×
×

Search in Mata Mata Musik

Jelang HUT Ke-28, Jin BTS Lepas Single Solo ‘Abyss’ Sebagai Ungkapan Kesedihan

Posted on: 12/4/20 at 10:30 am

Jelang HUT Ke-28, Jin BTS Lepas Single Solo 'Abyss' Sebagai Ungkapan Kesedihan
Jin BTS.

2020 telah menjadi tahun yang sangat besar bagi boyband K-pop tercinta BTS, dengan rentetan prestasi yang bertubi-tubi termasuk nominasi Grammy lagu pertama mereka dan single yang membuat sejarah baru mereka, ‘Dynamite’. Tetapi seperti yang akan dibuktikan oleh selebriti mana pun, dominasi global dapat membebani mereka secara mental dan fisik. Di situlah anggota BTS, Jin saat ini menemukan dirinya sendiri.

Baca juga: Korea Selatan Sahkan Revisi Undang-Undang Agar BTS Bisa Menunda Wajib Militer

Menjelang ulang tahunnya yang ke-28, Bangtan Boy ini telah merilis single solo baru berjudul ‘Abyss’, yang terinspirasi oleh cerminannya baru-baru ini tentang ketenaran di seluruh dunia dan #BTSARMY mereka yang setia. Jin menjelaskan di blog BTS, menulis:

“Baru-baru ini, dalam konferensi pers, aku mengatakan: Aku nggak suka berbagi perasaan sedihku dengan para penggemar. Ini karena aku hanya ingin menunjukkan hal-hal baik kepada mereka. Namun, aku merasa berbeda jika melalui musik. Aku nggak suka membagikannya melalui tindakanku sehari-hari, tapi menurutku nggak masalah untuk menunjukkannya melalui musik”.

“Sejujurnya, akhir-akhir ini aku sangat lelah, dan kupikir itu karena aku memiliki banyak pemikiran tentang diriku sendiri”.

Beberapa dari pemikiran ini melibatkan cukup banyak keraguan, khususnya apakah doi pantas mendapatkan semua kebahagiaan dan kesuksesan ini. “Aku meraih peringkat #1 di Billboard Hot 100 dan menerima ucapan selamat dari banyak orang. Bisakah aku menerima ini?” lanjut Jin. “Faktanya, ada banyak orang yang lebih menyukai musik dan melakukan lebih baik daripada aku, tetapi apakah aku boleh menerima kegembiraan dan perayaan ini?”

Silakan streaming lagu ‘Abyss’ di bawah ini, yang ditulis bareng-bareng oleh Jin dan sesama anggota BTS, RM.

Baca juga: Berkat Lagu ‘Moon’, Jin (BTS) Cetak Rekor Dunia Baru Di Chart iTunes

Silakan baca entri blog lengkap Jin kemarin, 3 Desember setelah diterjemahkan oleh Bandwagon ke bahasa Inggris dan kemudian kami terjemahkan ke Bahasa:

Jin secara resmi menginjak usia 28 tahun besok, 4 Desember. Berkat Undang-Undang Korea baru, BTS nggak harus memenuhi wajib militer mereka di Korea Selatan sampai usia 30 tahun.

BTS baru-baru ini membagikan album baru BE, album kedua mereka yang dirilis tahun ini dan mencapai No. 1 di tangga lagu di berbagai negara. Sedangkan di tahun yang sama, Map of the Soul: 7, dirilis pada bulan Februari.

Halo, ini Jin.

Belum lama ini, saat konferensi pers, aku mengatakan ini.

“Aku nggak ingin berbagi perasaan sedihku dengan penggemarku. Karena aku hanya ingin menunjukkan hal-hal yang baik.

Tetapi jika itu musik, ceritanya berbeda. Aku biasanya nggak ingin membagikannya dengan tindakanku, tapi menurutku nggak masalah untuk menunjukkannya dengan musik.

Faktanya, ada kelelahan besar baru-baru ini, tapi aku pikir itu karena aku memiliki banyak pemikiran tentang diriku sendiri.

Aku meraih peringkat #1 di Billboard Hot 100 dan menerima ucapan selamat dari banyak orang. Bisakah aku menerima ini?

Faktanya, ada banyak orang yang lebih menyukai musik dan melakukan lebih baik daripada aku, tetapi apakah aku boleh menerima kegembiraan dan perayaan ini?

Saat aku melangkah lebih dalam, rasanya aku ingin meletakkan semuanya karena itu sulit.

Setelah menerima konseling tentang hal ini, aku berbicara dengan Bang Pidi-nim, dan dia bilang, “Apakah kamu ingin menuliskan perasaan ini dalam sebuah lagu?”

Bagaimana jika aku nggak memiliki kepercayaan diri untuk membuatnya dengan baik dan hasilnya nggak bagus, aku sudah sampai pada posisi yang seharusnya nggak dilakukan.

Nggak jadi soal Bang Pidi. Tetapi jika kamu melakukannya, kamu pasti akan melakukannya dengan baik, dan dia bilang dia akan menemukan orang yang tepat untuk kamu.

Begitulah cara aku bertemu dengan komposer, Gye Beom-juhyeong, dan sekarang aku berbicara tentang perasaanku dan banyak hal.

Dia adalah orang yang cerdas dan positif. Kakakku mengatakan bahwa dia ingin membantuku, dan dia mencerahkan aku lagi dengan kekuatan positif yang mengatakan, ‘Mari kita tulis tentang banyak kecemasan ~ Jika nggak berhasil, kamu dapat mencoba lagi.’

Setelah membicarakan begitu banyak hal, aku membuat perasaanku langsung pada tempatnya, dan aku menulis cerita yang ingin aku lakukan dengan ini, dan ‘Abyss’ selesai. Aku ingin mengucapkan terima kasih lagi kepada Gye Beom-ju.

Ini adalah lagu yang agak menyedihkan karena nggak cocok untuk ulang tahun kamu, tapi menurutku akan menjadi ambigu kecuali jika itu adalah ulang tahun, jadi ‘Abyss’ dirilis.

ARMY, tolong dengarkan baik-baik bahkan jika kamu kurang.

ps. Terima kasih, pemimpin kami, karena telah menulis lirik bagian refrein.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Lagu K-pop

20 Lagu K-Pop 'Underrated' Yang Mesti Lo Dengar Dari Tahun 2020

Mengucapkan selamat tinggal kepada tahun 2020 tuh berasa lega yah, lo pasti merasakannya juga, ya bagaimana nggak, hampir di sepanjang tahun lalu kita dibi

on Jan 7, 2021
BTS ARMY

Big Hit Menjawab Kebingungan BTS ARMY Pada Video Iklan Coca Cola Indon...

Baru-baru ini muncul video iklan baru Coca Cola di akun media sosial Coca Cola Indonesia yang bikin heboh para penggemar BTS alias BTS ARMY. Coba lo dengar

on Jan 5, 2021
Grup K-pop Paling Populer

30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Desembe...

30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

on Dec 29, 2020
Anggota Boyband K-Pop

Inilah Urutan Peringkat Reputasi Brand Anggota Boyband K-Pop Bulan Des...

Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Desember 2020. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

on Dec 28, 2020