×
×

Search in Mata Mata Musik

John ‘Ecstasy’ Fletcher, Pionir Hip Hop dan Pendiri Grup Whodini Meninggal Dunia

Posted on: 12/25/20 at 11:00 am

John 'Ecstasy' Fletcher, Pionir Hip Hop dan Pendiri Grup Whodini Meninggal Dunia
John Fletcher. (Foto: Gilbert Carrasquillo/Getty Images).

John Fletcher, salah satu pendiri grup pionir hip-hop Whodini, meninggal dunia pada usia 56 tahun. Penyebab kematian John “Ecstasy” Fletcher sejauh ini belum dipublikasikan.

Baca juga: 10 Lagu Hip Hop Baru Yang Menguasai Chart Tahun 2020 Sejauh Ini

John Fletcher adalah sosok yang menjulang tinggi dalam sejarah musik rap, yang dikenal karena gaya nge-rap bercerita yang menyenangkan dan topi Zorro yang kerap dipakainya yang flamboyan. Questlove dari The Roots adalah salah satu orang pertama yang membagikan obituari alias berita kematiannya di Instagram.

“One Love to Ecstasy of the Legendary Whodini,” tulisnya, merujuk pada lagu hit tahun 1986 grup Whodini, ‘One Love’. Questlove menambahkan, “Pria ini sangat legendaris dan anggota penting dari salah satu grup paling legendaris di hip hop. Sangat menyedihkan, men”.

John Fletcher bersama sohibnya, Jalil Hutchins mendirikan Whodini pada1982 di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Duo ini menjadi trio pada 1986 dengan tambahan DJ Drew Carter alias Grandmaster Dee. Bersama-sama mereka membangun fanbase secara nasional dengan lagu-lagu hit seperti ‘Magic’s Wand’, ‘The Haunted House of Rock’, ‘Freaks Come Out at Night’, serta satu-satunya hit Billboard Hot 100 mereka, ‘Friends’ / ‘Five Minutes of Funk’. Secara keseluruhan, Whodini mengambil pendekatan eklektik untuk hip-hop yang membuka jalan bagi new jack swing baru (genre fusi hip hop dan pop) dengan memasukkan sound R&B kontemporer ke dalam palet jazz dan funk.

Whodini merilis album terakhir mereka, Six pada 1996, meskipun mereka terus melakukan tur sesekali. Selama bertahun-tahun, mereka telah menjadi salah satu artis hip-hop yang paling banyak dijadikan sampel. Melalui WhoSampled, grup ini telah diambil sampelnya lebih dari 400 kali, termasuk di lagu ‘Real Friends’ milik Kanye West dan Ty Dolla $ ign, beberapa lagu Tupac seperti ‘Troublesome ’96’, ‘Tik Tok’ oleh Kesha, ‘Where Is the Love’ oleh Black Eyed Peas fitur Justin Timberlake, ‘Boyz-N-the-Hood’ oleh Eazy-E, ‘Gold Chains’ oleh Beck, ‘Potnas’ oleh Will Smith, serta lagu oleh J Dilla, DJ Shadow, dan banyak lagi.

Pada 2018, Whodini dianugerahi Hip-Hop Icon Award pada ajang Black Music Honors di Nashville. Dalam pidato penerimaan yang emosional, John Fletcher mengatakan, “Mereka mengatakan kepada kami bahwa mereka menganggap hip-hop ini iseng-iseng, dan bahwa kami nggak bisa menjual (tiket konser berskala) arena. Dan kami membuktikan bahwa mereka salah”. Silakan tonton video pidatonya di bawah ini.

Baca juga: Siapakah Dari ‘The Big 4’ Ini Sebagai Artis Hip Hop Terkaya Di Dunia?

Inilah beberapa video musik John Fletcher bersama Whodini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    DMX

    DMX, Rapper Legendaris New York Meninggal Dunia Di Usia 50 Tahun

    DMX (Foto: via Wikipedia). Berita duka menyelimuti kancah musik internasional terutama hip hop. Rapper legendaris New York DMX telah meninggal dunia setelah

    on Apr 10, 2021
    Lil Nas X

    Lil Nas X Didukung Gereja Setan Untuk "Satan Shoes" Yang Kontroversial

    Lil Nas X bersama Satan Shoes. (Foto: MSCHF). Sepatu Setan berisi setetes darah manusia karya Lil Nas X terus memicu reaksi keras dari tokoh-tokoh konservat

    on Mar 31, 2021
    BLXST feat. Tyga & Ty Dolla $ign

    BLXST, Tyga & Ty Dolla $ign Gelar Pesta Kampus Di Single 'Chosen'

    BLXST. (Foto: Miguel Garcia). BLXST telah meraih kesuksesan dari album perdananya, No Love Lost. Yang telah meraih lebih dari 150 juta stream dari seluruh

    on Mar 29, 2021
    10 Lagu Rap Baru Terbaik 2020.

    10 Lagu Hip Hop Baru Yang Menguasai Chart Tahun 2020 Sejauh Ini

    Meskipun tahun 2020 belum berakhir, sekarang tidak terlalu cepat juga untuk membahas 10 lagu hip hop terbaik selama tahun 2020. Banyak yang telah terjadi pada

    on Mar 16, 2021