×
×

Search in Mata Mata Musik

Jerry Cantrell (Alice In Chains) Rilis MV ‘Atone’ Dari Album Solo Barunya

Posted on: 07/30/21 at 10:00 am

Jerry Cantrell (Alice In Chains) Rilis MV 'Atone' Sebagai Preview Album Solo Barunya
Jerry Cantrell (Foto: via YouTube).

Jerry Cantrell, gitaris Alice in Chains, telah mengumumkan album solo pertamanya dalam 19 tahun. Rocker legendaris ini akan merilis album yang berjudul Brighten tersebut pada 29 Oktober 2021 mendatang. MV (Music Video) single pertamanya, ‘Atone’ telah dirilis sebagai preview albumnya.

Baca juga: Dream Theater Umumkan Album Baru dan Jadwal Tur 2021 Di AS

Cantrell menayangkan MV single tersebut secara perdana melalui Rolling Stone. Doi menggambarkan lagu tersebut dengan mengatakan: “Sebagai penggemar film scoring Ennio Morricone dan film Sergio Leone, ada sedikit atmosfer penjahat, dengan ketukan psiko hillbilly yang keren. Sudah menendang-nendang di kepala gue selama lebih dari 20 tahun, menghantui gue. Terkadang butuh beberapa saat untuk sebuah ide bagus untuk menemukan bentuk terbaiknya. Begitulah halnya dengan ‘Atone’”.

Album baru ini menampilkan para musisi pendukung yang keren dan beken. Mereka adalah Greg Puciato (The Dillinger Escape Plan), Duff McKagan (Guns N’ Roses), Gil Sharone (Team Sleep), Abe Laboriel Jr. (Paul McCartney), Tyler Bates, Michael Rozon, Vincent Jones, Jordan Lewis, Lola Bates, dan Matias Ambrogi-Torres.

“Itu seperti rekaman old school tahun 1970-an di mana banyak musisi bermain,” kata Cantrell tentang karya kolaboratifnya. “Jadi ini bukan grup band. Gue harus membuat musik dengan sekelompok orang yang belum pernah gue miliki sebelumnya, dan bersama dengan teman-teman seperti Duff, Tyler, dan Gil, yang pernah bekerja dengan gue sebelumnya”.

MV ‘Atone’ dimulai dengan Cantrell tampil sendirian di padang pasir. Tetapi beberapa menit kemudian, kita melihat Puciato memberikan vokal latar, McKagan bermain bass, dan Sharone di belakang perangkat dram.

Jerry Cantrell Brighten

Album bermuatan sembilan lagu ini diakhiri dengan lagu cover ‘Goodbye’ milik Elton John, di mana doi menerima restu dari ikon musik Inggris tersebut. “Untuk menghormati Elton, gue enggak akan memasukkannya kecuali dia mengatakan itu baik-baik saja. Dia bermain piano di (Alice in Chains) ‘Black Gives Way to Blue’, yang gue tulis untuk Layne (Staley, almarhum vokalis Alice in Chains -Ed), jadi gue menghubungi Elton, dia mendengarkannya, dan memberi tahu gue ‘Kamu harus benar-benar menggunakannya’. Gue mendapat persetujuan dari orang itu sendiri. Gue enggak bisa memikirkan cara yang lebih baik untuk menutup album ini!” ungkap Cantrell kepada Rolling Stone.

Jerry Cantrell - brighten album cover

Brighten Tracklist:
01. Atone
02. Brighten
03. Prism of Doubt
04. Black Hearts and Evil Done
05. Siren Song
06. Had To Know
07. Nobody Breaks You
08. Dismembered
09. Goodbye (Elton John cover)

Brighten merupakan lanjutan dari album solo Cantrell, Degradation Trip, yang dirilis pada Juni 2002, dan dirilis sekali lagi sebagai versi double album (volume 1 dan 2) yang diperluas pada November tahun itu. Sementara album terakhirnya bersama Alice in Chains adalah Rainier Fog tahun 2018.

Baca juga: Dave Mustaine Kasih Bocoran Album Baru Megadeth, Judul & Lagunya

Album baru ini diproduseri bareng oleh Jerry Cantrell, Tyler Bates, dan Paul Fig. Ok selamat menyimak MV ‘Atone’, bray!

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Eddie Van Halen

    Plakat Memorial Eddie Van Halen Diresmikan Oleh Warga Kota Pasadena

    Upacara Peresmian Plakat Memorial Eddie Van Halen (Foto: Sarah Reingewirtz/MediaNews Group/Los Angeles Daily News via Getty Images). Eddie Van Halen dan ban

    on Oct 12, 2021
    Album Klasik

    32 Album Klasik & Esensial Yang Berulang Tahun Di Bulan September

    Album Klasik & Esensial. Yup, usia album-album ini memang sudah cukup dewasa, bahkan tua alias lawas! Usianya dihitung sejak tanggal dirilisnya sebuah

    on Sep 28, 2021
    Nirvana

    30 Tahun Lalu Nirvana Muntahkan "Nevermind" Sebagai 'Game-Changer'

    Nirvana sampul album Nevermind pada tahun 1991 (Foto: Paul Bergen/Redferns). Nirvana Nevermind termasuk dalam deretan album yang telah memainkan peran utama

    on Sep 27, 2021