×
×

Search in Mata Mata Musik

IKonser Penyelamat Konser dan Musisi Indonesia di Tengah Wabah Virus Corona?

Posted on: 03/17/20 at 7:47 am

(Foto: Instagram.com/@ikonserchannel).

Merebaknya virus Corona membuat para musisi kelabakan, pasalnya ada larangan untuk izin keramaian selama wabah masih belum usai. Banyak konser baik dari musisi lokal atau mancanegara terpaksa ditunda.

Namun, the show must go on, karena konser adalah denyut nadi bagi para musisi. Alternatif baru berusaha untuk dicari dan salah satunya adalah menggelar konser berbayar di venue tanpa penonton.

Wacana ini digelontorkan oleh Anas Syahrul Alimi selaku promotor Rajawali Indonesia melalui akun Instagram-nya. Dia terinspirasi oleh beberapa musisi yang sempat menggelar konser dan bekerja sama dengan IKonser.

“Di tengah kondisi menyebarnya virus Corona, dan dengan banyaknya konser musik yang dibatalkan. Teman-teman musisi, artis, mari kita bikin Live konser berbayar di venue tanpa penonton yang bisa disiarkan secara LIVE di @ikonserchannel @useetvcom Ch 459 dan 949 (HD),” tulisnya seperti dikutip dari akun Instagram resminya.

Penyanyi seperti Kunto Aji, Yura Yunita, hingga gelaran JogjaROCKarta telah menggunakan Ikonser untuk menyiarkan penampilan panggung artis-artis tersebut bagi para penggemar yang tak bisa datang. Dalam waktu dekat ini Pusakata juga akan menayangkan konsernya di M Bloc Space, Jakarta pada 10 April mendatang.

Promotor yang baru saja mendatangkan Scorpions dan Whitesnake ke Indonesia ini merasa optimis bahwa jantung industri musik akan terus berdetak dan IKonser menjadi alternatif bagi para musisi Indonesia untuk tetap tampil untuk menggelar konser.

“Sudah beberapa artis yang melakukan Live Concert bersama @ikonserchannel. Semoga @ikonserchannel bisa membantu di tengah situasi merebaknya virus Corona,” tulis Anas.

Kasus yang sama juga dilakukan oleh Code Orange, band hardcore asal Amerika Serikat yang baru-baru ini menggelar konser perilisan album bertajuk Underneath. Wabah virus Corona hampir menggagalkan pesta rilis album mereka dan diputuskan tetap digelar di venue tanpa penonton dan disiarkan langsung secara streaming.

Penulis: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Hellfest 2019.

WHO Umumkan Saran Baru Untuk Acara Berskala Besar, “New Normal”nya...

Hellfest, festival rock dan metal paling besar di Perancis. World Health Organisation alias WHO telah mengeluarkan saran terbaru mereka tentang panduan dala

on Jun 4, 2020
Slay At Home

Tonton Sekarang! Slay At Home: Festival Seni & Musik Heavy Metal Virtu...

Dengan pembatalan dan penundaan jadwal konser dan festival musik di seluruh dunia akibat pandemi virus maderfaker-19, dan belum jelas juga kapan masa krisi

on Jun 4, 2020
David Guetta

David Guetta Dikecam Atas Remix Pidato Martin Luther King Jr. Yang “...

David Guetta / United at Home - Fundraising Live from NYC. (Foto: YouTube). Sepertinya sekarang kita memiliki soundtrack yang sesuai untuk iklan Pepsi “ng

on Jun 2, 2020
Festival Musik

Kostum APD Covid-19 Baru Didesain Spesifik Untuk Konser dan Festival M...

Micrashell oleh Production Club. Ketika para pejabat pemerintah sedang pusing merencanakan bagaimana cara membuka kembali negara mereka di tengah pandemi Co

on May 27, 2020