×
×

Search in Mata Mata Musik

Implan Chip Otak Yang Bisa Dengar Musik Nirperangkat Akan Diuji Coba Akhir Tahun

Posted on: 02/7/21 at 10:00 am

Implan Chip Otak Yang Bisa Dengar Musik Nirperangkat Akan Diuji Coba Akhir Tahun
Chip otak Neuralink dengan kabel-kabel tipis.

Sejauh berita minggu ini, mobil Tesla milik Elon Musk harus ditarik kembali sebanyak 135.000 unit karena Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional menyimpulkan bahwa mobil-mobil tersebut dipastikan tidak lulus tes. Sementara prototipe roket SpaceX Mars miliknya mendarat dengan ledakan yang berkobaran api. Apa yang salah ya? Dengan semangat pantang menyerah, selanjutnya, Musk mengumumkan bahwa perusahaannya, Neuralink berharap untuk menanamkan (implan) chip ke otak manusia dan akan melakukan uji coba pada akhir tahun ini. Wah apa fungsi chip ini ya?

Baca juga: Menurut Elon Musk, Manusia Akan Bisa Dengarkan Musik Lewat Chip Dalam Otak

Seperti ventura Musk lainnya, Neuralink memiliki potensi untuk memajukan ilmu pengetahuan dan merevolusi masyarakat seperti yang kita kenal ini. Perusahaan startup di San Francisco ini didirikan pada tahun 2016 dengan tujuan menghubungkan “kabel-kabel tipis” ke jaringan saraf kita. Chip ini dapat membantu orang pulih dari cedera otak traumatis dan cedera tulang belakang, menyembuhkan depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya, dan bahkan memberikan peringatan dini tentang stroke atau serangan jantung. Selain itu, chip ini memungkinkan pengguna untuk mengalirkan musik atau berkomunikasi tanpa kata (secara telepati?) dengan orang lain. Hmm… bagaimana cara kerjanya ya?

Neuralink telah membuat beberapa kemajuan, menguji produknya pada tikus dan primata (lemur), dan mengadakan demonstrasi pada babi pada musim panas lalu. Dalam satu pengujian baru-baru ini, Neuralink memasang implan nirkabel di otak monyet yang memungkinkan hewan itu bermain video game hanya dengan menggunakan pikirannya. Wow!

Ini adalah kabar baik secara obyektif, terutama bagi mereka yang membutuhkan layanan perusahaan tersebut. Pada hari Minggu, salah satu orang seperti itu men-tweet Musk, menulis, “Saya mengalami kecelakaan mobil 20 tahun yang lalu dan sejak saat itu bahu saya lumpuh. Saya selalu tersedia untuk studi klinis di @Neuralink. Silakan hubungi!”

Selama ini Musk hanya mendengar dari banyak relawan di internet, tetapi kali ini orang terkaya di dunia ini memutuskan untuk menanggapinya. Pada hari Senin, pacar penyanyi Grimes ini menulis, “Neuralink bekerja sangat keras untuk memastikan keamanan implan dan berhubungan erat dengan FDA. Jika semuanya berjalan lancar, kami mungkin dapat melakukan uji coba awal pada manusia akhir tahun ini”.

Tentu saja, seperti yang ditunjukkan oleh penarikan kembali Tesla dan bola api ledakan SpaceX, antusiasme Musk terkadang melampaui keamanan produknya. Selain itu, doi memperkirakan chip-chip tersebut telah siap untuk “homo sapiens” sebelumnya, mulai pada tahun 2020. Dan masih belum ada kabar tentang apa yang mungkin menjadi kendala terbesar dari semuanya, yaitu peretas yang jahat. Chip otak hanyalah komputer, dan hampir setiap komputer bisa rentan terhadap kekuatan luar. Agar Neurolink merevolusi perawatan kesehatan, Musk mungkin harus menemukan kembali keamanan dunia maya terlebih dahulu.

Baca juga: Grimes dan Elon Musk Dikaruniai Bayi Laki-Laki dan Diberi Nama Yang Unik

Grimes masih percaya pada semua rencana Musk, terutama program Space X Mars, meskipun doi terdengar kurang bersemangat ketimbang pasrah. Dalam suatu wawancara baru-baru ini, doi bilang doi bersedia melakukan perjalanan ke Mars “setelah usia 50 tahun”, meskipun doi memerlukan “kerja manual sampai mati”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Blink-182 feature artists

    Album Baru Blink-182 Bakal Fitur Grimes, Lil Uzi Vert & Pharrell Willi...

    Travis Barker (Foto: Philip Cosores), Grimes (Foto: Russell Linnetz), Lil Uzi Vert (Foto: via instagram/@liluzivert), dan Pharrell Williams (Foto: Nathan Daint

    on Feb 22, 2021
    Grimes dan Lil Uzi Vert

    Grimes Dan Lil Uzi Vert Berencana Akan Memasang Chip Di Otaknya

    Grimes dan Lil Uzi Vert (Foto: via Instagram). Grimes dan Lil Uzi Vert adalah dua dari sekian artis yang enggak pernah menunjukkan minat yang besar pada kon

    on Feb 8, 2021
    Elon Musk

    Menurut Elon Musk, Manusia Akan Bisa Dengarkan Musik Lewat Chip Dalam ...

    Masa lalu (foto kiri) dan masa depan (foto kanan) musik streaming, menurut Elon Musk. Headphone, earphone, bahkan airpods mungkin akan segera menjadi bagian

    on Jul 23, 2020
    Grimes

    Grimes Jual Sebagian Dari Jiwanya Sebagai Sebuah Proyek Seni!

    Grimes. (Foto: T. Hida/IPTC Photo Metadata). Ketika kamu menjadi seorang popstar terkenal, pada dasarnya kamu telah memberikan sebagian dari diri kamu kepad

    on May 29, 2020