×
×

Search in Mata Mata Musik

IKonser Penyelamat Konser dan Musisi Indonesia di Tengah Wabah Virus Corona?

Posted on: 03/17/20 at 7:47 am

(Foto: Instagram.com/@ikonserchannel).

Merebaknya virus Corona membuat para musisi kelabakan, pasalnya ada larangan untuk izin keramaian selama wabah masih belum usai. Banyak konser baik dari musisi lokal atau mancanegara terpaksa ditunda.

Namun, the show must go on, karena konser adalah denyut nadi bagi para musisi. Alternatif baru berusaha untuk dicari dan salah satunya adalah menggelar konser berbayar di venue tanpa penonton.

Wacana ini digelontorkan oleh Anas Syahrul Alimi selaku promotor Rajawali Indonesia melalui akun Instagram-nya. Dia terinspirasi oleh beberapa musisi yang sempat menggelar konser dan bekerja sama dengan IKonser.

“Di tengah kondisi menyebarnya virus Corona, dan dengan banyaknya konser musik yang dibatalkan. Teman-teman musisi, artis, mari kita bikin Live konser berbayar di venue tanpa penonton yang bisa disiarkan secara LIVE di @ikonserchannel @useetvcom Ch 459 dan 949 (HD),” tulisnya seperti dikutip dari akun Instagram resminya.

Penyanyi seperti Kunto Aji, Yura Yunita, hingga gelaran JogjaROCKarta telah menggunakan Ikonser untuk menyiarkan penampilan panggung artis-artis tersebut bagi para penggemar yang tak bisa datang. Dalam waktu dekat ini Pusakata juga akan menayangkan konsernya di M Bloc Space, Jakarta pada 10 April mendatang.

Promotor yang baru saja mendatangkan Scorpions dan Whitesnake ke Indonesia ini merasa optimis bahwa jantung industri musik akan terus berdetak dan IKonser menjadi alternatif bagi para musisi Indonesia untuk tetap tampil untuk menggelar konser.

“Sudah beberapa artis yang melakukan Live Concert bersama @ikonserchannel. Semoga @ikonserchannel bisa membantu di tengah situasi merebaknya virus Corona,” tulis Anas.

Kasus yang sama juga dilakukan oleh Code Orange, band hardcore asal Amerika Serikat yang baru-baru ini menggelar konser perilisan album bertajuk Underneath. Wabah virus Corona hampir menggagalkan pesta rilis album mereka dan diputuskan tetap digelar di venue tanpa penonton dan disiarkan langsung secara streaming.

Penulis: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Konser

Pakar Penyakit Menular Dr. Fauci Optimis Konser Kembali Digelar Pada T...

Dr. Fauci. (Foto: dok. Consequence of Sound). Pada konferensi virtual yang diselenggarakan oleh Association of Performing Arts Professionals, Dr. Anthony Fa

on Jan 12, 2021
Boss Metal Zone

Diagram Efek Gitar Metal Zone Dirumorkan Sebagai Chip 5G Dalam Vaksin ...

"5G chip diagram" dan pedal efek Boss Metal Zone. Kita telah memasuki era di mana realitas yang nggak masuk akal adalah hal yang masuk akal. Hal yang non-lo

on Jan 6, 2021
SOS Fest

Fitur Foo Fighters & Lainnya, SOS Fest Raup Rp 28 Miliar Untuk Bantu V...

SOS Fest. Seiring dengan berlanjutnya Laporan Tahunan, kita akan melihat beberapa perubahan pada musik live di tahun 2020 di mana sebagian besar dunia berst

on Dec 30, 2020
OPPORTUNIST deathcore

'Plandemic (Narrow Minded)' Cetus MOSI TIDAK PERCAYA Unit Metalcore Op...

'Plandemic (Narrow Minded)' adalah single kedua band metalcore asal Pandeglang, Banten Opportunist yang dirilis pada tanggal 18 Desember 2020. Single baru

on Dec 23, 2020