×
×

Search in Mata Mata Musik

Inilah Reaksi Netizen Setelah MV Debut KAACHI Raih 10 Juta Views di YouTube

Posted on: 07/19/20 at 9:00 am

Inilah Reaksi Netizen Setelah MV Debut KAACHI Raih 10 Juta Views di YouTube

KAACHI adalah girlband K-pop asal Eropa pertama dan video musik debut mereka telah menerima banyak perhatian dari netizen di seluruh dunia.

Video musik debut KAACHI dari lagu ‘Your Turn’ telah meraih 10 juta views dalam 60 hari setelah pertama kali diunggah di YouTube. Grup cewek ini terdiri dari tiga anggota asal Eropa dan satu anggota asal Korea. Beberapa penggemar menyebut mereka sebagai ‘BLACKPINK-nya Eropa’ walau sebagian netizen menganggap julukan tersebut agak lebay.

Baca juga: Grup K-pop Pertama Dari Eropa, KAACHI, Diserang Kritik Pedas Oleh Netizen

Pada 15 Juli, DongA News mengadakan wawancara online dengan keempat anggota KAACHI, yakni Chunseo, Dani, Nichole, dan Coco. KAACHI menyatakan bahwa mereka tidak percaya mereka telah bisa tampil debut sebagai grup K-pop karena mereka selama ini hanya sekumpulan penggemar scene K-pop.

Kuartet cewek K-pop Eropa, KAACHI.
Kuartet cewek K-pop Eropa, KAACHI.

KAACHI lebih dekat dengan musik K-pop daripada yang dipikirkan kebanyakan orang. KAACHI sebenarnya diproduksi oleh Frontrow Records, sebuah record label yang dijalankan oleh orang Korea. Gembongnya, Lee Hye Rim (Monica Lee) telah merencanakan dan memproduksi musik KAACHI. Dia pertama kali menjadi produser di Arirang TV tetapi memutuskan untuk mengambil tantangan baru dan mendirikan perusahaan start-up-nya pada tahun 2016. Awalnya, dia hanya fokus pada distribusi dan penerbitan musik, menghubungkan berbagai komposer musik antara Eropa dan Korea. Itu dijalankannya pada saat popularitas K-pop sedang melonjak secara global.

Lee Hye Rim menyatakan bahwa, “Kami berencana untuk membuat grup K-pop Eropa dengan pusat di London, di mana musik dan infrastruktur perusahaannya bagus, tetapi tidak ada yang mau berinvestasi karena itu adalah perusahaan dengan hanya empat karyawan. Jadi kami memutuskan untuk mencoba itu sendiri. Seperti sebuah band indie”.

Lee Hye Rim kemudian menemukan Chunseo dan Nichole di ajang kompetisi dance dan tertarik dengan bakat dance mereka. Bos perusahaan itu kemudian menemukan bahwa kedua cewek itu telah melakukan banyak video dance cover K-pop selama 6 tahun. Mereka adalah bagian dari sebuah tim dance cover K-pop bernama UJIN dan terkenal karena memiliki bakat dance yang nge-top. Setelah itu, mereka juga mengajak Dani, teman mereka, dan memulai masa pelatihan mereka pada bulan November.

Dani mengatakan bahwa, “Aku tidak berpikir bahwa aku ingin menjadi seorang penyanyi tetapi aku memang memikirkan langkah-langkah selanjutnya ketika aku tampil dengan tim dance. Saat itulah aku bertemu dengan KAACHI”.

Nama tim itu adalah singkatan dari kata Korea untuk “Bersama” dan “Nilai”. KAACHI ingin mematahkan berbagai stereotip saat mereka mempromosikan diri sebagai grup K-pop Eropa. Banyak yang mengira bahwa Coco akan menjadi anggota yang bernyanyi dalam bahasa Korea karena dia adalah satu-satunya anggota asal Korea dari grup itu. Namun, Cheonseo adalah anggota yang bertanggung jawab atas bagian vokal utama, dan bernyanyi dalam bahasa Korea. Anehnya, nama asli Cheonseo adalah Ruth Gomez tetapi dia telah mengambil nama panggung Cheonseo saat dia menjadi anggota KAACHI.

Lagu debut KAACHI, ‘Your Turn’ telah meraih popularitas tinggi di YouTube dan para anggota girlband itu berharap untuk bisa melakukan promosi pada tahap yang lebih besar di masa depannya. Mereka saat ini sedang mempersiapkan single kedua mereka yang akan dirilis sekitar bulan Oktober 2020 mendatang.

Setelah melihat wawancara KAACHI dengan DongA, beberapa netizen berkomentar sebagai berikut:

“…Ini adalah usaha yang bagus”.

“Mungkin mereka seharusnya menamai diri mereka KIMCHI”.

“Mereka terlihat sederhana dan polos. Seperti gadis-gadis di lingkungan rumahmu. Aku akan tetap mendukung mereka”.

“Apa maksudnya nih BLACKPINK-nya Eropa? BLACKPINK bisa dapat 100 juta views dalam sehari”.

“Aku harap KAACHI bisa berjalan dengan baik. Semoga kalian bisa menjadi grup K-pop yang berharga”.

“Mereka berusaha terlalu keras untuk menjadi sesuatu yang bukan diri mereka sendiri…”.

“Mereka seharusnya bisa hanya debut sebagai girlband asal Inggris dan mengatakan bahwa mereka hanya terinspirasi oleh K-pop… maka tidak akan ada banyak kontroversi…”.

“Mereka cantik tapi, MV mereka perlu beberapa revisi”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lalisa

    Lisa BLACKPINK Luncurkan 2 Lagu Solonya, 'Lalisa' Dan 'Money'

    Lisa BLACKPINK (Foto: YG Entertainment). Anggota ketiga dari girl group K-Pop BLACKPINK, Lisa, akhirnya merilis album single solo debutnya. Album ini diril

    on Sep 10, 2021
    stayc

    STAYC Beberkan "STEREOTYPE", EP Pertamanya Yang Bertema Sosial

    Konsep sampul album Stereotype. Beberapa hari lalu tepatnya pada tanggal 6 September, girlgroup K-pop, STAYC, merilis mini album alias EP pertama merek

    on Sep 8, 2021
    BTS

    BTS Pecahkan Rekor Baru, Masuk Guinness World Records 2022

    BTS (Foto: Guinness World Records). Sederet pencapaian dalam bentuk penghargaan datang bertubi-tubi kepada boyband K-Pop mega hits saat ini, BTS. Belum lama

    on Sep 6, 2021
    KAACHI

    KAACHI Kembali Rilis Single Baru 'Extra Special' Ode Untuk UNI-K

    Chunseo (Foto: Frontrow). KAACHI baru saja merilis single keempat mereka 'Extra Special' di Spotify dan DSP lainnya. Jarak rilisnya hanya beberapa minggu se

    on Sep 2, 2021