×
×

Search in Mata Mata Musik

Jason Newsted Akui “Marah” Suara Bass Di Rekaman “Justice…” Hilang

Posted on: 08/29/21 at 10:00 am

Jason Newsted Akui Marah Suara Bass Di Rekaman "Justice..." Dihilangkan
Metallica di era bersama Jason Newsted (Foto: Paul Natkin/WireImage).

Jason Newsted telah mengakui bahwa sebenarnya doi “marah” setelah doi pertama kali mendengar album Metallica tahun 1988, …And Justice for All. Rekaman album ini terkenal karena volume bass doi yang nyaris tidak terdengar hasil proses mixing-nya. Meski tetap nonjok, sound rekaman album ini terdengar terlalu high.

“Gue sangat marah!” ucap Newsted kepada The Metal Hammer Podcast dalam sesi wawancara barunya. “Apakah lo bercanda? Gue siap untuk bertindak agresif, men!”

Sang pencabik bass melanjutkan, dengan nada yang lebih serius: “Enggak, gue merasa gila, karena gue benar-benar berpikir gue melakukannya dengan baik. Dan menurut gue, gue bermain seperti yang seharusnya gue mainkan”.

Baca juga: Chuck Billy Ungkap Alasan Testament Tidak Pernah Tur Bareng Metallica

Orang-Orang Dalam Proses Mixing Rekaman Justice…

Suara bass “hantu” di …And Justice for All dinilai sebagai keputusan mixing paling kontroversial dalam sejarah metal. Kredit resmi untuk mixing di album adalah Steve Thompson dan Michael Barbiero, tetapi dua personel Metallica, Lars Ulrich dan James Hetfield sangat terlibat dalam proses tersebut.

Beberapa dari mereka menyarankan trek bass Newsted diturunkan sebagai sarana untuk mengaburkan bassis baru, yang menggantikan Cliff Burton pada 1986. Ulrich sejak itu mengakui bass yang hilang di album dalam wawancaranya dengan Decibel, tetapi membantah niat jahat yang disengaja.

Alasan Lars Ulrich dan Kirk Hammett

Sang dramer menjelaskan, “Justice… adalah pertunjukan James dan Lars dari awal hingga akhir, tetapi itu bukan, ‘Persetan dengan orang ini, ayo matikan bassnya’. Itu lebih seperti, ‘Kami sedang mixing, jadi mari kita tepuk punggung kita dan naikkan gitar ritem dan dramnya’. Tetapi pada dasarnya kami terus meningkatkan (trek instrumen) yang lainnya sampai bassnya hilang”.

Di sisi lain, gitaris Kirk Hammett bersikeras dalam wawancara tahun 2008 yang sama tersebut bahwa mixing itu adalah keputusan artistik, mengatakan nada bass Newsted berbenturan dengan frekuensi gitar ritem Hetfield dan bahwa band ini sengaja mencari sound yang kering dan punchy.

“Alasan lo enggak bisa mendengar bass dengan baik adalah karena frekuensi bass dalam tone Jason agak mengganggu tone yang James coba bidik dengan sound gitar ritemnya, dan setiap kali keduanya menyatu, itu jadi enggak bagus,” ucap Hammett menjelaskan. “Jadi satu-satunya yang tersisa untuk dilakukan adalah mengecilkan bass dalam mixing-nya. Sangat disayangkan”.

Jason Newsted Mengakui Keputusan Yang Brilian

Bahkan Newsted setuju bahwa sound di Justice… memiliki karakternya sendiri. Dan suatu fakta bahwa hal itu sangat kontroversial sekaligus sebagai bukti kecemerlangan ide pengambil keputusannya.

“Jika album Justice… telah di-mix seperti rekaman biasa, kami enggak akan membicarakannya sekarang,” ujar Newsted menyimpulkan. “…karena cara semuanya keluar, itu menjadi masalah besar yang enggak perlu, (dan) kita masih membicarakannya lagi. Menurut gue itu brilian, mereka bahkan enggak menyadari betapa hebatnya mereka dalam keadaan mabuk untuk melakukan apa yang mereka lakukan!”. Hehe, era Metallica itu memang terkenal dengan julukan “Alcohollica” seperti t-shirt yang Newsted pakai di foto artikel ini.

Baca juga: Kirk Hammett (Metallica) Resmi Menjadi Artis Endorsement Gitar Gibson

Lo bisa simak wawancara lengkap Jason Newsted dengan The Metal Hammer Podcast di bawah ini.

Lo juga bisa streaming restorasi bass buatan penggemar berjudul “…And Justice for Jason” untuk mendengarkan jika Justice… di-mix seperti rekaman biasa. Kalau menurut kami di redaksi, masih lebih enak versi bass “hantu”-nya, hehe. Kalau menurut kalian bagaimana? Tulis di kolom komentar di bawah ya!

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Metallica Blacklist

    The Metallica Blacklist: Peringkat 53 Lagu Cover Dari Terburuk Ke Terb...

    The Metallica Blacklist merupakan album kompilasi "tribute" yang paling megah dalam sejarah musik. Bagaimana tidak, mega proyek ini menampilkan 53 artis li

    on Sep 23, 2021
    Metallica

    Metallica "The Black Album" Melonjak Kembali Ke 'Top Ten' Billboard 20...

    Metallica The Black Album (Gambar: via Metallica.com). Metallica "The Black Album" alias album self-titled nomor wahid rilisan tahun 1991 mereka melonjak ke

    on Sep 21, 2021
    Jeff Becerra

    Jeff Becerra (Possessed) Bisa Kembali Berjalan Setelah 30 Tahun Lumpuh

    Jeff Becerra duduk di kursi roda (Foto: Miikka Skaffari/Getty Images). Jeff Becerra, sang frontman Possessed, yang dianggap sebagai band death metal pertama

    on Sep 20, 2021
    Irfan Sembiring

    Buku 'Memento Mori' Irfan Sembiring "Behind The 8th Ball" Telah Terbit

    Buku Behind the 8th Ball oleh Irfan Sembiring (Foto: Elevation Books). Irfan Sembiring merupakan sosok legendaris yang selama hidupnya mewariskan segudang m

    on Sep 15, 2021