×
×

Search in Mata Mata Musik

Inilah Alasan Kenapa Suga Pernah Merasa “Ditipu” Agar Mau Debut Bersama BTS

Posted on: 08/4/20 at 6:30 am

Inilah Alasan Kenapa Suga Pernah Merasa “Ditipu” Agar Mau Debut Bersama BTS
Suga (BTS). (Foto: Kevin Mazur/Getty Images).

Sulit untuk membayangkan BTS tanpa Suga ya. Atau pun member BTS lainnya. Ketujuh Bangtan Boys ini seperti rangkaian jiwa yang harus utuh. Lagipula, Suga adalah salah satu rapper dan penulis lagu utama boyband K-pop itu. Selain kontribusinya dengan BTS, Suga juga memiliki karier solo yang sukses.

Baca juga: BTS ARMY Yakin Suga (BTS) Nggak Lama Lagi Akan Drop Lagu Kolab-nya Dengan Logic

Namun, sekitar sepuluh tahun yang lalu, ketika line-up BTS perlahan mulai terbentuk, Suga hampir tidak menjadi bagian dari para Bangtan Boys ini. Bahkan, sesuai yang Suga sebelumnya telah jelaskan beberapa kali, dia merasa “ditipu” untuk menjadi bagian dari BTS. Cari tahu lebih lanjut tentang cerita di balik debut Suga dengan BTS di bawah ini.

Suga awalnya hanya ingin nge-rap dan memproduksi musik

Ketika Suga masih remaja, dia mulai menumbuhkan minat besar terhadap musik rap. Panutan dia saat itu adalah grup rap asal Korea Selatan, Stony Skunk dan Epik High.

Dalam sebuah wawancara dengan Grazia Korea pada tahun 2018, Suga juga mengungkapkan bahwa dia mulai belajar tentang produksi musik pada usia 13 tahun. Ini memungkinkannya untuk mulai menulis lagu-lagunya sendiri. Kemudian, Suga juga mendapat pekerjaan paruh waktu di sebuah studio rekaman musik, di mana dia tidak menerima gaji, tetapi dia dapat menghabiskan waktu untuk membuat musik.

Suga merasa “ditipu” untuk menjadi bagian dari BTS

Ketika Suga menandatangani kontrak dengan Big Hit Entertainment pada tahun 2010, tujuannya adalah untuk hanya menjadi produser musik bagi perusahaan itu. Akhirnya, CEO Big Hit, Bang Si-Hyuk ingin membuat sebuah grup hip-hop dan merekrut Suga sebagai rapper-nya.

Namun, grup ini kemudian berubah menjadi sebuah grup idol K-pop yang harus menyanyi dan menari. Suga, yang tidak cukup terlatih sebagai dancer, kemudian dia bercanda bahwa dia merasa “tertipu” untuk menjadi seorang idol K-pop.

Sebagaimana diceritakan oleh Koreaboo, dalam acara tahun 2013 BTS, Rookie King, Suga membahas Bang Si-Hyuk, dengan mengatakan, “Dia mengatakan kepadaku bahwa aku akan berada dalam sebuah grup seperti (grup hip-hop tahun 1990-an) 1TYM. Dia bilang aku tidak harus menari, hanya sedikit mengikuti alur saja. Dia mengatakan bahwa yang harus aku lakukan hanyalah untuk fokus pada rap. BTS memiliki beberapa koreografi yang paling sulit dilakukan di acara musik. Aku sebenarnya ingin menjadi 1TYM!”.

Suga mengakhiri pidatonya dengan mengatakan bahwa Bang Si-Hyuk “menipu aku untuk menandatangani kontrak”.

Selain itu, Koreaboo mencatat bahwa Suga menceritakan kembali kisah ini dalam sebuah surat kepada klub penggemar Jepang BTS di lain waktu. Dia mengatakan bahwa, jika dia memulai debutnya sebagai bagian dari grup hip-hop, dia “akan menjadi lebih baik dalam rap”. Namun, Suga percaya bahwa “grup itu lagipula akan gagal”.

Bagaimana cara anggota lainnya bergabung dengan BTS?

Anggota BTS lainnya juga memiliki cerita menarik tentang bagaimana mereka pertama kali ditemukan oleh Big Hit Entertainment.

RM memulai karier sebagai seorang rapper underground, dan bakatnya berhasil memukau rapper Sleepy dari duo hip-hop Untouchable. Sleepy akhirnya memperkenalkan RM ke Big Hit, dan RM menjadi anggota pertama BTS yang bergabung dengan agensi itu.

J-Hope dan Jimin bergabung karena kemampuan menari mereka. J-Hope awalnya mengikuti audisi untuk JYP Entertainment, dan Jimin adalah siswa tari terbaik di Busan High School of Arts. J-Hope hampir dicoret dari line-up BTS ketika grup itu akan debut, tetapi RM meyakinkan Big Hit bahwa BTS membutuhkannya.

Baca juga: Big Hit Rilis Pernyataan Tentang Sample Pidato Aliran Sesat Di Lagu Suga (BTS)

Jungkook, di sisi lain, sudah sangat laris sebelum dia menandatangani kontrak dengan Big Hit. Dia mengikuti audisi untuk sebuah acara unjuk bakat Korea dan keterampilannya memukau beberapa perusahaan hiburan ternama. Dia akhirnya mendapat tawaran untuk bergabung dengan tujuh dari mereka, tetapi dia memilih Big Hit karena dia terkesan dengan RM.

Sementara itu, V hanya mengikuti audisi untuk Big Hit karena dia menemani seorang teman yang mengikuti audisi untuk perusahaan itu. Seseorang dari Big Hit mendesak V untuk ikut audisi, dan dia melakukannya, menjadi satu-satunya orang dari kota kelahirannya yang berhasil mencapai putaran itu.

Jin dipantau dari jalanan oleh seorang perwakilan dari Big Hit. Ceritanya adalah dia saat itu sedang keluar dari bus ketika seorang direktur casting mengejarnya dan memintanya untuk mengikuti audisi untuk perusahaan itu.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

KAACHI

KAACHI Akan Tampil Di Parade Hari Raya Tahun Baru London 2021 Sambut T...

Kaachi. (Foto: Frontrow Records). Girlband K-pop yang berbasis di Inggris KAACHI siap tampil di London New Years Day Parade (LNYDP) 2021 - salah satu parade

on Dec 3, 2020
BTS

Korea Selatan Sahkan Revisi Undang-Undang Agar BTS Bisa Menunda Wajib ...

BTS. (Foto: Big Hit Entertainment). Belum lama ini BTS tercatat telah menyumbang US$ 5 miliar (sekitar Rp 70,7 triliun!) kepad PDB (Produk Domestik Bruto) K

on Dec 2, 2020
Chung Ha

Fitur R3HAB, Chung Ha Rilis 'Dream Of You', Single Baru Stimulan Dansa...

Chung Ha. (Foto: 88rising). Pada 27 November, artis solo K-pop Chung Ha merilis single barunya, 'Dream of You (with R3HAB)' di bawah bendera 88rising dan di

on Nov 30, 2020
BLACKPINK

BLINK Tuntut Permintaan Maaf Dari Asia Artist Awards Karena Menghina B...

Foto: via Twitter/BLACKPINK. Dalam waktu kurang dari dua puluh empat jam, para penggemar BLACKPINK alias BLINK telah menangani dua masalah yang muncul dari

on Nov 29, 2020