×
×

Search in Mata Mata Musik

Harvard Business School Rilis Studi Analisis Tentang Kesuksesan BTS dan Big Hit

Posted on: 07/4/20 at 7:00 am

Harvard Business School Rilis Analisis Mengenai Kesuksesan BTS dan Big Hit
BTS. (Foto: Big Hit Entertainment).

Harvard Business School telah merilis laporan yang berisi analisis mengenai kesuksesan global boyband K-pop BTS dan perusahaan yang menaunginya, Big Hit Entertainment. Pada tanggal 26 Juni, artikel studi kasus itu diluncurkan di toko online Harvard Business Review. Profesor Anita Elberse dari Harvard Business School dan timnya telah menyiapkan materi ini.

Baca juga: Apakah Anggota BTS Menulis Lagu Mereka Sendiri? Berikut Penjelasannya.

Studi kasus ini yang berjudul “Big Hit Entertainment and Blockbuster Band BTS: K-Pop Goes Global” membahas pengaruh besar BTS dan Big Hit di seluruh dunia. Menggali fenomena BTS, artikel ini memperkenalkan grup berisi 7 orang itu sebagai superstar sejati yang telah menerima dukungan luar biasa dari jutaan penggemar di seluruh dunia.

Disebutkan bahwa BTS adalah sekelompok tujuh lelaki berusia dua puluhan dengan kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia. Selain itu, studi kasus itu menunjukkan keberhasilan grup asal Korea Selatan itu di pasar Amerika Serikat (AS). Ini adalah prestasi luar biasa mengingat fakta bahwa sebagian besar lagu BTS dibuat dalam bahasa Korea.

Dalam laporan setebal 22 halaman itu, tim peneliti Harvard menyoroti cara scene K-Pop menciptakan superstar berdasarkan keberhasilan BTS dan Big Hit. Makalah ini juga menjelaskan sejarah BTS dan Big Hit dari awal hingga sekarang. Secara khusus, tim peneliti memperhatikan sistem pelatihan idol K-pop Big Hit untuk mengolah artis-artis dan proses pengambilan keputusan mereka yang berani.

Mengenai sistem pelatihannya, tim peneliti Harvard mengutip wawancara dengan sang CEO Big Hit, Bang Si Hyuk dan pejabat Big Hit lainnya. Mereka mengatakan, “Program pelatihan Big Hit terasa seperti sebuah kelas universitas. Ada diskusi dengan masing-masing peserta untuk menemukan jadwal yang optimal”.

Menekankan rasa hormat mereka terhadap otonomi dan efisiensi sistem, mereka juga menyatakan, “Kami berusaha menemukan cara terbaik untuk menyeimbangkan semuanya. Program pelatihan mencakup kursus apresiasi musik. Ini akan mendidik peserta pelatihan tentang musik apa yang mereka sukai dan bagaimana mereka dapat menciptakan musik yang mereka inginkan”.

Selain itu, laporan ini berfokus pada perjanjian kontrak Big Hit dengan BTS. Mengenai topik tersebut, perusahaan Big Hit telah menyatakan bahwa mereka menghormati hak pengambilan keputusan para artis mereka. Itu juga menyebutkan para penggemar berdedikasi yang sangat antusias dan terlibat secara mendalam.

Baca juga: Big Hit Jadi Pemegang Saham Terbesar Pledis, BTS dan SEVENTEEN Kini Satu Atap

Persiapan untuk studi kasus ini dimulai ketika tim Harvard mengunjungi Seoul, Korea Selatan pada Agustus tahun lalu. Profesor Anita Elburse akan menggunakan studi kasus ini sebagai bagian dari bahan pengajaran kuliah untuk semester berikutnya. Selanjutnya, profesor itu juga menawarkan kuliah umum online kepada penggemar setelah memposting berita studi kasus itu di media sosial.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Video Musik K-Pop

15 Urutan Peringkat Video Musik K-Pop Dengan Views Paling Banyak Saat ...

Video musik K-pop sering kali mendapatkan views paling banyak pada saat baru dirilis, tetapi beberapa video terus mendapatkan jutaan views bahkan berbulan-

on Oct 25, 2020
Irene Red Velvet

Irene (Red Velvet) Minta Maaf Setelah Ketahuan Pernah Caci Maki Seoran...

Irene (Red Velvet). (Foto: via Soompi). Irene Red Velvet telah menulis surat permintaan maaf setelah doi baru-baru ini dituduh telah mengamuk dan mencaci-ma

on Oct 24, 2020
Girlband K-Pop Underrated

5 Girlband K-Pop 'Underrated' Yang Lo Mungkin Belum Pernah Dengar

Ada sangat banyak grup K-pop baru belakangan ini yang mana hanya sebagian kecil dari mereka yang benar-benar menjadi terkenal dan sukses, dan itu sangat di

on Oct 23, 2020
Reputasi Anggota Boyband

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Okt...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Oktober 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bran

on Oct 22, 2020