×
×

Search in Mata Mata Musik

Inilah 10 Bintang Film Terkenal Yang Awalnya Sukses Sebagai Musisi

Posted on: 08/6/20 at 7:00 am

Inilah 10 Bintang Film Terkenal Yang Awalnya Sukses Sebagai Musisi
Mark Wahlberg, Mandy Moore, Ice-T.

Bisnis hiburan jelas menghasilkan kemungkinan karier yang nggak terbatas, bahkan nggak terduga. Banyak yang nggak harus hanya berpegang pada satu jalur karier saja. Ada beberapa dari aktor paling terkenal di Hollywood pada awalnya nggak memulai kariernya dengan cara itu. Mereka memulai di sisi lain bisnis itu.

Baca juga: 10 Pemain Skateboard Profesional Yang Juga Berkarier Sebagai Musisi

Sebelum meraih kesuksesan di layar lebar, Lady Gaga adalah salah satu sensasi musik pop terbaik di industri ini. Dia bukan satu-satunya selebriti yang membuat transisi dari dunia musik ke dunia perfilman. Ada lebih dari segelintir aktor terkenal dari beberapa film favorit kalian yang awalnya memiliki karier sebagai musisi. Mari kita lihat 10 aktor Hollywood yang awalnya menyanyikan sebuah lagu sebelum akhirnya memerankan suatu adegan.

10. Elvis Presley

Semua orang mengenal Elvis Presley sebagai salah satu musisi paling besar di masanya, bahkan boleh dibilang sepanjang masa. Elvis Presley menciptakan gaya musiknya sendiri pada masanya namun sering dianggap memalukan dan tidak senonoh. Gerakan dansanya yang belum pernah ada sebelumnya membuat emak-emak melindungi mata anak-anak mereka.

Elvis Presley kemudian semakin terkenal berkat keterampilan aktingnya. Dia mulai fokus pada akting di tahun 1960-an. Penampilan filmnya yang paling terkenal termasuk film Jailhouse Rock, The Trouble with Girls, Kid Galahad dan Wild in the Country.

9. Nick Jonas

Banyak yang mengenal Nick Jonas sejak masa remajanya di mana ribuan cewek remaja meneriakkan nama grup trio bersaudara Jonas Brothers. Nick Jonas adalah anggota yang termuda dan satu-satunya yang berani memasuki karier akting Hollywood. The Jonas Brothers memang sejak awal memiliki beberapa keterampilan akting dari era film Camp Rock di Disney Channel bersama Demi Lovato, tetapi mereka baru mendapatkan popularitas internasionalnya sebagai band.

Setelah band itu bubar, Nick Jonas menjalani karier musik solo sebelum beralih ke akting. Pada tahun 2017, dia adalah salah satu karakter utama dalam seri drama Kingdom sebagai Nate Kulina. Dia menjadi karakter pendukung di Scream Queens. Dia mendapat peran besar sebagai Jefferson “Seaplane” McDonough dalam film Jumanji.

8. Jack Black

Sebelum terkenal sebagai salah satu aktor komedi paling kocak dan ekspresif yang pernah ada, Jack Black awalnya bermain dalam sebuah band. Dia membentuk band bernama Tenacious D pada tahun 1994 bersama Kyle Glass. Tenacious D bahkan telah memenangkan piala Grammy Awards untuk kategori Comedic Rock Duo.

Sebelum meraih kesuksesan fenomenalnya di layar lebar melalui film-film seperti High Fidelity, Shallow Hal, School of Rock dan King Kong, Jack Black rajin banget jamming. Band ini masih utuh dan awet dan sejak itu telah merilis beberapa album studio. Pada tahun 2006, Jack Black membintangi film komedi berjudul Tenacious D in the Pick of Destiny.

7. Mandy Moore

Mandy Moore telah menjadi salah satu tokoh TV paling favorit Amerika di seri This Is Us sebagai seorang ibu bernama Rebecca Pearson. Mandy Moore memiliki lebih banyak sejarah dalam industri hiburan daripada hanya akting. Dia adalah artis remaja yang sensasional di akhir tahun 1990-an hingga awal 2000-an.

Beberapa dari kalian mungkin mengingat lagunya yang paling ngetop, ‘Candy’ yang melanda chart Billboard Hot 100. Dia kemudian merilis album studionya yang menerima sertifikasi Platinum. Dia memperoleh pengakuan di layar lebar dengan membintangi film A Walk to Remember, di mana dia juga menyanyikan dan merekam lagu untuk soundtrack film tersebut.

6. Ice-T

Semua orang sadar bahwa Ice-T telah mencapai puncak ketenarannya sebelum dia dikenal karena memerankan karakter Odafin Tutuola di seri TV Law & Order: SVU. Tapi puncak ketenarannya bukan di dunia akting, melainkan sebagai seorang rapper hip-hop yang multi-talenta.

Ice-T memulai kariernya di kancah musik rap underground sebelum merilis album pertamanya, Rhyme Pays. Dia membuat nama untuk dirinya besar di industri musik dengan mempertanyakan otoritas dan stigma rasial dalam lagu-lagunya. Lagu-lagu populernya termasuk ‘Cop Killer’, ‘New Jack Hustle’, ‘Squeeze The Trigger’ dan banyak lagi lainnya. Fun fact: Ice-T juga merupakan salah satu pendiri band hardcore Body Count. Body Count juga masih aktif dan belum lama ini tampil di festival akbar Wacken Open Air 2020 versi virtual karena pandemi.

5. Queen Latifah

Nama Queen Latifah terdengar akrab dalam industri film berkat aktingnya dalam film-film beken seperti Hairspray, Chicago, Girls Trip dan sebagai seorang produser film pemenang piala Emmy. Queen Latifah telah melakukan semuanya dari memenangkan piala Grammy, Emmy, Golden Globe, dan SAG. Dia bahkan sebelumnya merupakan seorang penyanyi dan rapper yang beken banget.

