×
×

Search in Mata Mata Musik

John Mayer Rilis MV Single Baru Yang Merujuk GNR ‘Sweet Child O’Mine’

Posted on: 06/5/21 at 9:00 am

John Mayer Rilis MV Single Baru Yang Merujuk GNR 'Sweet Child O'Mine'
John Mayer (Foto: via YouTube).

John Mayer baru saja merilis single ‘Last Train Home’ dari album barunya, yang disertai MV (Music Video). Kalau lo sudah menonton video musiknya, mungkin lo menemukan beberapa hal yang pernah lo lihat sebelumnya. Visualisasi yang familiar kita saksikan di MTV era 1980-an. Itu juga kalau lo sudah lahir dan paham tahun segitu, hehe. Yang jelas, video baru John Mayer ini sangat merujuk pada Guns N’ Roses (GNR) ‘Sweet Child O’ Mine’. Vibe-nya begitu terlihat dan terasa, dari dekorasi, angle kamera hingga ke cameo anjingnya.

Baca juga: John Mayer Umumkan Album Solo Barunya, “Sob Rock” dan Singlenya

Seperti ‘Sweet Child O’ Mine’, ‘Last Train Home’ dibuka dengan gambar papan digital yang memanggil ‘action!’ saat mulai syuting. Premisnya adalah Mayer dan band pengiringnya tampil di panggung yang sedang syuting video musik dan kita semua bisa mengamati dari jauh maupun dekat. Para kru menyiapkan berbagai perlengkapan mereka, band bermain dan kamera berputar. Hasil gambar kameranya pun kadang dibuat kasar, selang-seling.

“Kami sepakat bahwa idenya adalah, ‘Bayangkan John Mayer adalah bagian dari sebuah band (yang berkarier) di sepanjang tahun 1970-an dan ini adalah video musik solo pertamanya dan ini tahun 1980,’” kata Cameron Duddy tentang konsepnya. Duddy enggak lain adalah sutradara video klip ini bersama Harper Smith, istri sekaligus kolaboratornya. Ngomong-ngomong, kalau lo penggemar musik country, mungkin lo tahu bahwa Duddy merupakan bassisnya band Midland.

Persamaan Video John Mayer dan GNR

Duddy mengatakan Mayer menulis satu halaman tentang pengerjaan visinya untuk video ini yang penuh dengan kiasan 1980-an. Mereka berdua sama-sama tertarik pada ‘Sweet Child O’ Mine’, dan pada tingkat yang lebih rendah, juga video klip tahun 1985 Eric Clapton ‘Forever Man’.

“Referensi untuk Guns N’ Roses adalah jenis pertunjukan live media campuran, di mana kamu menonton mereka sedang merekam video musik,” kata Duddy. “Ketika kita memikirkan era video musik yang datang dengan sendirinya, kamu tidak berpikir video musik Eric Clapton, tetapi tentu saja Guns N’ Roses. ‘November Rain’ dan ‘Sweet Child O’ Mine’, itu hanya ‘serupa tetapi tak sama'”.

Namun Duddy bersumpah doi belum menonton lagi video ‘Sweet Child O’Mine’ yang disutradarai oleh Nigel Dick itu dalam 10 tahun terakhir. Doi mengakui itu “benar-benar tertanam di otak saya”. Tanda-tandanya ada di seluruh video ‘Last Train Home’. Bersamaan dengan pembukaan papan digtalnya, video Mayer menyertakan bidikan kamera ke seekor anjing di lokasi syuting (milik gitaris GNR Izzy Stradlin di ‘Sweet Child O’Mine’ dan anjing John Mayer di ‘Last Train Home’). Axl Rose maupun John Mayer yang berkerumun dengan produser mereka. Di video Mayer, ditampilkan Don Was, yang memproduseri album Mayer yang akan datang, Sob Rock. Kemudian mengunjungi seorang model yang mengambil gambar glamor dari band; dan filter tipis yang memberikan estetika indah pada kedua video tersebut.

 John Mayer “Last Train Home”; GNR “Sweet Child o’ Mine”
Foto atas: dari John Mayer ‘Last Train Home’; bawah: dari GNR ‘Sweet Child o’ Mine’.

Nostalgia Film 1980-an

“Menempatkan efek lembut pada filter dan jenis gerakan kamera yang saya sukai secara umum membuat saya cocok dengan keseluruhan ide John,” kata Duddy, yang meminta istrinya untuk menerapkan mode estetika. “Ini memberikan tambahan perhatian sineografi kritis terhadap detail”. Smith juga melakukan perjalanan ke Nashville untuk memfilmkan adegan penyanyi country Maren Morris, yang menyanyikan lagu cadangan di ‘Last Train Home’. Morris sebagian besar terlihat di layar monitor, ciri khas lain dari ‘Sweet Child O’ Mine’.

Duddy, yang juga menyutradarai video Bruno Mars ‘Locked Out of Heaven’ dan ‘Uptown Funk’, meminta Mayer dan bandnya untuk memainkan lagu tersebut secara live untuk menambahkan dosis realisme ke video tersebut. Tetapi pada akhirnya, video klip garapannya lebih menjadi kapsul waktu dan penghargaan untuk Axl Rose dan kawan-kawan. “Ada sesuatu yang sangat nostalgik tentang film 1980-an,” kata Duddy.

Baca juga: Slash Prediksi 2021 Album Baru Guns N’ Roses dan Slash Featuring Miles Kennedy

Selamat menyimak video John Mayer, dan dilanjutkan video GNR. Yang pasti, baik Mayer maupun Duddy, adalah penggemar berat GNR. Enggak diragukan itu.

Sumber: Rolling Stone
Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Guns N' Roses

    Guns N' Roses Luncurkan Versi Studio 'Absurd' Sebagai Single Resminya

    Axl Rose (Foto: Mark Horton/Getty Images). Guns N’ Roses (GN'R) telah meluncurkan versi studio dari lagu “baru” mereka yang berjudul 'Absurd'. Lagu in

    on Aug 6, 2021
    MMM Playlist

    MMM Playlist Juni 2021 #1: 20 Lagu Hits Internasional Pencakar Chart

    MMM Playlist edisi bulan Juni 2021 minggu pertama untuk 20 lagu internasional teratas. Daftar lagu dari artis manca negara yang dirilis dalam kurun waktu

    on Jun 7, 2021
    John Mayer

    John Mayer Umumkan Album Solo Barunya, "Sob Rock" dan Singlenya

    John Mayer telah mengumumkan album solo barunya yang berjudul Sob Rock. Berita ini pertama kali terungkap melalui Twitter pada hari Selasa bersama dengan u

    on Jun 1, 2021
    Suspect208

    Suspect208 (Band Rock Anaknya Slash, Robert Trujillo) Bubar!

    Suspect208 bubar! Band rock muda yang menampilkan putranya Slash (Guns N' Roses) dan Robert Trujillo (Metallica), dan sempat dihuni oleh putra mendiang vok

    on May 25, 2021