×
×

Search in Mata Mata Musik

Jim Steinman, Produser & Penulis Lagu Celine Dion & Meat Loaf Wafat

Posted on: 04/21/21 at 12:00 pm

Jim Steinman, Produser & Penulis Lagu Celine Dion & Meat Loaf Wafat
Jim Steinman. (Foto: via Wikipedia).

Jim Steinman. Rocker gaek sekaligus pencipta lagu terkenal ini meninggal dunia. Dilansir dari Rolling Stone, beliau mengembuskan napas terakhir pada hari Senin, 19 April 2021 lalu di usia 73 tahun.

Baca juga: Phil Spector, Produser Rekaman Legendaris Inventor “Wall of Sound” Tutup Usia

Media musik kampiun ini mengonfirmasi kematian penulis lagu langganannya artis top seperti Celine Dion dan Meat Loaf ini dari kepala pemeriksaan medis di Connecticut, Amerika Serikat. Namun penyebab kematiannya tidak diungkap.

Kabar kematian Jim Steinman juga diungkap dalam laman Facebook-nya.

“Dengan hati yang berat, saya mengonfirmasi meninggalnya Jim. Ada banyak yang bisa dikatakan dalam waktu ke depan saat kami bersiap untuk menggelar acara penghormatan untuk manusia hebat dengan warisan menakjubkan ini. Untuk sekarang, lakukan hal yang membuatmu bahagia, muda, dan bebas. Ia menginginkan ini untuk kalian!” tulis pernyataan ini.

Jim Steinman Sang Maestro

Penulis lagu dan produser legendaris ini terkenal karena karyanya pada album debut Meat Loaf yang sukses pada 1977 Bat Out of Hell dan sekuelnya pada 1993 Bat Out of Hell II: Back into Hell. Di album yang disebut terakhir, Steinman menulis lagu hit Meat Loaf ‘I’d Do Anything for Love (But I Won’t Do That)’. Namun, penduduk asli New York ini juga menciptakan lagu-lagu terkenal seperti Bonnie Tyler ‘Total Eclipse of the Heart’, Air Supply ‘Making Love Out of Nothing at All’, Barry Manilow ‘Read ‘Em and Weep’, Sisters of Mercy ‘This Corrosion’, Celine Dion ‘It’s Coming Back to Me Now’, dan masih banyak lainnya.

Steinman lahir di New York City pada tahun 1947 dan lulus dari George W. Hewlett High School pada tahun 1965. Beliau meraih gelar sarjana di Amherst College di Massachusetts. Selama di sana, beliau menyumbangkan musik dan memproduseri artis-artis seperti Bertolt Brecht dan Michael McClure. Dan beliau bahkan menulis musiknya sendiri berjudul ‘The Dream Engine’.

Pada awal tahun 1970-an, Steinman mengerjakan berbagai produksi teater yang mencakup drama musikal tahun 1973 berjudul ‘More Than You Deserve’, yang dibintangi oleh seorang pemuda bernama Marvin Lee Aday, atau dikenal sebagai Meat Loaf. Beberapa tahun kemudian, beliau mendapatkan terobosan besar dalam mengaransemen materi album Meat Loaf Bat Out of Hell, yang tetap menjadi salah satu album terlaris sepanjang masa.

Hits Maker

Dari sana, Steinman menulis dan menghasilkan hits besar-besaran untuk semua artis yang disebutkan di atas. Selain itu juga melanjutkan karier yang sukses sebagai komposer untuk musikal seperti produksi 1996 Andrew Lloyd Webber ‘Whistle Down the Wind’ dan remake musikal 1997 dari Roman Polanski ‘The Fearless Vampire Killers’ berjudul ‘Dance of the Vampires’. Pada 2017, adaptasi musik Steinman dari Bat Out of Hell ditayangkan perdana di Manchester Opera House.

Baca juga: LG Petrov (Entombed A.D.), Vokalis Death Metal Legendaris Tutup Usia

Steinman juga dikenal karena karyanya dengan Def Leppard, Barbra Streisand, dan Billy Squier, menjadikannya salah satu produser-penulis lagu paling ikonik di akhir abad ke-20.

Beristirahatlah dengan damai, Jim Steinman. Karya-karyamu abadi.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Musisi Terkaya Tahun 2020

    40 Urutan Peringkat Musisi Terkaya Tahun 2020 Versi Billboard AS

    Billboard kembali dengan daftar tahunan Money Makers alias "Pencetak Uang" yang terdiri dari 40 artis musisi terkaya tahun 2020. Uang yang diraih dari berb

    on Jul 21, 2021
    Bob Kulick

    Bob Kulick, Gitaris Rock Penulis Lagu KISS dan Kartun Spongebob, Tutup...

    Bob Kulick. (Foto: Julie Bergonz). Gitaris Bob Kulick, yang sering merekam lagu dan melakukan tur dengan artis-artis besar seperti KISS, Meat Loaf dan Lou R

    on May 30, 2020
    Celine Dion

    Celine Dion Tunda Konser Di 2 Kota Karena Flu dan Tes Virus Corona

    Celine Dion sakit flu dan sempat jalani tes virus Corona. (Foto: Instagram.com/@celinedion). Celine Dion putuskan menunda dua jadwal konser di Washington D.

    on Mar 12, 2020
    Celine Dion

    Celine Dion Nyanyikan Ulang Lagu 'Wicked Game' Dengan Chris Is...

    Celine Dion. (Foto: Instagram.com/@celinedion). Celine Dion baru saja berpartisipasi di Spotify dengan merilis singel. Dia mempersembahkan versi baru dari s

    on Feb 27, 2020