×
×

Search in Mata Mata Musik

Iron Maiden Luncurkan MV Animasi Lagu Baru Dalam 6 Tahun Terakhir

Posted on: 07/16/21 at 10:00 am

Iron Maiden Luncurkan MV Animasi Lagu Baru Dalam 6 Tahun Terakhir

Iron Maiden akhirnya kembali dengan karya baru! Pahlawan NWOBHM (New Wave Of British Heavy Metal) ini telah meluncurkan video animasi epik untuk lagu ‘The Writing on the Wall’. Lagu baru dan pertama mereka dalam enam tahun terakhir. Single dan MV (Music Video) ini menjawab tuntas semua spekulasi dan hype yang terjadi selama berminggu-minggu sebelumnya.

Baca juga: Trivium ‘In The Court Of The Dragon’ Salah Satu Single Metal Terepik 2021

Legenda heavy metal Inggris ini telah memberi teaser dengan pengumuman acara misterius yang bernama “Belshazzar’s Feast” menjelang pemutaran perdana single ini. Para Troopers (fans Iron Maiden -Ed.) telah mengantisipasi baik pengumuman lagu atau pun album baru.

“Feast” atau pesta yang sebenarnya terjadi adalah ada dalam alur cerita video ini. Alur yang menjalin kisah heavy metal pasca-apokaliptik. Video klip tersebut menampilkan maskot Iron Maiden, Eddie — ditampilkan dalam bentuk 3D yang keren bersama animasi 2D standar — sebagai pahlawan utamanya. Eddie terlihat melemparkan kapak ke dalam tengkorak diktator gembong penjahat dan menyelamatkan umat manusia dari penjara.

‘The Writing on the Wall’ ditulis oleh gitaris Adrian Smith dan vokalis Bruce Dickinson dan diproduseri oleh Kevin Shirley dengan co-produksi dari bassis dan pendiri Iron Maiden Steve Harris. Lagu ini menampilkan riff gitar yang gagah dengan tempo sedang yang stabil sampai habis. Bernapaskan hard rock namun menyembur raungan heavy metal khas Iron Maiden yang konstan selama berdekade-dekade.

Kolaborasi Iron Maiden dan Duo Animator Beken

Video animasi ini merupakan hasil kolaborasi dengan mantan eksekutif film animasi Pixar dan penggemar lama Iron Maiden, Mark Andrews dan Andrew Gordon (The Incredibles, Finding Nemo, Ratatouille). BlinkInk, sebuah studio yang berbasis di London, mengerjakan animasinya di bawah arahan Nicos Livesey.

Menurut Livesey, pembuatan video ini adalah proses yang melelahkan yang melibatkan lebih dari 60 orang di 13 negara yang berbeda. Untungnya, timmya mengadakan pertemuan Zoom mingguan dengan Bruce Dickinson untuk memahami visi kolektif mereka.

Dickinson menyatakan, “Saya memiliki ide yang cukup jelas tentang konsep untuk mengiringi lagu tersebut dan ketika saya bertemu Mark dan Andrew, di Zoom, dengan cepat menjadi jelas bahwa kami semua berada pada gelombang yang sama, dan ini diperkuat dengan penambahan Nicos dan tim BlinkInk-nya yang muda”.

Om Bruce menambahkan, “Saya sangat bangga dengan video yang dihasilkan, ini lebih seperti film mini. Saya tahu itu akan berhasil segera setelah Mark menghidupkan penulisan saya dengan storyboard-nya yang luar biasa. Dan menurut saya kita bisa membuat sesuatu yang sangat istimewa bersama-sama. Menurut saya kami melakukannya dan berharap penggemar kami akan setuju. Faktanya, itu cukup banyak dibuat oleh penggemar Maiden!”

Rumor tentang album susulan Iron Maiden The Book of Souls (2015) ini tidak diragukan lagi akan diumumkan setelah dirilisnya lagu baru ini. Band senior ini mulai mengerjakan materi musik baru sejak bulan Oktober 2020, sehingga masuk akal dong jika berasumsi bahwa ada lebih banyak lagi lagu dari tempat ‘The Writing on the Wall’ berasal. Album baru!

Baca juga: Rock & Roll Hall of Fame Banjir Protes Iron Maiden dan RATM Tidak Lolos

Selamat menyimak MV animasi epik ‘The Writing On The Wall’, Troopers!

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021
    Nita Strauss

    Nita Strauss Lepas Single Solonya Fitur David Draiman Jelang Tur AS

    David Draiman and Nita Strauss (courtesy of Cosa Nostra PR). Nita Strauss, gitaris cewek yang tersohor di kancah hard rock/heavy metal telah berkolaborasi d

    on Oct 15, 2021