×
×

Search in Mata Mata Musik

Hole Tarik Gugatannya Untuk Universal Music Group!

Posted on: 08/22/19 at 10:00 am

UMG dilaporkan telah meyakinkan band yang digawangi oleh Courtney Love ini, kalau tidak ada rekaman master mereka yang musnah dalam kebakaran di 2008.

Bulan Juni lalu, investigasi yang dilakukan New York Times menyingkap rahasia yang sebelumnya tertutup rapat tentang dampak dari kebakaran Universal Studios Hollywood di 2008 yang melahap sejumlah besar rekaman master milik beberapa artis ikonik di sepanjang sejarah musik populer.

Courtney Love dan Hole mengikuti jejak Soundgarden, Steve Earle, dan ahli waris Tupac Shakur dan Tom Petty untuk menuntut UMG atas kerugian. Sekarang, Hole dilaporkan telah mencabut gugatan itu, seperti yang dilansir dari Variety.

Pengaduan yang diamandemen, yang dilayangkan pada hari Jumat (16/5), menyatakan mundurnya Hole selaku penggugat “semata-mata berdasarkan jaminan tertulis UMG kepada penasihat hukum Penggugat bahwa tidak ada rekaman master Hole yang musnah dalam kebakaran.” Pengaduan itu menambahkan: “Saat ini Penggungat tidak mengetahui adanya informasi yang bertentangan dengan jaminan baru-baru ini terkait Hole.”

Gugatan tersebut—kasus hukum pertama yang diajukan terhadap UMG setelah laporan investigasi beredar—meminta ganti rugi sebesar $100 juta. Penggugat mengeklaim, Universal melanggar kontrak karena gagal melindungi rekaman master dan seharusnya membagikan dana penyelesaian dari asuransi dengan artis.

Dalam pernyataan terbaru, UMG mengumumkan niatnya untuk memberikan para artis “transparansi penuh.” Mereka melanjutkan: “Kami telah memastikan rekaman master orisinal untuk banyak artis yang namanya disebutkan dalam gugatan itu tidak hilang dalam kebakaran tahun 2008.”

Pengacara penggugat, Ed McPherson, menanggapi pernyataan UMG, “Hebat, bukan? Setelah 11 tahun meyakinkan para artis kalau intinya tidak ada rekaman yang musnah dalam kebakaran, UMG sekarang benar-benar melakukan investigasi untuk melihat apa yang hilang dalam kebakaran.”

Keterangan Foto Utama: Courtney Love dari Hole. (Foto: Getty Images/Scott Dudelson)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Kanye West

    Kanye West Bilang Universal Music Merilis Album "Donda" Tanpa Izinnya

    Kanye West (Foto: Getty Images). Masih terdengar keras kabar dari Kanye West mengenai rilisan album terbarunya, Donda, yang dirilis secara digital. Album in

    on Aug 30, 2021
    Universal Music

    Universal Music Ditawari Rp 572 T, Nilai Saham Tertinggi Dalam Sejarah

    Universal Music Group sudah sangat terkenal sebagai penguasa label musik terbesar di dunia. Special Purpose Acquisition Company (SPAC) atau perusahaan akui

    on Jun 4, 2021
    Big Hit X Universal Music

    Big Hit & Universal Music Resmi Bermitra Untuk Meluncurkan Boyband Glo...

    Pengumuman besar! Big Hit Entertainment dan Universal Music Group telah sepakat bersinergi dan berkolaborasi untuk meluncurkan boygroup atau boyband baru s

    on Feb 22, 2021
    Bob Dylan

    Bob Dylan Menjual Seluruh Katalog Lagu Yang Ditulisnya Senilai Rp 4,2 ...

    Bob Dylan. (Foto: Bob Dylan). Musisi kawakan nan legendaris Bob Dylan telah mencapai kesepakatan dengan Universal Music Group untuk menjual seluruh katalog

    on Dec 8, 2020