×
×

Search in Mata Mata Musik

Japanese Breakfast “Jubilee” Dirilis! Album Semangat Michelle Zauner

Posted on: 06/4/21 at 4:00 pm

Japanese Breakfast "Jubilee" Telah Rilis! Album Semangat Michelle Zauner
Michelle Zauner a.k.a Japanese Breakfast (Foto: Pete Ash Lee / Ilustrasi: Steven Fiche).

Japanese Breakfast akhirnya merilis album barunya yang nuansanya agak bersemangat, Jubilee. Ini adalah album studio ketiga Michelle Zauner di bawah moniker Japanese Breakfast. Lanjutan dari album Psychopomp (2016) dan Soft Sounds from Another Planet (2017). Pada dua album sebelumnya, Zauner membahas duka cita dan kesedihan yang dirasakan Zauner setelah kematian ibunya karena kanker. Sedangkan Jubilee malah sebaliknya. Di sini Zauner seperti merayakan berlalunya waktu dan bagian kebahagiaan lain yang doi temukan sejak saat itu.

Baca juga: CHVRCHES Lepas Single Dari Album Baru Fitur Robert Smith (The Cure)

Secara musikal, perasaan bahagia itu diterjemahkan ke dalam sejumlah lagu yang agak funky di Jubilee. Seperti single utama ‘Be Sweet’ dan ‘Savage Good Boy’ yang cukup energik dan bersemangat. Enak buat nge-dance.

Kecuali lagu lain dari album yang doi keluarkan awal tahun ini, ‘Posing in Bondage’, banyak diisi dengan permainan synth sayup-sayup yang terdengar muram. Video musiknya pun bukan visualisasi yang menyenangkan, agak aneh. Lo lihat sendiri saja di bawah ini.

Album digitalnya telah dirilis, namun album fisik Jubilee masih dalam tahap pre-order yang saat ini sedang berlangsung. Termasuk vinyl dengan berbagai macam warna.

Japanese Breakfast: Jubilee dan Crying in H Mart

Awal tahun ini, Michelle Zauner mengumumkan buku memoar perdananya, Crying in H Mart. Dan doi juga berrencana untuk menjalankan tur Japanese Breakfast yang ekstensif di musim gugur nanti.

Jubilee awalnya akan dirilis musim panas lalu, musisi dan penulis berdarah Korea-Amerika lantas memutuskan untuk menunda album tersebut karena pandemi. Sementara Crying in H Mart mencerminkan dan memproses kesedihan setelah kehilangan ibunya karena kanker.

Baca juga: Penampilan Manis dari Michelle Zauner dan Japanese Breakfast

Dengan dirilisnya Crying in H Mart pada 20 April dan Jubilee pada awal Juni, mungkin kita akan berpikir Zauner membutuhkan waktu istirahat yang lama. Kenyataannya enggak begitu, men. Bulan depan, doi akan memulai tur Amerika Utara yang telah lama ditunggu-tunggu dengan lebih dari 40 konser. Wah! Serius nih? Mungkin di beberapa negara bagian tertentu yang sudah enggak diberlakukan pembatasan sosial dan protokol kesehatan ketat.

Japanese Breakfast - Jubilee

Jubilee Tracklist:
01. Paprika
02. Be Sweet
03. Kokomo, IN
04. Slide Tackle
05. Posing in Bondage
06. Sit
07. Savage Good Boy
08. In Hell
09. Tactics
10. Posing for Cars

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    MMM Playlist

    MMM Playlist Juni 2021 #1: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Juni 2021 minggu pertama untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun waktu

    on Jun 7, 2021
    Japanese Breakfast

    Penampilan Manis dari Michelle Zauner dan Japanese Breakfast

    Konser helatan tiga kolektif Studiorama, Noisewhore, dan Pesona Experience ini sukses memberi pertunjukan maksimal. Baca Juga: Japanese Breakfast Rilis Sing

    on May 18, 2019
    Japanese Breakfast

    Japanese Breakfast Rilis Single Baru

    "Essentially" direkam di Bali, ini menjadi single pertama dari dua single terbaru Zauner yang akan dia rilis dalam waktu dekat. Awal bulan ini, Japanese Bre

    on Apr 26, 2019
    Japanese Breakfast

    Japanese Breakfast Umumkan Tur Asia!

    Musisi bernama asli Michelle Zauner ini akan menyapa para penggemarnya di tujuh kota di Asia pada bulan Mei mendatang. Oleh: Surej Singh (Bandwagon Asia)

    on Feb 8, 2019