×
×

Search in Mata Mata Musik

Indera Pendengaran, Salah Satu Aset Utama Para DJ!

Posted on: 04/27/19 at 4:18 pm

Hanya dalam waktu 15 menit saja, telinga bisa rusak di sebuah konser, di mana volumenya keseringan melebihi 100 desibel.

Bagi penggemar berat musik yang lebih suka menghabiskan waktu luang mereka menghadiri penampilan live dari artis favorit mereka, konsekuensi ini bisa sangat berbahaya.

Beberapa orang mungkin mengalami masalah pendengaran permanen di satu atau kedua telinga, sementara lainnya—seperti DJ ikonik Zedd, sebagai contoh utama—mungkin merasakan telinganya berdering hingga sakit kepala yang disertai dengan tinitus.

Inilah mengapa sangat penting hukumnya melindungi telinga kalian dengan cara apa pun jika berniat menikmati konser dengan aman sampai tua, dan untungnya, pembicaraan terkait keamanan telinga akhirnya mulai banyak dibahas secara luas.

Baca Juga: Deorro Munculkan Danny Avila di Single “Keep It Goin’”

Meskipun ada semakin banyak aktivisme di bidang pendengaran dan meningkatnya penekanan pada perlindungan telinga, dengan hanya berjalan di antara pengunjung konser, kita bisa dengan mudah melihat betapa banyaknya orang yang terus mengambil risiko dan memilih untuk menikmati musik mereka dengan telinga telanjang.

Mereka yang mengambil risiko sering beralasan tidak bisa mendengar musik secara maksimal kalau menggunakan penyumbat telinga, sulit mengobrol di konser, atau hanya merasa tidak nyaman.

Banyak yang akhirnya memutuskan bahwa jika mereka tidak mampu membeli sepasang penyumbat telinga khusus seharga $150-200, maka mereka mending sama sekali tidak menggunakan apa pun.

Di sinilah kami ingin mengingatkan orang-orang ini bahwa untungnya, di zaman modern sekarang ini, berbagai perusahaan telah bangkit untuk memenuhi tuntutan konsumen.

Melansir dari Dancing Astronaut, berikut adalah beberapa DJ yang sedang naik daun seperti Rinzen, Jarvis, dan Shadient untuk menjelaskan betapa pentingnya menjaga kesehatan telinga saat akan tampil.

Rinzen.
Rinzen. (Foto: Michael Drummond)

Rinzen

“Sebagai produser dan DJ, telinga kita adalah organ paling berharga yang kita miliki. Melindungi kedua telinga itu sangat penting. Saya tidak bisa membayangkan melakukan pekerjaan ini tanpa pendengaran saya.”

 Jarvis
Jarvis. (Foto: Chelone Wolf Photography)

Jarvis

“Saya memastikan untuk membawa penutup telinga saya setiap saat. Penutup telinga berkualitas tinggi menyaring frekuensi tinggi tetapi masih memungkinkanmu untuk menikmati suara bass yang jelas.

Dering yang kamu dengar di telingamu setelah main ke klub disebabkan oleh sel-sel rambut telinga yang rusak, sel-sel itu tidak pernah tumbuh kembali jadi kamu tidak akan pernah mendengar frekuensi itu lagi. Kalau kamu menghargai pendengaranmu, kamu harus melindunginya sebaik mungkin!”

  Shadient
Shadient. (Foto: Ishashah Photography)

Shadient

“Melindungi telinga saya selalu menjadi prinsip penting hidup saya. Setelah sudah kehilangan 30% pendengaran saya di salah satu telinga saya dan menderita tinnitus—saya tidak bisa mengungkapkan betapa pentingnya menjaga pendengaranmu sebaik mungkin seperti kamu menjaga bagian tubuhmu yang lain. Terutama kalau kamu cinta musik!”

Keterangan Foto Utama: Suasana Sunset Music Festival. (Foto: Alex Perez)

Mata Mata Musik's Newsletter