×
×

Search in Mata Mata Musik

Joe Strummer (The Clash) Dihormati Fender Dengan 2 Gitar Signature

Posted on: 04/2/21 at 10:00 am

Joe Strummer (The Clash) Dihormati Fender Dengan 2 Gitar Signature
Joe Strummer (Lex van Rossen MAI Redferns, courtesy of Fender) / Joe Strummer Guitars (via Fender).

Perusahaan gitar Fender memberikan penghormatan kepada salah satu musisi rock terbesar dan terpenting, Joe Strummer. Dengan memproduksi sepasang gitar signature baru yang bertuliskan nama mendiang pentolan legenda punk rock Inggris The Clash yang ikonik tersebut. Masing-masing bernama The Joe Strummer Campfire dan Joe Strummer Esquire. Dua seri gitar ini tersedia mulai 30 Maret.

Baca juga: Umumkan Kemitraan Dengan Dave Mustaine, Gibson Bagikan Foto Prototipe Gitarnya

“Gitar Fender Joe (Strummer) adalah bagian besar dari hidupnya dan, tentu saja, musiknya,” kata janda Strummer, Lucinda Tait. “Sekarang adalah waktu yang tepat untuk berkolaborasi dengan Fender pada gitar tribute ini. Karena kami mengambil waktu sejenak untuk merenungkan semua pencapaian Joe dan musiknya. Joe akan sangat bangga dengan mereka. Dan senang mendengar apa yang dapat mereka lakukan di tangan pecinta musik di seluruh dunia”.

Spesifikasi Gitar Joe Strummer

Nama The Joe Strummer Campfire diambil dari nama pertunjukan api unggun yang dipelopori Strummer di Festival Glastonbury Inggris selama bertahun-tahun. Dan sekarang dilanjutkan setiap tahun di bagian Strummerville dari festival tersebut. Gitar akustik-elektrik tersebut menampilkan atasan kayu cemara yang kokoh dengan bagian belakang dan samping kayu mahoni. Headstock Fender-nya dapat dimiringkan, dan label lubang suara khusus dengan logo Campfire dan inlay bintang.

Sedangkan Joe Strummer Esquire adalah “reinkarnasi setia” dari gitar listrik utama yang digunakan sang vokalis-gitaris The Clash era London Calling dan Combat Rock. Gitar ini dibuat dengan cermat oleh Perakit Ahli di Fender Custom Shop, Jason Smith. Dan menampilkan “tampilan dan nuansa ‘era The Clash’. Termasuk garis balap hitam ikonik, sticker ‘Bourbon Street’ dan finishing relik khusus”. Di antara spesifikasi tersebut adalah bodi alder jahitan offset dua bagian dan pickup bridge ’55 / ’56 buatan tangan Josephina yang dihubungkan ke sakelar 3 arah dan kabel ’59 Esquire. Gitar edisi terbatas ini hanya tersedia 70 unit dan dilengkapi dengan hardcase merah muda khusus dengan stensil “Strummer” dan lapisan cetak macan tutul.

Warisan Strummer

Justin Norvell, Wakil Presiden Eksekutif di Fender, menyatakan, “Joe Strummer mengubah musik selamanya. Termasuk untuk diri saya sendiri secara pribadi dalam perjalanan musik saya sendiri. Dia terkait erat dengan Fender, jadi kami ingin menghormatinya dengan tidak hanya satu, tetapi dua gitar Artist Signature Series yang baru dan unik. Gitar akustik Campfire adalah persembahan sempurna untuk penulis lagu, penggemar Strummer, dan pemain akustik di semua level yang mencari instrumen serbaguna dengan spesifikasi unik. Sedangkan Esquire berfungsi sebagai penghargaan tertinggi untuk pemain dan gitar yang membentuk sound dari ribuan orang yang mengikuti jejaknya”.

Bersama dengan dua gitar tersebut, Fender telah merilis sederet aksesoris Joe Strummer. Termasuk kabel signature, strap vintage signature, strap signature “Know Your Rights”, dan pick bertanda tangan “Know Your Rights”.

Seri Campfire dijual dengan harga US$ 499 atau sekitar Rp 7,2 juta dan tersedia melalui pengecer resmi melalui Reverb. Sedangkan seri Esquire edisi terbatas dijual seharga US$ 15.000 atau sekitar Rp 217 juta, dan dapat dibeli melalui dealer resmi.

Gitar tersebut mengikuti rilisan yang berjudul Assembly, sebuah album kompilasi berisi 16 lagu dari karya solo Joe Strummer. Legenda punk rock ini meninggal mendadak pada usia 50 tahun pada bulan Desember 2002 karena kelainan jantung bawaan. Padahal The Clash akan dilantik ke dalam Rock & Roll Hall of Fame pada Maret 2003. Hanya beberapa bulan kemudian setelah kematiannya.

Baca juga: Fender Luncurkan Gitar “Soul Power” Signature Series Tom Morello

Lihat video demo gitar seri Campfire di bawah ini, bray supaya lo enggak penasaran lagi. Jadi apakah “Should I Stay Or Should I Buy” gitar ini?

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    10 Lagu Panduan Punk

    10 Lagu Panduan Yang Representatif Untuk Mengenal Punk Rock

    Punk rock adalah genre yang lahir dari pemberontakan dan konflik terhadap kepincangan sosial, bahkan terkadang masalah politik. Suatu medium yang menjunjun

    on Aug 21, 2021
    Mike McCready Fender

    Fender Luncurkan Gitar Stratocaster Signature Mike McCready (Pearl Jam...

    Mike McCready (Pearl Jam). (Foto: Lior Phillips / Fender Custom Shop Mike McCready Stratocaster. (Foto: Fender). Fender Custom Shop berkolaborasi dengan Mik

    on Apr 8, 2021
    Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen

    Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen Akan Dilelang Di Icons & Idols: Roc...

    Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen. Dua gitar listrik yang menjadi senjata andalan sang 'guitar god' Eddie Van Halen akan dilelang. Gitar frankenstrat Eddie

    on Oct 20, 2020
    Billie Eilish

    Fender Rilis Ukulele Seri Signature Billie Eilish, Kenapa Ukulele Ya?

    Billie Eilish memegang ukulelenya di samping anjingnya, Shark. (Foto: Matty Vogel). Setiap bintang besar dimulai dari yang kecil, dan itu lebih berlaku untu

    on Sep 9, 2020