×
×

Search in Mata Mata Musik

Harvard Business School Rilis Studi Analisis Tentang Kesuksesan BTS dan Big Hit

Posted on: 07/4/20 at 7:00 am

Harvard Business School Rilis Analisis Mengenai Kesuksesan BTS dan Big Hit
BTS. (Foto: Big Hit Entertainment).

Harvard Business School telah merilis laporan yang berisi analisis mengenai kesuksesan global boyband K-pop BTS dan perusahaan yang menaunginya, Big Hit Entertainment. Pada tanggal 26 Juni, artikel studi kasus itu diluncurkan di toko online Harvard Business Review. Profesor Anita Elberse dari Harvard Business School dan timnya telah menyiapkan materi ini.

Baca juga: Apakah Anggota BTS Menulis Lagu Mereka Sendiri? Berikut Penjelasannya.

Studi kasus ini yang berjudul “Big Hit Entertainment and Blockbuster Band BTS: K-Pop Goes Global” membahas pengaruh besar BTS dan Big Hit di seluruh dunia. Menggali fenomena BTS, artikel ini memperkenalkan grup berisi 7 orang itu sebagai superstar sejati yang telah menerima dukungan luar biasa dari jutaan penggemar di seluruh dunia.

Disebutkan bahwa BTS adalah sekelompok tujuh lelaki berusia dua puluhan dengan kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia. Selain itu, studi kasus itu menunjukkan keberhasilan grup asal Korea Selatan itu di pasar Amerika Serikat (AS). Ini adalah prestasi luar biasa mengingat fakta bahwa sebagian besar lagu BTS dibuat dalam bahasa Korea.

Dalam laporan setebal 22 halaman itu, tim peneliti Harvard menyoroti cara scene K-Pop menciptakan superstar berdasarkan keberhasilan BTS dan Big Hit. Makalah ini juga menjelaskan sejarah BTS dan Big Hit dari awal hingga sekarang. Secara khusus, tim peneliti memperhatikan sistem pelatihan idol K-pop Big Hit untuk mengolah artis-artis dan proses pengambilan keputusan mereka yang berani.

Mengenai sistem pelatihannya, tim peneliti Harvard mengutip wawancara dengan sang CEO Big Hit, Bang Si Hyuk dan pejabat Big Hit lainnya. Mereka mengatakan, “Program pelatihan Big Hit terasa seperti sebuah kelas universitas. Ada diskusi dengan masing-masing peserta untuk menemukan jadwal yang optimal”.

Menekankan rasa hormat mereka terhadap otonomi dan efisiensi sistem, mereka juga menyatakan, “Kami berusaha menemukan cara terbaik untuk menyeimbangkan semuanya. Program pelatihan mencakup kursus apresiasi musik. Ini akan mendidik peserta pelatihan tentang musik apa yang mereka sukai dan bagaimana mereka dapat menciptakan musik yang mereka inginkan”.

Selain itu, laporan ini berfokus pada perjanjian kontrak Big Hit dengan BTS. Mengenai topik tersebut, perusahaan Big Hit telah menyatakan bahwa mereka menghormati hak pengambilan keputusan para artis mereka. Itu juga menyebutkan para penggemar berdedikasi yang sangat antusias dan terlibat secara mendalam.

Baca juga: Big Hit Jadi Pemegang Saham Terbesar Pledis, BTS dan SEVENTEEN Kini Satu Atap

Persiapan untuk studi kasus ini dimulai ketika tim Harvard mengunjungi Seoul, Korea Selatan pada Agustus tahun lalu. Profesor Anita Elburse akan menggunakan studi kasus ini sebagai bagian dari bahan pengajaran kuliah untuk semester berikutnya. Selanjutnya, profesor itu juga menawarkan kuliah umum online kepada penggemar setelah memposting berita studi kasus itu di media sosial.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Map of the Soul: 7

BTS ‘Map of the Soul: 7’ Resmi Jadi Album Terlaris Dalam Sejarah K...

BTS sekali lagi telah masuk ke dalam Guinness World Records untuk gelar album terlaris di Korea Selatan dengan album terakhir mereka, Map of the Soul: 7.

on Aug 8, 2020
BTS

BTS Umumkan Jadwal Tayang Dan Penjualan Tiket Film Break The Silence: ...

Film layar lebar baru BTS akan segera dirilis ke bioskop, sesuai pengumuman dari boyband K-pop itu pada hari Kamis lalu, terlepas dari ketidakpastian tenta

on Aug 8, 2020
SuperM

SuperM Resmi Akan Comeback Dengan 2 Single Baru dan Album Full-Length ...

SuperM dalam MV 'Jopping'. Resmi! Supergrup K-pop SuperM akhirnya terkonfirmasi akan menjalani comeback mereka yang sudah sangat lama ditunggu-tunggu! Pa

on Aug 7, 2020
Mina eks-AOA

Mina (eks-AOA) Ngaku Pernah Coba Bunuh Diri Pasca Skandal Jimin AOA

Mina (eks-AOA). Mantan anggota girlband AOA, Mina, telah memposting segala macam opini, klarifikasi dan penjelasan secara panjang lebar di akun Instagram-ny

on Aug 7, 2020