×
×

Search in Mata Mata Musik

Inspirasi di Balik Keajaiban Musik Baru Anna dan Elsa di Frozen 2

Posted on: 11/29/19 at 4:55 am

Masyarakat awam mungkin tidak familier dengan nama Kristen Anderson-Lopez dan Bobby Lopez. Pasangan suami-istri ini adalah orang yang bertanggung jawab melahirkan lagu-lagu keren di film Frozen, termasuk “Let It Go” yang membawa mereka meraih piala Oscar pertama mereka. 16 tahun menikah, keduanya sejauh ini telah dikaruniani dua anak perempuan, dua piala Oscar dan dua penghargaan Grammy. 

Keduanya pun kembali dipercaya menggarap lagu di sekuel film yang mengisahkan perjalanan kakak-beradik Anna dan Elsa tersebut. Untuk Frozen 2, mereka menulis tujuh lagu baru, mulai dari “Lost in the Woods” yang seperti berasal dari era ’80-an, hingga ballad luar biasa berjudul “Into the Unknown.”

Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez
Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez menghadiri premier Frozen 2 di Dolby Theatre pada 7 November 2019. (Foto: Amy Sussman/Getty Images)

Bobby dan Kristen bercerita, saat pertama kali dihubungi sutradara Jennifer Lee dan Chris Buck untuk proyek kedua ini, mereka “tidak langsung menulis musik apa pun.” Justru, mereka terbang ke Norwegia, Islandia dan Alaska untuk melakukan riset.

“Kami pergi ke Alaska untuk melihat gletser,” jelas Bobby dalam wawancara terbaru dengan Hollywood Reporter. Kristen menambahkan, “Kami berjalan di atas gletser hanya untuk merasakan betapa kuno dan kuatnya [gletser itu], dan sensasi yang ada dalam semua es itu.”

Ketika membuat lagu pengantar tidur yang misterius “All Is Found,” keduanya mengaku mendapat inspirasi dari “Rock-a-Bye Baby” dan lagu-lagu pengantar tidur di Norwegia yang “semuanya terasa seperti dinyanyikan di hutan berkabut saat matahari terbenam.”

Sementara itu, “Show Yourself” diakui keduanya sebagai lagu tersulit yang mereka tulis di antara lagu-lagu lainnya di Frozen 2 karena menyimpan momen cerita terbesar. Bobby mengatakan, draf pertama lagu itu sama sekali berbeda dengan apa yang akhirnya ditampilkan dalam film. 

“[Draf pertamanya] lebih panjang, memiliki suasana yang berbeda, akhir yang berbeda … juga bagian tengah yang berbeda. Dan semua orang suka, tapi kami harus mengubahnya. Saat kami melihat bagian pertama visual dan kemudian melihatnya di film, semua setuju harus ada perubahan. Dan itu terjadi selama berbulan-bulan—lagunya sekarang berdurasi empat menit dan 20 detik dengan akhir yang besar. Lagunya banyak berubah, dan itu sulit.”

Olaf Frozen 2
Olaf di Frozen 2. (Foto: Walt Disney Studios)

Untuk lagu karakter Olaf “When I’m Older,” Bobby dan Kristen menyebutkan, mantra yang mereka gunakan untuk menenangkan diri adalah inspirasi di balik lagu tentang memahami berbagai hal di kemudian hari itu.

“Saat kamu mengerjakan musikal orisinal ini, ada momen yang kamu benar-benar pahami—ada beberapa hal yang jelas. Tapi ada begitu banyak hal yang tidak jelas dan berubah-ubah. … Dan kami terus mengatakan, ‘Ini semua akan masuk akal enam bulan dari sekarang. Enam bulan dari sekarang, kita tidak akan berurusan dengan semua ini.’”

Kristen melanjutkan, “Tapi saya pikir, keseluruhan film ini adalah tentang tumbuh dan menemukan di mana kamu pantas berada, dan kamu tidak bisa melakukan itu kecuali kamu melangkah ke dalam hal yang tidak diketahui, kecuali kamu mengambil risiko. Tapi saat kamu melakukan itu, kamu juga harus bisa mengatakan, ‘Semua akan baik-baik saja. Saya tidak masalah tidak mengetahui apa-apa sekarang. Saya tidak masalah merasa tidak kompeten saat ini karena suatu hari nanti saya akan tahu.’”

Kristoff
Jonathan Groff sebagai Kristoff di Frozen 2. (Foto: Walt Disney Studios)

Di Frozen 2, pasangan ini juga memberikan kesempatan lebih kepada Jonathan Groff, yang mengisi suara karakter Kristoff, untuk memamerkan suara emasnya. Untuk itu, mereka menciptakan “Lost in the Woods” yang menampilkan sentuhan glam rock era ’80-an.

“Kami ingin mewujudkan ide tentang seorang lelaki yang sangat terbiasa mengubur perasaannya, mungkin sejak kecil, tiba-tiba merasakan semua perasaan itu dalam satu lagu ballad ’80-an yang besar. Jadi itu akan lucu tetapi juga sedikit emosional. Mungkin terlalu emosional,” ucap Bobby.

Elsa dan Anna Frozen
Elsa dan Anna mencoba mengungkap misteri tentang orang tua mereka di Frozen 2. (Foto: Walt Disney Studios)

Membahas lebih dalam tentang perbedaan proses kolaborasi dari film Frozen pertama, Kristen mengatakan proses menulis lagu bersama sang suami kali ini menjadi jauh lebih penuh kepercayaan. 

Sedangkan menurut Bobby, kesuksesan Frozen “membuka mata saya ke dunia wanita. Saya sudah lama bekerja sama dengan Kristen, tapi saya baru benar-benar mulai melihatnya sebagai pemimpin melalui apa yang dia perlu katakan dan bagaimana dia bekerja sama dengan Jen. Saya kagum pada keberhasilan [yang terjadi] saat saya mendengarkan suara wanita. Saya terus berusaha lebih banyak melakukan itu dan lebih sedikit melawan.”

“Perlawanan adalah hal yang sia-sia,” ledek Kristen. 

Streaming OST film Frozen 2 di bawah ini.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Lagu Natal

31 Lagu Natal Kekinian yang Wajib Didengar!

Bosan dengan lagu bertema Natal yang itu-itu saja? Jangan khawatir, karena di 2019 ada sederet lagu Natal baru yang super keren dan siap menyegarkan playlist-m

on Dec 16, 2019
Idina Menzel

Idina Menzel Puji Brendon Urie Soal Cover “Into The Unknown”

Tidak dapat dipungkiri, Brendon Urie adalah penyanyi dengan bakat vokal yang jempolan. Dalam wawancara terbaru, bintang Frozen 2 Idina Menzel melontarkan

on Dec 4, 2019
Bring Me The Horizon

Bring Me The Horizon Rilis Video Musik “Ludens”

Setelah meluncurkan lagu baru mereka “Ludens” minggu lalu, Bring Me The Horizon sekarang menghadirkan video resmi untuk lagu tersebut—yang diambil dari s

on Nov 12, 2019
lauryn hill

Lauryn Hill Segera Rilis Lagu Solo Pertama dalam 5 Tahun

Lagu baru Lauryn Hill akan muncul di soundtrack Queen & Slim, film baru karya Melina Matsoukas dan Lena Waithe. Hill—mantan anggota trio hip-hop ’90

on Oct 16, 2019