×
×

Search in Mata Mata Musik

Inilah Cerita Di Balik Kolaborasi The 1975 Dengan Greta Thunberg

Posted on: 02/17/20 at 12:15 pm

Matty Healy (The 1975) and Greta Thunberg.
Matty Healy (The 1975) dan Greta Thunberg.

Jika Anda merupakan penggemar The 1975, Anda tahu ‘kan bahwa sekarang adalah waktunya untuk memberontak? Dalam salah satu dari berbagai lagu yang mereka baru saja rilis, The 1975 menampilkan sang tokoh aktivis perubahan iklim, Greta Thunberg dan pidatonya tentang lingkungan bumi. Bagaimana band rock bernominasi Grammy ini bisa sampai mengenal Greta Thunberg? Inilah beberapa informasi mengenai The 1975 dan aktivisme politik mereka.

Baca juga: Barasuara Jadi Pembuka Konser The 1975

Setelah The 1975 merilis lagu ikonik mereka yang berjudul ‘The 1975’ (Anda tidak salah baca, judulnya memang sama dengan nama band), para penggemar pasti tahu bahwa sebuah era baru akan dimulai. Untuk pertama kalinya, The 1975 menampilkan suara lain di atas lagu mereka dengan ‘The 1975’. Lagu ini, yang dirilis menjelang album terbaru The 1975 yang akan berjudul Notes on a Conditional Form, menampilkan sang aktivis perubahan iklim berumur 16 tahun, Greta Thunberg.

Greta Thunberg berbicara tentang betapa bahayanya perubahan iklim di atas lagu The 1975 yang terkenal itu. Dalam beberapa bulan, singel ini menghasilkan lebih dari 3 juta streams di Spotify. Singel berikutnya yang dirilis oleh The 1975, ‘People’, mengikuti tema yang sama, merupakan semacam “ajakan untuk bertindak”, berjuang melawan perubahan iklim dan pola pikiran yang regresif.

Tidak jelas kapan, atau bagaimana, The 1975 dan Greta Thunberg bisa bertemu. Selama wawancara dengan Pedestrian.TV, sang vokalis The 1975 Matty Healy menggambarkan salah satu momen dimana ia melihat Greta Thunberg untuk pertama kalinya – ketika mereka sedang merekam singel ‘The 1975’.

“Dia (Greta) sangat terkenal dalam segi terkenal secara ikonografi,” kata Matty Healy. “Anda tahu dia seperti, ada di poster dan terkenal selevel Gandhi. Jadi ketika saya pertama kali melihatnya melalui studio, melalui seperti kaca yang buram, Anda bisa melihat garis pinggiran dari badannya. Dan seperti yang Slash katakan, ‘Untuk menjadi benar-benar ikonik, siluet Anda harus mudah dikenal’. Dia dikenali dalam siluet. Jadi, itu benar-benar sangat kuat”.

Sebelumnya, The 1975 memang tidak pernah malu dengan pendapat politik mereka. Setelah kasus penembakan Pulse Nightclub di Amerika, The 1975 memproyeksikan bendera LGBTQ + Pride selama lagu mereka ‘Loving Someone’. Sejak itu, lagu tersebut menjadi lagu kebangsaan bagi orang-orang dalam komunitas tersebut dan The 1975 terus memproyeksikan beberapa versi bendera Pride ketika mereka tampil live.

Dengan album tahun 2018 mereka, A Brief Enquiry Into Online Relationships, The 1975 menciptakan lagu yang disebarkan oleh berita utama, berjudul ‘Love It If We We It It’. Video musiknya termasuk gambar eksplisit dari peristiwa nyata, di samping beberapa klip dari The 1975.

“Ini adalah permata harapan di antara semua puing-puing,” kata Matt Healy tentang lagu ‘Love It If We Make It’, dalam sebuah video pembahasan lirik untuk Genius. “Saya tidak ingin melakukan lagu protes. Saya ingin menjadi introspektif tetapi tidak terlalu seperti buku harian saya”.

Baca juga: The 1975 & The xx Gabung dengan Kampanye Perubahan Iklim Darurat

Sebagai sebuah kontras, video musik untuk lagu The 1975 berjudul ‘TOOTIMETOOTIMETOOTIME’ menampilkan Matty Healy bersama dengan beberapa penggemar, merayakan berbagai budaya dan identitas gender. Selain itu, lagu mereka ‘Give Yourself a Try’ dari album yang sama mendapatkan nominasi Grammy dalam kategori Best Rock Song.

Lagu ‘The 1975’ oleh The 1975, yang menampilkan Greta Thunberg, dapat anda dengarkan di bawah.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

The 1975

Industri Musik Inggris dan 700 Artis Lebih Bersatu Untuk Perangi Keben...

The 1975. (Foto: Jordan Hughes). Lebih dari 700 anggota komunitas musik Inggris, termasuk artis, manajer, eksekutif di perusahaan rekaman, agensi, industri

on Aug 3, 2020
Matt Healy (The 1975) dan Greta Thunberg.

The 1975 Rilis Video Fitur Greta Thunberg Gugah Kesadaran Perubahan Ik...

Matt Healy (The 1975) dan Greta Thunberg. (Foto: Jordan Hughes). The 1975 telah merilis video baru lagu kolaborasi self-titled mereka dengan aktivis muda as

on May 29, 2020
The 1975

The 1975 Rayakan Persahabatan Mereka Dengan ‘Guys’, Lagu Barunya

The 1975. (Foto: Mara Palena). The 1975 telah merilis single tester lainnya dari album keempat mereka, Notes on Conditional Form, yang akan dirilis pada 22

on May 16, 2020
Rina Sawayama, Phoebe Bridgers (Boygenius), dan Clairo.

Clairo, Phoebe Bridgers, dan Rina Sawayama Turut Promosikan Album Baru...

Rina Sawayama, Phoebe Bridgers (Boygenius), dan Clairo (Foto: The Face). Tampaknya tidak ada kendala apapun yang dapat menghentikan The 1975 dari meningkatk

on May 10, 2020