Baca juga: 5 Musisi Lokal dan Proyek Sampingannya

Queen Latifah mulai berkarier di industri musik setelah masuk ke label Tommy Boy Records pada tahun 1989. Album keduanya yang berjudul Black Reign menarik perhatian pendengar dan menjadi inspirasi bagi banyak cewek. Queen Latifah beralih dari beatboxing hingga mengukir namanya sendiri sebagai artis hip-hop yang berfokus pada masalah sosial yang dihadapi perempuan kulit hitam.

4. Will Smith

Siapa yang bisa melupakan lagu ‘Get Jiggy With It’ Will Smith yang groovy banget? Will Smith sering dianggap sebagai salah satu aktor terhebat Hollywood dengan memainkan peran utama dalam film action-komedi klasik Men in Black dan Bad Boys. Belum lagi perannya yang ngetop banget di seri TV The Fresh Prince of Bel-Air selama awal tahun 1990-an.

Sebelum menjadi sensasi film blockbuster, Will Smith lebih dikenal dengan nama rappernya, The Fresh Prince. Dia awalnya mulai sebagai duo bersama Jeffrey “DJ Jazzy Jeff” Townes. Bersama-sama mereka menerima dua piala Grammy. Will Smith kemudian lanjut sebagai rapper solo sebelum menjadi salah satu bintang film paling top sedunia.

3. Ludacris

Ludacris dikenal karena perannya sebagai Tej Parker dalam film Fast and the Furious yang populer. Dia juga dikenal karena peran lainnya dalam film seperti Hustle & Flow, Crash and Ball Don’t Lie. Penggermar serial TV Law & Order: SVU juga akan mengingatnya sebagai Darius Parker.

Ludacris awalnya sangat terkenal sebagai rapper yang menjadi artis “Dirty South” (gaya rap khas wilayah Selatan AS) pertama yang menerima pengakuan secara mainstream. Dia menerima status Multi-Platinum melalui single seperti ‘Rest Of My Life (ft. Usher dan David Guetta)’, ‘Word of Mouf’, ‘Chicken-n-Beer’, ‘The Red Light District’. Ludacris telah memenangkan tiga piala Grammy dalam karier musiknya.

2. Justin Timberlake

Ada dua boyband dari akhir tahun 1990-an hingga 2000-an yang pasti lo ingat banget. Salah satunya adalah NSYNC. Justin Timberlake adalah anggota termuda dalam grup pada saat itu. NSYNC pada masanya benar-benar mendominasi musik pop dan merebut hati penggemar di seluruh dunia.

Lagu-lagu hit mereka adalah ‘Bye, Bye, Bye’, ‘I Want You Back’, dan ‘Girlfriend’. Justin Timberlake kemudian berpisah dari grup dan lanjut sebagai artis solo dan telah menciptakan beberapa single paling populer hingga saat ini. Lagu-lagunya, ‘Cry Me a River’, ‘Rock Your Body’ dan ‘SexyBack’ masih terasa penuh nostalgia. Albumnya yang berjudul Justified telah memenangkan dua piala Grammy.

1. Mark Wahlberg

Beberapa orang mungkin terkejut saat mengetahui bahwa Mark Wahlberg adalah artis yang menyanyikan lagu ‘Good Vibrations’ yang sangat catchy. Mark Wahlberg pertama kali terkenal sebagai rapper yang menjadi idaman para cewek. Dia lebih dikenal saat itu sebagai Marky Mark dengan grup Marky Mark and the Funky Bunch. Sedangkan kakak kandungnya, Donnie Wahlberg juga berprofesi di bidang musik sebagai anggota boyband fenomena global di era 1980 dan 1990-an, New Kids On The Block (NKOTB).

Orang-orang memuja Mark Wahlberg selama karier rap-nya dan fisik atletisnya yang berotot menjadi daya tarik bagi cewek-cewek. Album pertama Marky Mark and the Funky Bunch kemudian mendapatkan sertifikat Platinum. Nama Mark Wahlberg mulai terangkat di dunia perfilman sejak akting pertamanya di film Renaissance Man dan Fear.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Musisi Praktisi Ilmu Sihir

10 Musisi Yang Pernah Menjadi Praktisi Ilmu Sihir, Dari Pop, Rock Hing...

Foto (ki-ka): Dave Mustaine, Jill Janus, Ash Costello. Musisi rock, metal, punk dari dulu sudah sering mendapat stigma sebagai penyembah "musik iblis". Mesk

on Aug 27, 2020
Will Smith

Will Smith Rilis Playlist Lo-Fi Beats Baru Bareng DJ Jazzy Jeff Yang P...

Will Smith. (Foto: Joshua Sammer/Getty Images for Sony Pictures). Musim panas, musim panas, musim panas, waktunya untuk duduk dan bersantai nih bagi kalian

on Jul 18, 2020
Justin Timberlake

Hormati Orang Kulit Hitam, Justin Timberlake Dukung Perobohan Patung K...

Justin Timberlake. (Foto: Jamie McCarthy/FilmMagic). Ketika banyak orang Amerika Serikat (AS) berdebat apakah patung monumen dari para pemilik budak, termas

on Jul 10, 2020
Jaden & Willow Smith.

Jaden Smith Menegur Keras YouTuber Shane Dawson Setelah Menseksualisas...

Jaden Smith dan Willow Smith menghadiri pertunjukan Louis Vuitton sebagai bagian dari Paris Fashion Week Womenswear Fall/Winter 2019/2020 pada 5 Maret 2019 di

on Jun 29, 2020