×
×

Search in Mata Mata Musik

Janda Alm. Chris Cornell Menegaskan Album Final Soundgarden Akan Dirilis!

Posted on: 12/16/20 at 10:00 am

Janda Alm. Chris Cornell Menegaskan Album Final Soundgarden Akan Dirilis
Soundgarden. (Foto: Michael Lavine).

Jandanya Chris Cornell, Vicky Cornell telah menyatakan bahwa semua musik almarhum suami dan vokalis Soundgarden itu yang belum pernah dirilis, termasuk lagu-lagu Soundgarden yang digarap Chris sebelum kematiannya, akan menemukan titik terangnya setelah melalui perjalanan yang gelap dan berliku. Vicky membuat pernyataan yang penuh percaya diri walaupun hak atas lagu Soundgarden yang belum dirilis telah menjadi subyek sengketa hukum antara Vicky dan tiga member band grunge legendaris ini yang masih hidup, yakni Kim Thayil (gitar), Ben Shepherd (bass) dan Matt Cameron (dram).

Baca juga: Kim Thayil: Banyak Hal “Omong Kosong” Dari Konser Tribute Untuk Chris Cornell

Album baru Chris Cornell, No One Sings Like You Anymore, yang bermuatan 10 lagu cover ini dirilis pada 11 Desember 2020 oleh Universal Music tanpa sepengetahuan pewaris almarhum. Album solo kelima sekaligus final Chris Cornell tersebut muncul secara mengejutkan.

Dalam sesi interview, Vicky Cornell ditanya oleh USA Today apakah akan ada lebih banyak musik Chris Cornell yang dirilis secara anumerta?
“Iya. Semua musik Chris, termasuk Soundgarden, akan menemukan titik terangnya karena nggak ada di dunia ini yang paling menyenangkan aku selain berbagi hadiah dari Chris, meminta orang-orang menyebutkan namanya, dan mendengarkan musiknya,” jawab Vicky. “Dia hidup seperti itu dan warisannya terus hidup. Jadi itu yang paling penting bagi aku, melihat betapa orang-orang mencintainya, merindukannya, menghormatinya, dan betapa kami menginginkan lebih banyak musiknya di luar sana. Jadi semuanya akan dirilis”.

Namun, nampaknya member Soundgarden yang masih hidup ingin memiliki suara juga dalam hal ini, mengingat hak atas lagu-lagu band yang belum dirilis merupakan inti dari sengketa hukum yang nggak menyenangkan bagi kedua belah pihak, yakni para member band yang masih hidup dan Vicky.

Kembali pada bulan Mei lalu, para member band membalas Vicky Cornell dengan menuduh bahwa doi menggunakan dana dari konser amal 2019 untuk “tujuan pribadinya”, dan doi juga telah mengambil alih akun media sosial bandnya tanpa izin. Mereka juga membantah klaimnya terhadap hak atas lagu-lagu yang belum dirilis yang mereka bilang ditujukan untuk album baru Soundgarden.

Gugatan itu muncul setelah Vicky menggugat Soundgarden, menuduh band tersebut secara palsu mengklaim kepemilikan tujuh lagu yang belum dirilis. Band, bagaimanapun, berpendapat bahwa Vicky mengetahui bahwa trek vokal Chris direkam untuk album baru Soundgarden, bukan proyek solonya. Mereka mengklaim bahwa gugatan aslinya memiliki “tujuan sebenarnya untuk memeras Soundgarden agar mengakui hak yang secara hukum nggak doi miliki, dan memaksa Soundgarden untuk mendistribusikan dana Soundgarden kepada doi sebelum waktunya”.

Mengenai album solo baru Chris Cornell, No One Sings Like You Anymore, yang dirilis Jum’at lalu, Vicky mengatakan bahwa album dan 10 pilihan lagu Chris di album tersebut mencerminkan bahwa sang vokalis nggak mengalami depresi pada saat rekamannya.

“Banyak orang mengira Chris menderita depresi,” ujar Vicky menjelaskan. “Dia nggak kok, dan album ini mengilustrasikan itu …Chris adalah orang yang sangat bahagia: seorang ayah dan suami, dan bahagia dengan hidupnya. Menurutku banyak dari lagu-lagu ini, meskipun, beresonansi dengannya secara berbeda”.

Doi lanjut menambahkan, “Sebenarnya, Chris nggak terlalu gelap. Dia memiliki masa kecil yang penuh gejolak, yang dia bicarakan, dan dia mengalami banyak hal dalam hidupnya, tetapi selalu ada harapan dan cahaya”.

Chris Cornell meninggal secara tragis pada Mei 2017. Kematiannya secara resmi diungkapkan karena bunuh diri dengan cara gantung diri.

Baca juga: Tepat di HUT-nya, Versi Alm Chris Cornell Lagu ‘Patience’ Guns N’ Roses Dirilis

Lo bisa dengarkan album Chris Cornell No One Sings Like You Anymore di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Pearl Jam

    Pearl Jam Beri Ancaman Ke Band Tribute Pearl Jam Asal Inggris Supaya G...

    Pearl Jamm, band tribute to Pearl Jam asal Inggris. (Foto: Facebook/Legal Jam). Band tribute Pearl Jam asal Inggris, Pearl Jamm telah mengubah namanya menja

    on Jan 21, 2021
    Alice in Chains

    Alice In Chains Diberi Tribute Oleh Metallica, Korn, Eddie Vedder Di A...

    Pada Selasa (1 Desember) malam lalu, Alice in Chains mendapatkan penghargaan sebagai penerima Founders Award 2020 dari Museum of Pop Culture (MoPop). Ba

    on Dec 7, 2020
    Pearl Jam MTV Unplugged

    Performa Konser Akustik Pearl Jam 'MTV Unplugged 1992' Yang Ikonik

    Suatu fakta yang menyenangkan sekaligus menenangkan bagi para fans bahwa hampir semua dedengkot band grunge legendaris memiliki pengalaman dalam sesi konse

    on Oct 29, 2020
    Che Cupumanik dan Robi Navicula

    Che Cupumanik & Robi Navicula Rilis 'Jiwa Yang Berani' Untuk Rock Memb...

    Robi (Navicula) dan Che (Cupumanik). Pada saat menjelang proses perilisan buku Rock Memberontak, sekitar tahun 2015. Vokalis Cupumanik, Che mengusulkan ide

    on Oct 27, 2020