×
×

Search in Mata Mata Musik

John Frusciante Kembali Bergabung Bersama Red Hot Chili Peppers

Posted on: 12/16/19 at 7:47 am

John Frusciante, gitaris paling favorit Red Hot Chili Peppers (foto: Musician Institute)

Red Hot Chili Peppers (RHCP) resmi mengumumkan bahwa gitaris John Frusciante telah kembali untuk kedua kalinya dengan band funk-rock legendaris ini.

Band ini menyampaikan beritanya melalui halaman Instagram mereka, dengan pesan sederhana yang menjelaskan perubahan tersebut. “Red Hot Chili Peppers mengumumkan bahwa kami telah berpisah dengan gitaris kami selama sepuluh tahun terakhir, Josh Klinghoffer,”. Josh adalah musisi atraktif yang kami hormati dan cintai. Kami sangat berterima kasih atas waktu kami bersamanya, dan bakat yang tak terhitung jumlahnya yang ia bagikan kepada kami.” Pesan itu berlanjut untuk menyatakan bahwa band ini menyambut John Frusciante kembali ‘dengan kegembiraan besar dan sepenuh hati’. Frusciante adalah gitaris yang paling lama dipekerjakan dan paling sukses dalam catatan sejarah RHCP serta paling digemari oleh fans sebagai yang terbaik.

Frusciante awal bergabung dengan RHCP pada 1988 ketika dia baru berusia 18 tahun. Dia direkrut untuk mengisi posisi yang ditinggalkan gitaris Hillel Slovak yang meninggal akibat overdosis heroin. Frusciante mulai berkontribusi pada album ‘Mother’s Milk’ (1989) dan ‘Blood Sugar Sex Magik’ (1991). Album ‘Blood…’ yang diproduseri Rick Rubin tersebut merupakan titik balik karir RHCP dengan menjual lebih dari 7 juta kopi dan merupakan roket pembawa band menjadi bintang rock besar. Menampilkan sederet big hits di antaranya; ‘Under the Bridge’ dan ‘Give it Away’. Namun kesuksesan tersebut justru membuat gitaris muda ini kewalahan dengan jadwal tour dan lainnya sebelum akhirnya memutuskan untuk hengkang dari band.

Red Hot Chili Peppers era album 1991, ‘Blood Sugar Sex Magik’ (foto: Chris Cuffaro)

Dave Navarro lantas mengambil alih posisi yang ditinggalkan Frusicante. Bersama RCHP, Dave sempat merilis satu album, ‘One Hot Minute’ (1995). Sementara itu, Frusciante bersandar dari sorotan publik selama masa ini, sesekali melepaskan album solo sambil juga memerangi kecanduan narkobanya.

Setelah menjalani rehabilitasi, Frusciante bergabung kembali dengan RHCP pada 1998, tampil di album ‘Californication’ (1999), ‘By the Way’ (2002) dan ‘Stadium Arcadium’ (2006). Dalam periode 2001 hingga 2009, sang gitaris juga merilis beberapa album solo yang cukup meledak di pasaran, yakni ‘From the Sounds Inside’ (2001), ‘Shadows Collide with People’ (2004), ‘The Will to Death’ (2004), ‘Inside of Emptiness’ (2004), ‘Curtains’ (2005), ‘The Empyrean’ (2009).

Baca juga: Red Hot Chili Peppers Unggah Foto di Studio

Satu dekade setelah masa keduanya di RHCP, Frusciante kembali mengumumkan bahwa ia tidak lagi bersama RHCP sejak 2009. Josh Klinghoffer lantas mengambil alih tugas gitar pada saat itu, peran yang ia terus pegang hingga pengumuman terakhir ini. Selama masa jabatan Klinghoffer, RCHP menghasilkan 2 album, yakni ‘I’m With You’ (2011) dan ‘The Getaway’ (2016).

Kembalinya Frusciante tampaknya menandakan 2020 sebagai tahun yang besar bagi RHCP. Band ini sudah memiliki dua jadwal main di festival Amerika Utara untuk tahun depan: 15 Mei di Hangout Festival di Alabama dan 24 Mei di Boston Calling. Welcome back, John!

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Che Cupumanik dan Robi Navicula

Che Cupumanik & Robi Navicula Rilis 'Jiwa Yang Berani' Untuk Rock Memb...

Robi (Navicula) dan Che (Cupumanik). Pada saat menjelang proses perilisan buku Rock Memberontak, sekitar tahun 2015. Vokalis Cupumanik, Che mengusulkan ide

on Oct 27, 2020
Foo Fighters live

Konser Pertama Foo Fighters Sejak Pandemi Di #SOSFest, Troubadour, Los...

Pada hari Sabtu, 17 Oktober, anggota Foo Fighters bersatu kembali untuk pertunjukan pertama mereka sejak awal pandemi kopad-kopid ora jelas. Sebagai bagian

on Oct 19, 2020
Space Comma Space

Space Comma Space Rilis Double Single Melankolis 'Pale in Time/Loveles...

Space Comma Space. Setelah enam tahun lalu terbentuk dan hanya pentas di acara-acara sekolah, kolektif musik asal Jakarta, Space Comma Space merilis materi

on Oct 18, 2020
Kuasa

Selain Eksplorasi Secara Massif, Album KAUSA "Una In Perpetuum" Bertam...

Sebagai band yang berbasis heavy metal dan punk rock, KAUSA termasuk band yang gemar berpetualang secara musikal. Dan kini mereka menganalogikan diri merek

on Oct 13, 2020