×
×

Search in Mata Mata Musik

Johnny Marr Terinspirasi dari Naughty By Nature

Posted on: 04/29/19 at 12:39 pm

Johnny Marr mengungkapkan grup rap Naughty By Nature adalah sosok yang menginspirasinya menjadi versi terbaik dirinya di segala aspek.

Dalam wawancara terbaru, Marr mengatakan dirinya bertemu dengan trio hip-hop ikonik tersebut saat syuting video bersama Matt Johnson dari The The di New York sekitar awal tahun 90an.

Baca Juga: Richard Reed Parry dari Arcade Fire Umumkan Album Baru

“Kami sedang berada di bagian kota yang sangat rawan selama lagu itu,” katanya kepada HipHopDX. “Beberapa kru Naughty By Nature menemani kami untuk menjaga kami. Saya sangat suka ranah hip-hop akhir tahun ’80-an, awal ’90-an, di saat ada 3rd Bass, pada dasarnya Pesisir Timur dan Pesisir Barat.

“Dan saya pikir itu benar-benar psikedelik seperti begitu bagusnya jazz di akhir ’60-an. Tetapi keterbatasan teknologi—dengan kata lain, sebelum sampler mampu mengubah kunci dan waktu—berarti musiknya benar-benar progresif dengan tidak disengaja.”

Mengakui bahwa dia akan menghabiskan sisa malamnya menonton Yo! MTV Raps selama mampir di New York, mantan gitaris The Smiths ini ingat pernah melihat beberapa musik video dari Naughty By Nature.

“Saya menghabiskan banyak [waktu] menonton MTV dan saya menemukan hal-hal terbaik sekitar saat itu,” tuturnya. “Saya tertarik menanyakan beberapa orang dari Naughty By Nature, ‘Kenapa di banyak video dan wawancara kalian, kalian selalu berolahraga?’ Berasal dari indie rock Inggris, bukan saya namanya kalau tidak ingin tahu [tertawa]. Saya ingin belajar dan mereka duduk dengan saya dan mulai memberikan penjelasan yang sangat bagus.”

Dia melanjutkan: “Penjelasannya tentang keseluruhan filosofi seputar pria muda berkulit hitam yang harus kuat dan sebisa mungkin terus bersama dan mengedukasi dirimu sendiri karena zaman sekarang, khususnya pemerintah, membanjiri proyek-proyek dengan narkoba, dan hal terakhir yang kamu perlukan adalah menjadi dampak dari itu. Kamu harus tampil maksimal. Filosofi itu terdengar sangat menginspirasi bagi saya dan positif. Itu membuat saya ingin menjadikan diri saya sekuat yang saya bisa. Saya juga agak suka karena itu adalah kebalikan dari klise seorang musisi indie-rock.”

Terinspirasi oleh Treach, Vin Rock, dan Kay Gee, Marr mengatakan pada saat itulah dia mulai lebih sering lari dan pergi ke gym. Bahkan sekarang, di usianya yang ke-55 tahun, Marr terkadang masih menyempatkan lari beberapa mil sebelum tampil.

“Saat kamu masih muda, kamu diberi pesan bahwa menjadi obsesif sangat buruk bagimu,” lanjutnya. “Dan bisa dipahami, kalau kamu terobsesi dengan hal-hal yang salah atau hal-hal yang tidak sehat maka, tentu saja, itu buruk bagimu. Tetapi saat kamu bertambah umur, menjadi obsesif bisa sangat berguna.

“Jadi pada dasarnya, saya semacam pemain gitar rock dari Manchester yang ingin begadang menonton video di YouTube dan kemudian bangun di siang hari dan tidak melakukan apa-apa. Tetapi, karena saya mengenal diri saya dengan baik dan saya ingin keluar dari siklus rock yang biasanya, saya menggunakan sifat obsesif saya dengan cara yang agak baik bagi saya.”

Di bulan Februari lalu, Johnny Marr merilis video baru untuk single terbarunya, “Armatopia.”

Merupakan rilisan pertama Marr di 2019. Saat perilisan lagu itu, dia mengatakan: “‘Armatopia’ adalah keadaan aneh di mana kita menemukan ekologi dan diri kita sendiri saat ini. Apakah mereka yang berkuasa pernah membuat orang lain merasa seperti hanya ada satu hal yang bisa mereka lakukan? ‘We’re smoking till we burn out’, jadi kita menari dan berpesta. Ini Eco-Disco untuk 2019.”

Keterangan Foto Utama: Johnny Marr (kiri), musisi indie-rock asal Manchester yang ngefans dengan Naughty By Nature, trio hip-hop asal New York. (Foto: Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Suasanasabtupagi

EP 'Mammals' Kolektif Indie Pop Suasanasabtupagi Direissue Oleh Anoa R...

SSP alias Suasanasabtupagi. (Foto: dok. Anoa Records). Anoa Records berbagi cerita tentang awal perkenalannya dengan Suasanasabtupagi. Apaan tuh? Nama yang

on Sep 18, 2020
Kanye West

Berseteru Dengan Universal Music dan Sony/ATV, Kanye West Kencingi Pia...

Kanye West (Foto: Brad Barket/Getty Images for Fast Company) / Piala Grammy dikencingi. (Foto: Twitter Ye). Dengan terhitung hanya 47 hari dari hari pelaksa

on Sep 17, 2020
Michael Sweet

Sebut 'WAP' Sampah, Michael Sweet (Stryper) Khawatir Cucunya Dengar La...

Michael Sweet / Cardi B. Michael Sweet, pentolan band heavy metal religius Styrper belum lama ini memberikan kritikan pedas kepada superstar rap Cardi B ata

on Sep 16, 2020
Bonado hip hop duo

BONADO Persembahkan Single Perdana Dengan Hip-Hop Khas Indonesia Timur

Bonado adalah duo hip-hop yang terdiri dari Rendy Reynhard dan Steven Russel. Rendy keturunan Manado, sedangan Stevi keturunan Ambon. Bonado adalah singkat

on Sep 14, 2020