×
×

Search in Mata Mata Musik

Inilah Penampakan Konser Social Distancing Pertama di AS Selama Pandemi

Posted on: 05/21/20 at 7:30 am

Konser pertama secara social distancing digelar di Arkansas. (Foto: 5 News).

Konser era virus Corona pertama di Amerika Serikat (AS) yang mematuhi pedoman social distancing telah berlangsung di Arkansas pada hari Senin lalu, dan itu berfungsi sebagai preview yang berguna tentang seperti apa standar normal terbaru yang fans musik live mungkin harus mulai biasakan.

Baca juga: Protokol Baru Industri Musik: Moshing Dilarang Dalam Konser! Randy Blythe: Katro!

Pakar kesehatan memperkirakan bahwa konser musik tidak akan bisa kembali hingga “paling awal” musim gugur 2021. Tetapi itu tidak menghentikan penyanyi/gitaris Bishop Gunn, Travis McCready dari menjadi artis pertama yang bereksperimen dengan format itu pada Senin (18 Mei) malam lalu di TempleLive di Fort Smith, AS, sebuah kota yang terletak tepat di perbatasan Arkansas dan Oklahoma.

Karena pandemi ini, pembatasan ketat diberlakukan di seluruh tempat. Kapasitas yang diizinkan dikurangi dari 1.000 orang menjadi hanya 200 orang, dan semua peserta dipisahkan sejauh kurang lebih 2 meter baik dengan pita resmi atau dengan tempat duduk tertentu yang dikelompokkan. Selain itu, penonton konser harus diukur suhunya pada saat kedatangan dan diharuskan memakai masker setiap saat.

Pedoman kesehatan juga diperluas hingga ke wilayah kamar mandi venue tersebut, yang dibatasi hanya 10 orang pada satu waktu. Tempat snack-nya juga hanya mampu menjual minuman yang sudah dikemas sebelumnya atau “memiliki penutup”.

Seperti terlihat dalam berbagai foto dan rekaman video, masih banyak yang muncul untuk konser Travis McCready, terlepas dari semua pembatasan sosial yang baru dan perubahan dramatis dalam pengalaman musik live. Bagi mereka, untuk bisa menyaksikan musik live saja itu sudah cukup. “Menjaga hak kami untuk rock n’ roll,” tulis salah seorang peserta di Instagram, sambil mengenakan masker dan dengan bangga mengacungkan gaya tangan metal yang universal.

Seperti dilaporkan sebelumnya, konser Travis McCready di TempleLive awalnya dijadwalkan pada 15 Mei, tiga hari sebelum tanggal (18 Mei) di mana venue ditetapkan untuk secara resmi dibuka kembali sesuai izin gubernur negara bagian itu. Gubernur Arkansas Asa Hutchinson mengambil tindakan dengan perintah gencatan dan penghentian untuk venue itu sebelumnya, memaksa promotor konser untuk menjadwal ulang konser hingga Senin.

Baca juga: 10 Lagu Tentang Social Distancing Yang Mewakili Perasaanmu Selama PSBB

Dengan berbagai negara bagian tertentu secara perlahan membuka kembali dan melonggarkan aturan PSBB mereka, hanya masalah waktu sebelum konser ala social distancing seperti ini akan mulai banyak terjadi. Sementara itu, musisi juga telah mencoba konser drive-in, yang terinspirasi oleh para promotor musik live di Eropa. Bintang musik country Keith Urban baru-baru ini mengadakan satu konser semacam itu di Nashville, AS untuk para petugas responden pertama dan kemudian wilayah Florida juga ikut mengadakan festival musik drive-in pertama.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Industri Hiburan

    Surat Terbuka Untuk Presiden Jokowi Tentang Lumpuhnya Industri Hiburan

    JogjaROCKarta Festival, salah satu ikon industri hiburan kota Yogyakarta. (Foto: dok. Rajawali Indonesia). Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Setahun

    on Mar 3, 2021
    Live Nation

    Saham Live Nation Capai Titik Tertinggi Saat Pendapatannya Capai Titik...

    Live Nation Entertainment baru-baru ini mempublikasikan hasil laporan finansial tutup tahun 2020 mereka. Pendapatannya menurun 92% pada kuartal keempat dib

    on Feb 26, 2021
    Konser

    Uji Konser Tanpa Social Distancing Primavera Sound Hasilkan 0% Terinfe...

    PRIMA-CoV. (Foto: via Primavera Sound). Pakar penyakit menular Dr. Anthony Fauci berharap konser di Amerika Serikat (AS) bisa kembali digelar pada musim gug

    on Jan 19, 2021
    Konser

    Pakar Penyakit Menular Dr. Fauci Optimis Konser Kembali Digelar Pada T...

    Dr. Fauci. (Foto: dok. Consequence of Sound). Pada konferensi virtual yang diselenggarakan oleh Association of Performing Arts Professionals, Dr. Anthony Fa

    on Jan 12, 2021