×
×

Search in Mata Mata Musik

Inilah Cara TikTok Menggunakan Brit Awards 2020 Untuk Menambah Kredibilitas

Posted on: 02/19/20 at 5:45 pm

TikTok Brit Awards 2020

Di Brit Awards 2020 kemarin (18 Februari) TikTok akan membuat kehadirannya terasa besar melalui pengambilalihan secara live yang akan diamplifikasi langsung ke layar digital Piccadilly Circus di London.

Ini adalah sebuah gerakan penting dari TikTok di Inggris untuk merayu talenta musik Inggris ke dalam plaformnya setelah saingan utama mereka YouTube menyatakan niatnya untuk menjadikan dirinya sendiri sebagai pilihan nomor satu bagi para musisi yang berusaha mencari pemirsa dan penggemar baru.

“Kami melihat kemitraan bersama Brits ini sebagai salah satu tonggak utama dalam dorongan pendidikan besar yang akan kami lakukan dengan industri musik tahun ini,” jelas Paul Hourican, kepala operasi musik di TikTok. “Ini adalah bagian dari program di Inggris yang lebih luas yang bertujuan untuk berkolaborasi dan mengedukasi label, manajer, dan artis untuk memaksimalkan platform”.

Di luar perpustakaan padatnya yang berisi berbagai video viral, TikTok secara serius memengaruhi musik populer. Sebagai tempat pertunjukkan yang sukses, tahun lalu lagu Lil Nas X ‘Old Town Road’ (dan banyak versi remix lainnya) menjadi pemuncak chart Billboard Hot 100 yang paling konsisten dan awet dalam sejarah chart itu setelah awalnya menyebar di TikTok. Sebuah tagar untuk #Yeehaw sekarang telah memanifestasikan ribuan video, dengan lebih dari 67 juta views dalam platform tersebut.

TikTok Brit Awards 2020 - Lil Nas X

Contoh seperti ini menyoroti fakta sederhana bahwa jika Anda seorang musisi pada tahun 2020, Anda mungkin lebih baik menavigasi dunia media sosial untuk membuat musik Anda lebih dikenal daripada mengandalkan para pemantau dari label yang muncul di pertunjukan Anda apa lagi dengan mengamen di pinggir jalan.

Para artis telah menggunakan platform seperti YouTube untuk melakukan promosi selama beberapa waktu, tetapi TikTok – disebut sebagai ‘versi singkat dari YouTube’ – telah membuat langkah besar dalam waktu yang relatif singkat untuk mengejar ketinggalan mereka dengan pendahulunya, melampaui miliar unduhan dan 500 juta pengguna aktif secara global menurut GlobalWebIndex.

Baca juga: Peranan Tiktok Dalam Industri Musik Di Era Smartphone

Rahasia TikTok adalah rumus algoritmanya yang efektif, yang terus-menerus menelusuri berbagai klip baru yang berpotensial, daripada hanya mempromosikan video terbaru dari para pengguna yang sudah populer.

“Setiap minggu, pengguna TikTok membuat jutaan video dengan lagu yang tersedia di platform,” jelas Hourican tentang mengapa itu menjadi saingan besar bagi YouTube untuk mendapatkan talenta baru. “Konten kami berevolusi secara organik, seringkali mengarah ke tren-tren viral dengan lagu dan sang artis menjadi pusat perhatian dan akibatnya mendorong keterlibatan pengguna di luar platform”.

Tertarik untuk membuktikan bahwa TikTok adalah pilihan terbaik untuk musisi, aplikasi ini memiliki program yang membantunya berkolaborasi dengan berbagai label, manajer, dan artis, sambil mengedukasi mereka juga. Oktober lalu, dalam upaya seriusnya untuk menargetkan musisi, TikTok menjalin kemitraan dengan Youth Music untuk meluncurkan acara penghargaan pertamanya yang akan memberikan eksposur lebih bagi para pengguna berbakat berpotensial yang sedang naik daun.

TikTok Brit Awards 2020

Namun, Brit Awards ini bisa dibilang merupakan investasi terbesar TikTok dalam hal bermitra dengan acara musik dan mereka telah melakukan pemasaran yang besar-besaran untuk menyoroti peran yang mereka mainkan dalam scene musik hari ini kepada para penggemar musik.

Pada saat Brit Awards 2020 berlangsung, TikTok telah menyiarkan secara langsung kedatangan para nominasi, artis, musisi, dan selebriti dari karpet merah ketika mereka tiba. Para pengguna aplikasi itu didesak untuk mendaftar dan menonton melalui saluran resmi Inggris. TikTok juga menggunakan artis-artis seperti Lewis Capaldi – seorang artis yang meluncurkan permohonannya untuk dinobatkan sebagai raja TikTok – saat muncul di karpet merah, yang telah disiarkan pada aplikasi itu untuk dilihat oleh komunitas TikTok.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Luke Chiang

    Luke Chiang Mendadak Viral Di TikTok Berkat Single 'Shouldn't Be'

    Luke Chiang, penyanyi berdarah Asia (Taiwan) dan Amerika namanya sedang meluncur bagaikan roket. Lagu doi, 'Shouldn't Be' mendadak viral di aplikasi TikTok

    on Oct 13, 2021
    Adison Rae

    Adison Rae Beri Bocoran Lagu Terbarunya Berjudul 'I Got It Bad'

    Sang Ratu TikTok. Adison Rae adalah penari yang menjadi superstar dalam menggeluti ranah aplikasi TikTok. Dan Adison dinobatkan oleh Forbes sebagai konten k

    on Sep 27, 2021
    Taylor Swift

    Taylor Swift Rilis Lebih Awal 'Wildest Dreams' Setelah Trending Di Tik...

    Foto: Beth Garrabrant. Taylor Swift nama dan lagunya belakangan ini ramai di TikTok. Yaitu single doi rilisan 2015 berjudul 'Wildest Dreams' yang menjadi tr

    on Sep 18, 2021
    TikTok #HouseParty

    Dipha Barus, Weird Genius & DJ Top Dunia Ramaikan TikTok #HouseParty

    Pamflet acara TikTok Live Music Night. Pergelaran musik livestream menjadi alternatif utama dalam meramaikan panggung hiburan saat ini. Salah satunya adalah

    on Sep 14, 2021