am

Haruskah BTS Jalani Wajib Militer? Begini Pendapat Para Cowok di Korea
BTS. (Foto: via YouTube Korea Now).

Wajib militer yang harus dilaksanakan anggota BTS adalah topik kontroversial yang membuat publik, fans, dan politikus Korea terpecah. Military Manpower Administration (MMA) di Korea menyatakan bahwa BTS nggak akan diberikan pengecualian, tetapi para anggotanya mungkin dapat menunda jadwal wajib militer mereka di kemudian hari.

Baca juga: Toko Online “BTS POP-UP: MAP OF THE SOUL” Siap Hadir di Indonesia Mulai November

Bagaimana perasaan para sesama cowok di Korea tentang masalah ini? Dalam episode terbaru dari acara Street Debate, kanal YouTube Asian Boss mewawancarai beberapa orang, beberapa di antaranya pernah bertugas di militer. Setiap orang berbagi pendapat jujurnya masing-masing.

Seorang cowok yang menyelesaikan wajib militer merasa bahwa pengecualian untuk BTS nggak adil. Pilih kasih semacam itu akan membuatnya merasa menyesal pernah melakukan wajib militer.

Berdasarkan undang-undang Korea saat ini, atlet Olimpiade, atlet peraih medali emas, dan musisi klasik pemenang penghargaan semuanya memenuhi syarat untuk pengecualian karena kontribusi kultur mereka yang luar biasa. Idol K-pop nggak memenuhi syarat, tetapi beberapa orang percaya bahwa pekerjaan BTS sebagai duta kultur negaranya harus dipertimbangkan.

Cowok ini, bagaimanapun, melihat BTS sebagai “produk” perusahaan yang menaungi mereka, nggak seperti para atlet dan musisi yang saat ini berhak mendapatkan pengecualian. Karena itu, doi merasa pencapaian tangga lagu Billboard BTS nggak sebanding dengan, katakanlah, medali emas Olimpiade.

Masalah lainnya adalah kriteria pengecualian yang ditetapkan untuk musisi aturannya masih nggak jelas.

Sebagian beberapa cowok lainnya yang diwawancarai menyatakan baik-baik saja dengan BTS yang menerima pengecualian atas kontribusi mereka untuk negara. Meski demikian, mereka ingin kriteria pengecualian menjadi lebih jelas bagi berbagai entertainer dan orang-orang lainnya yang nggak cocok dengan kategori pengecualian saat ini.

Salah satu cowok yang nggak menyetujui pembebasan BTS percaya bahwa semua entertainer dan atlet harus tetap wajib militer. Meski BTS telah menyumbang miliaran dolar bagi perekonomian Korea Selatan, doi nggak merasa bahwa keputusan itu harus didasarkan pada ekonomi saja.

Jika idol K-pop memenuhi syarat untuk mendapatkan pengecualian, batasan tersebut akan terus terasa kabur dan ambigu. Seperti yang ditunjukkan cowok ini, ada seorang dancer asal Korea Selatan yang diakui secara internal yang nggak memenuhi syarat untuk pengecualian. Jika idol K-pop dikecualikan dari wajib militer, mengapa para dancer nggak diperlakukan sama juga?

Pada akhirnya, semuanya bermuara pada perasaan pribadi dan pendapat setiap orang tentang masalah ini yang berbeda-beda.

Baca juga: BTS Toreh Sejarah Baru Dengan Menempati 2 Posisi Teratas Chart Billboard Hot 100

Tonton episode lengkapnya di bawah ini:

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Tags:

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Lagu K-pop

20 Lagu K-Pop 'Underrated' Yang Mesti Lo Dengar Dari Tahun 2020

Mengucapkan selamat tinggal kepada tahun 2020 tuh berasa lega yah, lo pasti merasakannya juga, ya bagaimana nggak, hampir di sepanjang tahun lalu kita dibi

on Jan 7, 2021
BTS ARMY

Big Hit Menjawab Kebingungan BTS ARMY Pada Video Iklan Coca Cola Indon...

Baru-baru ini muncul video iklan baru Coca Cola di akun media sosial Coca Cola Indonesia yang bikin heboh para penggemar BTS alias BTS ARMY. Coba lo dengar

on Jan 5, 2021
Grup K-pop Paling Populer

30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Desembe...

30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Dec 29, 2020
Anggota Boyband K-Pop

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Des...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

on Dec 28, 2020