×
×

Search in Mata Mata Musik

Inilah S#aFLA, Girlband Kpop yang Baru Mulai Debut

Posted on: 10/30/18 at 7:31 am

Girlband asuhan VINE Entertainment, S#aFLA (baca: Shapla/Shafla), memulai debut mereka pada 18 Oktober.

Oleh MeAnotherself (All Kpop)

Siapa, sih, S#aFLA ini? Mereka adalah grup K-pop yang beranggotakan empat orang, yaitu Jin (Jung Yoojin), Kee (Seulgi), Soo (Soohyeon) dan Sun (Hwang Jisun).

Jisun, pemimpin dan vokalis utama grup ini, pernah menjadi bagian dari line-up awal Girl’s Day sebagai penari utama mereka. Bulan September 2010, perusahaan mengumumkan bahwa dia keluar dari grup tersebut atas kemauannya sendiri, dan dia akan kembali berlatih menari dan bernyanyi agar bisa debut ulang di kemudian hari. Seorang staf Global Arts (salah satu perusahaan New F.O) menyatakan dia memutuskan untuk meninggalkan Girl’s Day karena dia merasa musik yang ingin dibuatnya lebih sesuai dengan musik yang seharusnya dibuat New F.O. Pernyataan ini kemudian dikonfirmasi oleh Jisun sendiri dalam sebuah wawancara di 2012.

Baca Juga: Todd Youth Meninggal Dunia!

Tahun 2011, dia memulai debut sebagai JN di New F.O sebagai pemimpin dan vokalis. Grup ini sempat tenar setelah vokalis utamanya membawakan lagu di Time Square, New York dan berhembusnya kabar bahwa Danah adalah saudara kandung dari Tagoon BoM (Mino dari Winner), namun sayangnya grup ini tidak mampu meraih popularitas yang cukup besar untuk ‘diteruskan oleh pihak agensi. Mereka bubar di tahun 2012.

Jisun juga mencoba ikut The Unit, tetapi tidak lolos tahap audisi.

Yang banyak orang mungkin tidak tahu adalah, sebelum debutnya, Jisun pernah memenangkan beberapa kompetisi menari dan berpartisipasi di kompetisi tingkat nasional juga. Salah satu yang dia menangkan yaitu Hadiah Utama untuk Koreografi Kreatif di Annuel Arts Festival ke-19 di 2006.

Baca Juga: 7 Lagu Karya Idola K-Pop Untuk Penggemarnya!

Jisun bukan satu-satunya personil dengan pengalaman idol sebelumnya. Rapper utama dan sub-vokalis Yoojin, mantan anak didik YG Entertainment yang berlatih untuk menjadi bagian girl group baru tapi keluar di bulan Februari 2012, pernah menjadi bagian D-UNIT dengan nama UJin. D-UNIT adalah grup cewek hip-hop yang berisi tiga anggota yang memulai debut dengan “I’m Missin’ You” di bawah D-Bussiness Entertainment pada 2012. Dia hengkang di tahun 2013 setelah kontraknya berakhir dan untuk alasan pribadi dia tidak ingin memperpanjangnya. Namun, perusahaan tidak mengungkapkan bahwa kontraknya telah berakhir, melainkan menyatakan bahwa dia telah bersikap kasar terhadap perusahaan dan personil grup lainnya dan dia mengatakan kalau dirinya tidak ingin tampil bersama mereka lagi. Drama ini mengundang berbagai pertengkaran dalam fandom mereka.

Di 2016, dia kembali ke ranah musik sebagai solois HIA dengan mengunggah cover lagu Justin Bieber “Sorry” di saluran Youtube miliknya. Dia juga mengumumkan debut solo, tetapi tidak pernah membahas lebih lanjut.

Baca Juga: House Music: Musik Orang Hitam Amerika

Di 2017, dia muncul di acara trainee survival YG Entertainment MIXNINE, namun tidak lolos tahap audisi.

Vokalis utama Soohyeon pernah menjadi personil girl group vokal bawahan Maroo Entertainment, 1PS, sebagai Yena—pemimpin, vokalis dan penari. Sebagai pemimpin dan trainee terlama di Maroo pada saat itu, dia membantu memilih personil untuk grup itu. Keempat personil menunjukkan kapabilitas sebagai vokalis utama dan dia pernah mengatakan kalau grup itu akan merotasi posisi vokalis utama di masing-masing lagu, jadi semua orang memiliki kesempatan bersinar yang sama dan 1PS bisa menampilkan sisi lain grup mereka. Namun, grup tersebut bubar setelah merilis satu single promosi dan satu original soundtrack.

Di bulan Februari 2015, Maroo mengumumkan bahwa Soohyeon telah ditarik menjadi acara musikal ‘해를 품은 달’. Dia lulus dari Seoul National University of Fine Arts and Music dan mengambil jurusan gayageum, sebuah instrumen tradisional asal Korea.

Baca Juga: Major Lazer Gandeng Tove Lo di Single ‘Blow That Smoke’ 

Dan yang terakhir, maknae dan sub-vokalis Seulgi muncul di Superstar K di tahun 2009, di mana dia dikonfirmasi masuk 10 besar, tetapi justru meninggalkan acara tersebut. Dia bergabung dengan Brand New Stardom (kemudian berganti nama menjadi Stardom Entertainment dan saat ini bernama Hunus) dan mengumumkan debut solonya dengan lagu “After Place” di 2010. Dia merilis beberapa album di bawah label tersebut, namun keluar atau dikeluarkan pada 2011. Dia kemudian tidak merilis musik lagi sampai bergabung dengan AARON Entertainment di 2016. Kariernya di bawah agensi ini pun juga tidak bertahan lama karena dia hanya merilis single promosi “U&I” di bawah agensi ini. AARON berhenti mempromosikan Seulgi di 2017.

Gambar Utama: S#aFLA. (Foto via All Kpop)

Sumber: https://www.allkpop.com

Posted on October 18, 2018

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

B.I iKON

B.I iKON Diduga Mengaku Bersalah Atas Beberapa Tuduhan Narkoba

Status mantan frontman iKON ini berubah dari saksi menjadi tersangka dalam proses penyelidikan yang sedang berjalan. Pada 17 September kemarin, rapper dan m

on Sep 19, 2019
Seventeen

Seventeen Sindir Musik Pop dengan Album Baru, An Ode

An Ode adalah album pop yang menarik dan melukiskan narasi yang lebih rumit daripada kebanyakan grup K-pop di luar sana. Baca Juga: SEVENTEEN Kembali dengan

on Sep 18, 2019
YG Entertainment

YG Entertainment Dirundung Masalah Finansial?

Berbagai pengamat industri K-Pop beri penilaian terhadap kondisi finansial YG saat ini dan di masa mendatang. Baca Juga: Yang Hyun Suk Tanggapi Berita Seputa

on Sep 18, 2019
exo

EXO Bakal Segera Kembali Masuk Studio?

Kabar gembira ini dilontarkan langsung oleh Baekhyun lewat Instagram Live. Baca Juga: NCT Dream, EXO-SC, TWICE & Chungha Raih Sertifikat Platinum Gaon Ch

on Sep 16, 2019