×
×

Search in Mata Mata Musik

Jengah Dengan Industri Musik, Marko Hietala Hengkang Dari Nightwish

Posted on: 01/12/21 at 10:30 am

Jengah Dengan Industri Musik, Marko Hietala Hengkang Dari Nightwish
Nightwish circa 2020. (Foto: dok. Nuclear Blast).

Bassis yang sudah lama berpetualang dalam dunia heavy metal bersama Nightwish, Marko Hietala telah resmi mengundurkan diri dari band symphonic metal itu. Marko mulai bergabung dengan raksasa metal kebangsaan Finlandia itu pada 2001. Berita itu disampaikan langsung dari Marko saat mengeluarkan pernyataan yang sangat personal mengenai kepergiannya melalui media sosial, salah satunya mengutuk industri musik. Di antara keluhannya, Marko mengutip “perusahaan streaming besar yang menuntut karya (dari jam 9 ke jam 5, baca = sebagai rutinitas yang membosankan) dari artis yang menjadi inspirasi sambil berbagi keuntungan secara tidak adil”.

Baca juga: Album Baru Nightwish Berupa Dobel Album, Cek Di Sini Untuk Detailnya!

Nightwish telah lama dikenal sebagai band symphonic metal garda terdepan dunia, dan album tahun 2004 mereka, Once, tetap menjadi salah satu rilisan paling sukses alias “best seller” Nuclear Blast Records setelah menduduki puncak tangga lagu di banyak negara.

Sang bassis nggak secara tegas menyebut label rekamannya, promotor tertentu, atau rekan bandnya, namun hanya mengatakan tentang kekecewaannya secara personal dengan praktik industri sebagai salah satu alasan doi keluar. Meskipun meninggalkan Nightwish, band yang telah membesarkan namanya, doi berjanji nggak akan “pergi untuk selamanya”, dari dunia musik. Simak pernyataan panjang Marko sebagai berikut:

Orang-orang yang terhormat. Saya meninggalkan Nightwish dan kehidupan publik saya.

Selama beberapa tahun sampai sekarang saya belum bisa merasa tervalidasi oleh kehidupan ini. Kami memiliki perusahaan streaming senjata besar yang menuntut karya ‘9-ke-5’ dari artis yang menjadi inspirasi sambil membagikan keuntungan secara tidak adil. Bahkan di kalangan artis. Kami adalah republik sinting dari industri musik. Promotor tur terbesar memeras persentase bahkan dari merchandise kami sendiri sambil membayar dividen ke Timur Tengah. Rupanya beberapa teokrasi dapat mengambil uang dari musik yang akan membuat kamu dipenggal atau dipenjara di sana tanpa terlihat sebagai orang munafik. Hanya beberapa contoh di sini.

Setahun terakhir ini memaksa saya untuk tinggal di rumah dan berpikir. Dan saya mendapati diri saya sangat kecewa terhadap hal ini dan banyak hal. Saya menemukan bahwa saya membutuhkan validasi itu. Bagi saya untuk menulis, menyanyi, dan bermain, saya perlu menemukan beberapa alasan dan inspirasi baru. ‘My Walden’ bisa dikatakan begitu. Dan bahkan dalam buku saya, saya mengalami depresi kronis. Berbahaya bagi saya dan orang-orang di sekitar saya, jika saya melanjutkan. Beberapa pikiran beberapa waktu lalu gelap. Jangan khawatir, saya baik-baik saja. Saya memiliki dua putra saya, seorang istri, seluruh keluarga, teman, seekor anjing dan banyak cinta.

Dan saya tidak berpikir bahwa saya akan pergi selamanya.

Konspirasi adalah kata hari ini. Untuk orang-orang yang menyukai mereka, saya perlu mengatakan bahwa ulang tahun saya yang ke-55 adalah tanggal 14 Januari dan saya pasti telah menghabiskan waktu saya untuk saat ini. Menyalahkan, misalnya Tuomas (Holopainen, kibordis dan penulis lagu utama Nightwish -Ed.) adalah penghinaan bagi dia dan pemikiran bebas saya. Ini juga merupakan hal yang sangat menyedihkan bagi kita semua. Tolong hati-hati. Tapi tentu saja sekarang kita akan tahu, jika beberapa pergi ke sana dengan sengaja.

Ada beberapa hal yang disepakati yang akan saya lakukan pada 2021. Jika tidak, saya dengan hormat dan dengan penuh hormat meminta media, band, proyek artis, proyek, dll, untuk tidak meminta apa pun kepada saya hingga tahun depan. Saya memiliki beberapa hal yang harus dilakukan kembali. Saya berharap bisa memberi tahu kalian tentang hal itu pada tahun 2022. Tapi ini bukan janji.

Saya sangat meminta maaf tentang hal ini.

P.S .: Tony Iommi adalah pengecualian untuk ‘tidak ada kontak apa pun’. Pahlawan masa kecil lebih diutamakan.

Keputusan Marko tampaknya telah membuat rekan bandnya lengah, karena pengunduran dirinya menggoyahkan rencana 2021 untuk Nightwish. Seorang bassis sementara kemungkinan akan menggantikan Marko untuk tur mendatang dalam rangka mendukung album teranyar mereka, Human 2020. : II: Nature. Anggota band yang tersisa mengeluarkan pernyataan bersama sebagai tanggapan hengkangnya Marko:

Pengunduran diri Marko telah membuat kami memiliki beberapa keputusan dan pilihan sulit yang harus diambil. Setelah banyak pemikiran dan pertimbangan, kami, dalam saling pengertian, memutuskan untuk menggelar tur dunia Human. : II: Nature. sesuai rencana, tetapi dengan bassis sementara. Formasi live akan diumumkan di kemudian hari. Kami menghormati keputusan Marko dan mendoakan yang terbaik untuknya. Kami tidak akan berkomentar lebih jauh.

Saat industri musik terhuyung-huyung karena dihajar selama pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung, muncul pertanyaan: Akankah musisi metal lainnya akan mengikuti jejak Marko Hietala saat tekanan industri meningkat? Semoga tidak.

Baca juga: MataMata Musik: Top 20 Album Hard Rock & Heavy Metal Terbaik Tahun 2020

Sebagai penggemar Nightwish, kepergian Marko tentu cukup menyentak perasaan kita. Peran Marko melalui alunan vokal khas dan kontribusi musikalnya menjadi salah satu keajaiban band ini. Mari kita simak video musik, ‘Noise’ yang diambil dari album final Marko bersama Nightwish, Human. : II: Nature.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021