×
×

Search in Mata Mata Musik

Salah Satu Pendiri Band Village People Tutup Usia!

Posted on: 08/7/19 at 2:45 pm

Henri Belolo, produser musik yang mendirikan Village People dengan sesama rekan musisi asal Prancis Jacques Morali, meninggal dunia.

Penulis lagu dan impresario kelahiran Maroko, Belolo adalah salah satu pelopor gerakan disko, yang mengguncang lantai dansa di seluruh dunia pada akhir tahun ’70-an.

Dia membentuk Village People, band beranggotakan enam personil yang terkenal lewat lagu-lagu hit mereka seperti “Y.M.C.A,” “In the Navy” dan “Macho Man.”

Village People sering menampilkan karakter fantasi gay yang terdiri dari pekerja bangunan, anggota geng motor, koboi dan tentara dengan badan berotot, dan dengan cepat menjadi sensasi budaya pop. “Y.M.C.A” juga sontak menjadi lagu wajib bagi komunitas LGBT.

Meskipun Belolo sendiri bukan gay, dia melihat citra bandnya sebagai perwujudan semangat berpesta yang penuh ceria dari komunitas LGBT di tahun-tahun sebelum meledaknya epidemi AIDS.

Kabar kematian Belolo dikonfirmasi oleh putranya sendiri, menurut perhimpunan penulis Prancis, Sacem, via AFP.

“Sangat menyedihkan mengetahui berita kematian Henri Belolo,” tulis Sacem di Twitter. “Dia banyak berkontribusi pada kebangkitan musik dance, disko dan house di Prancis dan menulis untuk… Village People.”

Belolo dan Morali—yang juga lahir di Casablanca, Maroko—sebelumnya telah sukses di Prancis lewat label Carabine mereka sebelum keduanya pindah ke AS pada tahun 1973, di mana mereka membentuk band disko yang berbasis di Philadelphia, The Richie Family, yang mendunia dengan lagu “The Best Disco in Town” di 1976.

Morali—yang juga menulis lagu untuk Cher dan diva berdarah Prancis-Mesir Dalida—meninggal karena AIDS pada tahun 1991. Keduanya membantu mempopulerkan breakdance dan hip-hop di Eropa pada awal tahun ’80-an bersama grup dari New York, Break Machine.

Label Scorpio Music mereka juga sangat berperan dalam kebangkitan musik house di Prancis pada pertengahan dekade itu.

Video: Village People/Youtube.

Keterangan Foto Utama: Village People menerima bintang mereka di Hollywood Walk of Fame di 2008. (Foto via Wikipedia)

Mata Mata Musik's Newsletter