×
×

Search in Mata Mata Musik

J Balvin Ajak Komunitas Latino Untuk Ikut Mendukung ‘Black Lives Matter’

Posted on: 06/4/20 at 7:30 am

J Balvin.
J Balvin. (Foto: Orliarias).

J Balvin akhirnya turut berkomentar dan menyatakan dukungannya untuk gerakan Black Lives Matter. Ketika industri musik memasuki kampanye “Blackout Tuesday” sebagai respons atas kematian George Floyd, seorang warga Afrika-Amerika tidak bersenjata yang dibunuh polisi, J Balvin menambahkan pengaruhnya terhadap seruan yang semakin berkembang untuk keadilan rasial bagi seluruh umat manusia.

Baca juga: Warner Music Kucurkan Rp 1,4 Triliun Untuk Kampanye Lawan Kekerasan dan Rasisme

Bintang reggaeton asal Kolombia itu berjanji “untuk melakukan yang lebih baik” dan untuk terus belajar, dan dia meminta komunitas Latino untuk melakukan hal yang sama.

Menulis dalam bahasa Spanyol dan Inggris, J Balvin menjelaskan: “Setelah meluangkan waktu untuk berbicara dengan mereka yang dekat dengan aku, aku mendidik diriku sendiri tentang makna yang mendalam dan sejarah mengerikan yang merupakan akar dari gerakan #blacklivesmatter”.

Dia kemudian melanjutkan, “Aku menghargai bahwa itu adalah tanggung jawabku sebagai pemimpin dalam komunitas Latino untuk mendidik diriku sendiri tentang penderitaan warga kulit hitam di Amerika – untuk belajar tentang perjuangan mereka dan rasisme sistemik yang berkelanjutan yang mereka hadapi setiap harinya, dan yang lebih penting, untuk belajar bagaimana aku bisa menjadi sekutu yang lebih baik dan membantu mengubah sistem melalui suara dan tindakanku”.

J Balvin juga berjanji untuk memberikan sumbangan kepada organisasi Colors of Change dan mendesak sesama warga Latin untuk memihaknya dalam pertarungan demi kebaikan: “Kami sendiri tahu rasanya jadi minoritas, hanya sebagian kecil dari rasa sakit yang mereka jalani setiap hari – mari kita bantu saudara dan saudari kita”.

Penyanyi lagu ‘Mi Gente’ itu bergabung dengan sederet musisi superstar global lainnya yang telah berbicara menentang pelanggaran hak asasi manusia terhadap komunitas kulit hitam.

Baru-baru ini, komunitas musik mengamati kampanye #TheShowMustBePaused, atau “Blackout Tuesday”, sebuah gerakan damai yang diluncurkan untuk menghormati kematian George Floyd, Breonna Taylor, Ahmaud Arbery dan banyak warga kulit hitam lainnya yang meninggal ketika sedang penyergapan dan penahanan polisi.

Baca pidato lengkap J Balvin di bawah ini.

“Seperti yang kalian ketahui, aku adalah orang yang suka merayakan segala sesuatu yang baik di dunia ini dan yang mencoba membawa sukacita, cinta, cahaya dan kebahagiaan ke dalam kehidupan yang secara beruntung bisa aku sentuh.

Namun mengingat keadaan yang dihadapi oleh komunitas kulit hitam di Amerika Serikat ini bukan saatnya untuk memberikan kesembronoan dan perayaan.

Sebaliknya, ini adalah waktu untuk mendidik diri sendiri dan orang yang aku cintai dan mengambil tindakan. Setelah meluangkan waktu untuk berbicara dengan mereka yang dekat dengan aku, aku mendidik diriku sendiri tentang makna mendalam dan sejarah mengerikan yang merupakan akar dari gerakan #blacklivesmatter.

Aku berjanji mulai hari ini… sebagai manusia, sebagai seniman, sebagai orang Latin, sebagai teman… untuk berbuat lebih baik. Aku menghargai bahwa itu adalah tanggung jawab aku sebagai pemimpin dalam komunitas Latino untuk mendidik diriku sendiri tentang penderitaan warga kulit hitam di Amerika – untuk belajar tentang perjuangan mereka dan rasisme sistemik yang mereka hadapi setiap harinya; dan yang lebih penting, untuk belajar bagaimana aku bisa menjadi sekutu yang lebih baik dan membantu mengubah sistem melalui suara dan tindakan aku.

Baca juga: Beyoncé & Rihanna Respons Kematian George Floyd: “Kami Sakit Hati dan Jijik”

Aku mendesak komunitas Latin untuk bergabung denganku – kami sendiri tahu rasanya jadi minoritas, hanya sebagian kecil dari rasa sakit yang mereka jalani setiap hari – mari kita bantu saudara dan saudari kita. Sebagai tanda komitmenku, aku mengambil tindakan dan memberikan sumbangan kepada Colors of Change untuk mendukung perjuangan mereka untuk persamaan ras”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Major Lazer 2020

Album Major Lazer "Music Is The Weapon" Bak Parade Kolab Artis Top Dun...

Major Lazer. Album keempat Major Lazer yang telah lama ditunggu-tunggu, Music Is The Weapon, telah dirilis sejak 23 Oktober 2020. Menampilkan kolaborasi den

on Oct 26, 2020
MTV Video Music Awards 2020

BTS, Doja Cat dan J Balvin Akan Tampil di MTV Video Music Awards 2020

Doja Cat, BTS, J Balvin. BTS, Doja Cat dan J Balvin telah di-booking untuk tampil di MTV Video Music Awards 2020 (MTV VMA), yang akan tayang secara live pad

on Aug 6, 2020
UN DÍA (ONE DAY)

Single ‘UN DÍA (ONE DAY)’, Sinergi Kreatif Dua Lipa, J Balvin, Ba...

Dua Lipa (Foto: Ben Kaye), J Balvin (Foto: Heather Kaplan), and Bad Bunny (Foto: Instagram). Seperti yang diperlihatkan oleh album keduanya, Future Nostalgi

on Jul 25, 2020
Karo G

Karol G Konfirmasi Bahwa Dia Positif Terjangkit Virus Corona, Macacih?

Karol G saat menghadiri Billboard Latin Music Awards 2019 di Mandalay Bay Events Center pada 25 April 2019 di Las Vegas. (Foto: Gabe Ginsberg/WireImage). Bi

on Jul 14, 2020