×
×

Search in Mata Mata Musik

Iron Maiden, Enter Shikari dan 1500 Artis Lebih Dukung Kampanye #LetTheMusicPlay

Posted on: 07/3/20 at 9:00 am

Iron Maiden #LetTheMusicPlay
Iron Maiden. (Foto: via Kerrang!).

Lebih dari 1.500 artis telah menandatangani surat terbuka kepada pemerintah Inggris sebagai bagian dari kampanye #LetTheMusicPlay yang digagas situs UK Music, yang meminta tindakan segera untuk membantu industri musik yang terkena dampak ekonomi yang luluh lantak selama pandemi virus Corona bangsat.

Tidak sedikit nama artis mainstream seperti Radiohead, Paul McCartney, The Rolling Stones, Ed Sheeran dan Coldplay yang ikut menandatangani surat untuk meminta dukungan kepada Sekretaris Kebudayaan Inggris Oliver Dowden, dan juga artis-artis seperti Iron Maiden, Enter Shikari dan Bullet For My Valentine yang telah muncul ke media sosial untuk menyebarkan berita tersebut.

“Musik live Inggris telah menjadi salah satu kesuksesan sosial, budaya, dan ekonomi terbesar di Inggris dalam dekade terakhir,” bunyi pernyataan kampanye #LetTheMusicPlay. “Tapi, dengan tidak adanya akhir untuk masa social distancing atau dukungan finansial dari pemerintah yang belum disepakati, masa depan untuk berbagai venue, konser dan festival dan ratusan ribu orang yang bekerja di dalamnya terasa suram”.

“Seperti negara-negara lain seperti Jerman dan Australia, kami membutuhkan pemerintah untuk membantu industri musik, yang memberikan kontribusi 5,2 miliar poundsterling (Rp 93 triliun) bagi perekonomian setiap tahun dan menopang hampir 200.000 pekerjaan untuk memastikan semuanya tetap yang terbaik di dunia setelah kehancuran yang disebabkan oleh pandemi ini”.

“Sampai bisnis-bisnis ini dapat beroperasi lagi, yang kemungkinan paling awal tahun 2021, dukungan pemerintah akan sangat penting untuk mencegah kebangkrutan massal dan akhir dari industri terkemuka dunia ini”.

“Pada 2 Juli 2020, UK Music dan anggota dari UK Live Music Group, bersama dengan koalisi bisnis musik live yang mencakup artis, venue, konser, festival, perusahaan produksi dan tokoh industri meluncurkan sebuah kampanye, Let The Music Play, untuk menyoroti pentingnya sektor ini bagi perekonomian Inggris”.

Selain surat ini dikirim ke Oliver Dowden sebagai bagian dari kampanye, pecinta musik juga didorong untuk menulis kepada anggota parlemen lokal mereka untuk meminta panggilan Kanselir demi mendukung #LetTheMusicPlay – yang dapat kamu lakukan lewat sini.

Menunjukkan dukungan mereka melalui Twitter, Iron Maiden menulis: “Setiap band harus memulai dari suatu tempat (dalam waktu), dan Iron Maiden tidak terkecuali. 90% dari venue musik penting di Inggris berada di bawah ancaman penutupan karena Covid-19”.

“Tolong tunjukkan dukungan kalian untuk musik live dan bagikan foto/video dari konser terakhir yang kalian datangi, dengan memberikan tagar #LetTheMusicPlay”.

“Hari ini kami datang bersama dengan semua sisa industri musik Inggris untuk menunjukkan dukungan kami kepada #LetTheMusicPlay,” ujar Bullet For My Valentine, “sebuah kampanye yang menyoroti krisis yang dihadapi oleh sektor musik live. Kami membutuhkan pemerintah Inggris untuk mendengarkan dan bertindak sekarang untuk membantu melindungi berbagai venue yang kemungkinan terpaksa harus bangkrut”.

“Serta mendukung tenaga kerja yang membentuk industri ini. Kami mendorong kalian untuk terlibat dengan membagikan foto dari konser terakhir kalian menggunakan tagar #LetTheMusicPlay demi menunjukkan dukungan kalian untuk musik live Inggris”.

Sementara itu, Enter Shikari menambahkan: “Hari ini, teman-teman kami di Music Venue Trust meminta para artis untuk membagikan video konser live terakhir mereka sebagai bagian dari kampanye #LetTheMusicPlay #SaveOurVenues mereka”.

“Kami tidak akan bisa melakukan apa yang telah kami lakukan sekarang selama lebih dari sedekade terakhir jika bukan karena waktu yang kami habiskan saat masih remaja bermain serangkaian konser yang suportif di berbagai venue musik penting. Tapi ini bukan tentang kita yang pergi mengelilingi seluruh dunia dan bersenang-senang…”.

“Ekspor musik Inggris berkontribusi senilai £ 2 miliar (Rp 36 triliun) lebih kepada ekonomi Inggris. Lebih dari 90% venue musik di Inggris berisiko bangkrut kecuali pemerintah mengambil langkah untuk mendukung mereka sepanjang waktu ini. Kalian tidak perlu menjadi seorang ilmuwan ahli bedah roket untuk melihat efek buruk yang bisa terjadi”.

“Jadi, tolong, retweet semuanya kemudian tweet kami foto/video dari konser terakhir yang KALIAN datangi, menggunakan tagar #LetTheMusicPlay. Tunjukkan kepada pemerintah dukungan yang diterima venue Inggris dari orang-orang yang menggunakannya”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Jaggernaut

Stoner Rocker Juggernaut Mengajak Kembali Ke EP "Masa Pertengahan"

Jaggernaut. Setelah sebelas tahun, mini album Juggernaut dibangkitkan kembali oleh Rekam Jaya sebagai bagian dari program reissue dan dokumentasi arsip musi

on Oct 26, 2020
Space Comma Space

Space Comma Space Rilis Double Single Melankolis 'Pale in Time/Loveles...

Space Comma Space. Setelah enam tahun lalu terbentuk dan hanya pentas di acara-acara sekolah, kolektif musik asal Jakarta, Space Comma Space merilis materi

on Oct 18, 2020
Kuasa

Selain Eksplorasi Secara Massif, Album KAUSA "Una In Perpetuum" Bertam...

Sebagai band yang berbasis heavy metal dan punk rock, KAUSA termasuk band yang gemar berpetualang secara musikal. Dan kini mereka menganalogikan diri merek

on Oct 13, 2020
Stevie Nicks

Stevie Nicks Rilis ‘Show Them The Way’, Lagu Solo Barunya Fitur Da...

Stevie Nicks. Stevie Nicks baru saja merilis lagu solo baru pertamanya dalam hampir satu dekade terakhir. Lagu baru itu berjudul ‘Show Them The Way’ dan

on Oct 9, 2020