×
×

Search in Mata Mata Musik

9 Idol K-Pop Yang Terjun Langsung Dalam Proses Pembuatan MV Mereka

Posted on: 10/11/20 at 9:00 am

9 Idol K-Pop Yang Terjun Langsung Dalam Proses Pembuatan MV Mereka

Industri musik K-pop telah mengalami perubahan signifikan dalam proses pembuatan musiknya sepanjang waktu. Pada era awal genre musik ini, idol K-pop biasanya adalah seorang artis yang berlatih keras untuk memberikan yang terbaik di atas panggung mengikuti instruksi dari label rekaman mereka dalam hal sound, konsep, koreografi, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Idol K-Pop Cewek Yang Membuat Pengakuan Mengejutkan Tahun Ini

Pada masa sekarang, idol K-pop memiliki lebih banyak kendali dalam proses pembuatan musik yang berhubungan dengan mereka secara personal dan memiliki lebih banyak kebebasan artistik untuk mewakili musik mereka dengan gaya visual pilihan mereka sendiri.

Dilansir dari Soompi, berikut adalah beberapa idol K-pop yang terjun langsung dan ikut menggarap MV (music video) mereka sendiri.

Disclaimer: Hanya video self-directed (disutradarai oleh artisnya sendiri) yang ditampilkan.

1. Kim Heechul

Kim Heechul dari boyband K-pop senior Super Junior membuat debutnya sebagai sutradara pada 2011 melalui MV ‘Close Ur Mouth’, single dan lagu utama pertamanya sebagai duet dengan Kim Jungmo. Setelah itu doi lanjut menggarap MV ‘I Wish’, ‘Narcissus’, dan ‘Ulsanbawi’. Kim Heechul bahkan memakai menjadi sutradara untuk MV ‘Sweet Dream’, single kolaborasi untuk variety show Ask Us Anything, di mana doi telah menjadi anggota tetap.

2. Amber Liu

Amber Liu dari girlband f(x) adalah idol K-pop lainnya yang sangat terlibat dalam proses pembuatan video musiknya. Dari karya pertamanya yang sukses dengan MV ‘Borders’ hingga video klip ulang tahun yang doi buat untuk f(x), hingga banyak rilisan solo lainnya yang sudah doi garap, Amber Liu telah berulang kali menunjukkan bakat visualnya melalui rilisan musiknya.

3. 2AM’s Im Seulong

Partisipasi Im Seulong dalam album garapannya sendiri, ‘Normal’, melampaui segi penulisan lirik, karena doi juga ikut menyutradarai dan mengatur wardrobe untuk MV ‘Tell Me Baby’ dan ‘Mood Swing’.

Baca juga: Inilah 16 Idol Non-Korea Yang Menggemparkan Industri Musik K-pop

4. Crayon Pop

Crayon Pop telah mengeksekusi semua konsep yang bisa dibayangkan, jadi momen di mana mereka akhirnya diberikan tanggung jawab atas proses pembuatan album mereka sendiri hanyalah masalah waktu. Saat mereka menggarap album DIY (do it yourself) mereka, para anggota mencoba mengarahkan dan bertindak sebagai sutradara dalam video pra-rilis untuk single mereka ‘Vroom Vroom’.

5. Jackson Wang

Fans terus dihibur melebihi ekspektasi mereka saat Jackson Wang mengerjakan musik solonya dengan rajin. Sekarang, doi kembali membuat fans senang dengan video musik yang doi sutradarai, tulis, dan edit sendiri untuk rilisan terbarunya, ‘Pretty Please’. Satu hal yang pasti, hasilnya bagus banget.

6. Tiffany Young

Setelah meluncurkan karier solonya di Amerika Serikat, Tiffany nggak segan-segan untuk menonjolkan gaya khasnya di seluruh rilisan musiknya dalam hal penulisan lirik dan produksi. Dengan single ‘Magnetic Moon’, doi melangkah lebih jauh dengan menyutradarai dan menciptakan konsep proyeknya sendiri.

7. Agust D

Agust D alias Suga BTS adalah seorang produser dan penulis lirik yang berbakat, dan kali ini doi memamerkan keterampilannya sebagai sutradara. Saat mempersiapkan ‘Daechwita’, Suga bertemu dengan sutradara MV-nya untuk merencanakan konsep video musiknya. Doi secara khusus meminta set dengan tema drama sejarah dan menjelaskan beberapa idenya yang akhirnya dimasukkan ke dalam adegan, seperti bekas luka di wajahnya dan kontras antara konsep tradisional dan modern.

8. Bang Yong Guk

Bang Yong Guk dari B.A.P adalah seorang rapper, penyanyi, penulis lagu, dan produser. Yang melengkapi bakat doi sebagai seorang seniman yang sempurna adalah perannya sebagai sutradara dalam MV ‘AM 4:44’ di mana doi memiliki pengaruh penting pada aspek pembuatan film, pengeditan, dan artwork dari video musik tersebut.

9. (G)I-DLE

Girlband fenomenal ini telah menggetarkan industri musik K-pop dengan kekuatan penuh melalui setiap rilisan musiknya. Setelah berbagi tugas dalam segi aransemen dan produksi musiknya, bakat mereka bersinar sekali lagi melalui peran mereka sebagai sutradara pada MV yang mereka garap untuk lagu ‘Blow Your Mind’.

Dari semua yang di atas, MV self-directed oleh idol K-pop manakah yang menjadi favorit lo? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah ya!

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Lagu K-pop

20 Lagu K-Pop 'Underrated' Yang Mesti Lo Dengar Dari Tahun 2020

Mengucapkan selamat tinggal kepada tahun 2020 tuh berasa lega yah, lo pasti merasakannya juga, ya bagaimana nggak, hampir di sepanjang tahun lalu kita dibi

on Jan 7, 2021
BTS ARMY

Big Hit Menjawab Kebingungan BTS ARMY Pada Video Iklan Coca Cola Indon...

Baru-baru ini muncul video iklan baru Coca Cola di akun media sosial Coca Cola Indonesia yang bikin heboh para penggemar BTS alias BTS ARMY. Coba lo dengar

on Jan 5, 2021
Grup K-pop Paling Populer

30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Desembe...

30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Dec 29, 2020
Anggota Boyband K-Pop

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Des...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

on Dec 28, 2020