×
×

Search in Mata Mata Musik

Iwan Fals Bersuara Lantang & Santuy Di Lagu ’16/01′ Fitur Sandrayati Fay

Posted on: 08/1/21 at 11:00 am

Iwan Fals Bersuara Lantang Tapi Santuy Di Lagu '16/01' Fitur Sandrayati Fay

Iwan Fals, ikon musik Indonesia, sangat dirindukan suara lantangnya dalam lagu oleh para penggemarnya, OI (Orang Indonesia). Musisi legendaris ini sejak era 1980-an dikenal melalui lagu-lagunya yang getol menyuarakan “voice of the voiceless”. Dari menyoroti masalah sosial hingga politik yang relevan pada masanya, walau tidak meninggalkan tema kehidupan sehari-hari. Tidak heran jika Om Iwan dijuluki “Bob Dylan-nya Indonesia”.

Baca juga: Iwan Fals Mengenang Galang Rambu Anarki & Membuka Tabir Misterinya

Kali ini Om Iwan mewujudkan kerinduan OI tersebut. Dengan dasar pemikiran bahwa setiap manusia dapat mencurahkan emosi dan perasaannya melalui media apapun. Tidak perlu mendapat gelar atau julukan untuk membuat sebuah karya. Kita bisa mengekpresikan kegelisahan sehari-hari melalui susunan kata yang berirama.

Pandemi belum usai, perang kerap terjadi, adanya saling curiga, bahkan ketidakadilan begitu jelas di depan mata. Namun semua itu dapat disikapi dengan doa, rasa syukur dan hati yang gembira.

Maka terciptakan lagu yang berjudul ’16/01′ oleh Iwan Fals yang berkolaborasi dengan Sandrayati Fay. Lagu yang berdurasi hampir 8 menit ini bercerita tentang berbagai hal. Namun itu semua tercipta berdasarkan cinta.

Iwan Fals mengungkapkan, “Lagu 16/01 ini dibuat pada tanggal 16 November 2020 sampai 01 Juni 2021. Tanggal 16 dibuat dan tanggal 01 selesai, jadinya 1601. Beberapa kali diubah judul, awalnya 1618 dari 16 November 2020 sampai selesai 18 November 2020. Kemudian menjadi 1610, sampai berapa kali ulang, akhirnya menjadi 1601”.

Iwan Fals dan Sandrayati Fay

Iwan Fals bercerita tentang kolaborasinya dengan Sandrayati Fay. “Saya kenal Sandra sejak tahun 2016. Kolaborasi ini terbentuk berkat peran dari Cikal (putri kandung Om Iwan -Ed.). Dia merasa lagu ini cocok dibawakan dengan Sandra. Saya pun merasa cocok. Sosok Sandra luar biasa, komunikatif, perhatian terhadap alam, terhadap orang lain, keseimbangan, hal-hal yang positif. Sandra sangat menghayati, ketenangan batin, dan dia suka yoga. Untuk Sandra yang sedang di negeri sana (Islandia), terus semangat. Semoga lagu ini bisa menghangatkanmu yang sedang kedinginan di sana dan tetap menjaga tali silaturahmi,” ucap Om Iwan.

Pendapat Sandrayati Fay terhadap Iwan Fals. “Aku merasa terharu sudah diajak kolaborasi di lagu ini. Rasanya ini sangat relevan dengan keadaan sulit yang kita alami sekarang. Senang sekali bisa ikut untuk mengkomunikasikan pesan tentang terus pegangan ke cinta kasih ini ke orang banyak. Iwan Fals selalu punya hati yang besar dan berani untuk ngomong ke luar. Aku selalu terinspirasi sama perspektifnya tentang hidup dan merasa beruntung bisa nyanyi bareng sambil terus merayakan hidup. Secara khusus, aku sangat bersyukur bahwa Iwan Fals dan keluarganya percaya banget sama musikku dan membantu perkembangan karierku sampai sekarang”.

Pesan Lagu ’16/01′

“Kita perlu mengisi waktu dengan produktif. Dalam waktu itu ada persoalan adu domba, bukan domba yang di adu, tapi pikirannya sendiri. Masyarakat hidup sederhana, bekerja, lalu menyekolahkan anaknya. Tapi yang punya kepentingan hubungannya dengan rekayasa untuk keuntungan. Atau perlu gesekan supaya lebih cerdas, seperti guru di sekolah terhadap muridnya,” pungkas Om Iwan tentang pesan yang disampaikan melalui lagu ini.

Baca juga: Iwan Fals Rilis Ulang Album “Mata Dewa” Dalam Format Vinyl

Lagu ’16/01′ dari Iwan Fals feat. Sandrayati Fay rilis sejak 30 Juli 2021 di seluruh platform musik digital. Untuk MV (Musiv Video) resminya dapat disaksikan di kanal Youtube Musica Studio’s atau di bawah ini.

Sumber: Siaran Pers
Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Iwan Fals

    Iwan Fals Tentang Album "Pun Aku": Refleksi Diri dan Buah Pikirannya

    Foto: dok. Tiga Rambu. Iwan Fals, sosok dirinya dituturkan melalui nada dan suara di album barunya, Pun Aku. Album yang rampung di tahun 2021 menjadi reflek

    on Sep 7, 2021
    Galang Rambu Anarki & Iwan Fals

    Iwan Fals Mengenang Galang Rambu Anarki & Membuka Tabir Misterinya

    Galang Rambu Anarki / Iwan Fals. (Foto: dok. Ist). Galang Rambu Anarki. Anak sulung ikon musik legendaris Indonesia Iwan Fals. Sosok pemuda ini tentunya mas

    on Mar 26, 2021
    Iwan Fals Mata Dewa

    Iwan Fals Rilis Ulang Album "Mata Dewa" Dalam Format Vinyl

    Sang musisi legenda Tanah Air, Iwan Fals kali ini merilis ulang salah satu album klasiknya yang berjudul Mata Dewa. Reissue album ini dikemas secara fisik

    on Mar 8, 2021
    Daramuda Project

    Daramuda Project Rilis Single 'Selamat Tinggal' Dan Menyatakan Bubar

    Daramuda Project. (Foto: Instagram.com/@daramudaproject). Proyek musik Daramuda Project memutuskan untuk mengakhiri perjalanan kariernya. Trio yang beranggo

    on Apr 9, 2020