×
×

Search in Mata Mata Musik

James Hetfield (Metallica) Ungkapkan Apresiasinya Kepada Lady Gaga

Posted on: 08/16/20 at 6:00 am

James Hetfield (Metallica) Ungkapkan Apresiasinya Kepada Lady Gaga
James Hetfield dan Lady Gaga berbagi mikrofon setelah insiden Grammy 2017.

Dua dedengkot Metallica, James Hetfield dan Lars Ulrich mengenang kolaborasi mereka dengan popstar Lady Gaga di panggung seremoni Grammy Awards 2017.

Baca juga: 20 Lagu Terbaik Metallica Sepanjang Masa

“Gue hanya menghormatinya sebagai seorang artis,” ungkap James Hetfield saat tampil di The Howard Stern Show pada hari Rabu (12 Agustus) lalu. “Doi ada di sana (ruang latihan) selama dua jam bahkan sebelum kami sampai di sana, melatih gerakannya dan memikirkan banyak hal. Doi sangat kreatif dan merupakan artis yang nggak kenal rasa takut”.

Lars Ulrich kemudian menambahkan: “Lady Gaga, khususnya nih, doi suka banget musik metal. Doi pernah ngomong ke gue bahwa ‘Metal Militia’, salah satu lagu dari album pertama kami Kill ‘Em All, dulu adalah lagu favoritnya”.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa performa Metallica bersama Lady Gaga di seremoni tahunan ke-59 Grammy Awards di Los Angeles mengalami kekacauan ketika kru tata suara Grammy nggak menyalakan mikrofon James Hetfield, memaksanya untuk berbagi mikrofon dengan Lady Gaga setelah bagian verse dan chorus pertama dari lagu ‘Moth Into Flame’.

Baca juga: James Hetfield Tampil Menggelitik di Kumpulan Foto Lama Metallica

Selain kesalahan teknis di panggung itu, hal menyebalkan lainnya adalah ketika sang presenter Laverne Cox bahkan nggak memperkenalkan nama Metallica di awal performa mereka, hanya nama Lady Gaga saja yang disebutkan. Di akhir lagu, James Hetfield terlihat marah dengan melemparkan gitarnya ke arah anggota kru sambil menendang penyangga mikrofonnya. “Ah bangsat!” mungkin umpat James saat itu.

James Hetfield kemudian memberi tahu New York Post tentang insiden kesalahan teknis mikrofon itu: “Gue merasa malu. Gue sudah lama nggak marah. Ketika sesuatu di luar kendali gue hasilnya nggak beres, gue masih gampang kesal. Gue yakin itu ada hubungannya dengan hal-hal lain dari masa lalu gue, tetapi gue merasa nggak berdaya. Itu akhirnya menjadi suatu keberkahan karena gue akhirnya bernyanyi satu mikrofon dengan Lady Gaga, bahkan mungkin lebih dari yang doi harapkan. Rasanya lebih seperti kolaborasi yang nyata karena itu”.

James Hetfield mengatakan kepada surat kabar La Tercera dari Chili bahwa dia nggak tertarik untuk berkolaborasi dengan Lady Gaga lagi atau artis pop lainnya dalam kapasitas tertentu. Tapi, dia juga bilang, “Bahkan dengan hanya berbicara dengannya, bisa hadir di dekatnya, energinya sangat, sangat luar biasa. Doi punya banyak ide, dan doi suka melakukan banyak terobosan seperti yang kita suka lakukan. Jadi itu sangat cocok”.

Nggak lama setelah ajang Grammy Awards 2017, Lars Ulrich memberi tahu Rolling Stone bahwa Lady Gaga adalah “anggota kelima yang sempurna bagi (Metallica),” dengan mengatakan, “Suaranya, sikapnya, pandangannya tentang segala hal sangat mengagumkan. (Performanya) terasa sangat mudah dan organik dan doi benar-benar memiliki semangat hard rock dan metal yang mengalir melalui nadi-nadinya. Ini sangat mudah baginya. Nggak ada yang dibuat-buat; doi benar-benar memiliki energi yang super hangat dan simpel”.

Metallica menerima nominasi di Grammy Awards pada tahun 2017 untuk kategori Best Rock Song dengan lagu ‘Hardwired’ dari album terbarunya, Hardwired… To Self-Destruct, tetapi kalah saing dengan lagu ‘Blackstar’ ciptaan almarhum David Bowie. Nggak apa-apa lah.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Asisten Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Amanda Casea

    Amanda Casea Keluar Dari Zona Nyaman Via Single 'Mengapa Patah Hati'

    Amanda Casea menunjukkan bentuk hasil usahanya untuk keluar dari zona nyamannya dengan merilis single keempatnya, 'Mengapa Patah Hati'. Dan single ini menj

    on Oct 18, 2021
    Monica Tania

    Monica Tania Ungkap Pengalaman Toxic Relationship Via Single 'Maaf'

    Monica Tania, penyanyi muda berbakat kelahiran Medan ini kembali untuk melepas karya baru. Setelah merilis empat single di tahun ini, cewek yang pernah ber

    on Oct 18, 2021