×
×

Search in Mata Mata Musik

Johnny Rotten Kalah, Musik Sex Pistols Sah Dipakai Di Miniseri ‘Pistol’

Posted on: 08/23/21 at 10:00 am

Johnny Rotten Kalah Secara Hukum, Musik Sex Pistols Sah Dipakai Di Miniseri 'Pistol'
Foto: Bridlington Press.

Johnny Rotten, nama beken dari John Lydon, belum lama ini dikabarkan kalah dalam pertempuran hukumnya dengan dua rekannya di Sex Pistols, Steve Jones dan Paul Cook. Lydon sebelumnya mencoba untuk memblokir musik Sex Pistols supaya tidak muncul di Pistol, miniseri film biopik garapan sutradara Danny Boyle yang akan datang.

Baca juga: Johnny Rotten Ancam Gugat Danny Boyle Karena Serial TV Sex Pistols

Seperti yang dilaporkan The Guardian, hakim Sir Anthony Mann memutuskan bahwa perjanjian anggota band Sex Pistols tahun 1998 yang memungkinkan “aturan pemungutan suara mayoritas”. Sang hakim mengatakan Steve Jones dan Paul Cook berhak untuk menerapkan aturan pemungutan suara mayoritas terhadap John Lydon. Sehubungan dengan penggunaan materi Sex Pistols dalam serial tersebut, di bawah ketentuan perjanjian anggota band itu.

Berjudul Pistol, miniseri terbatas enam episode ini diambil dari isi buku memoar Lonely Boy: Tales From a Sex Pistol oleh mantan gitaris band Steve Jones. Sebagai orang yang benar-benar menulis buku itu, Jones diatur untuk menghasilkan uang dari karya tersebut. Sayangnya hal ini tidak cocok dengan Lydon. Doi dianggap tidak melakukan apa pun yang berharga selama empat dekade terakhir, tetapi masih merasa berhak atas rejeki nomplok.

Pada bulan April, Lydon mengancam akan menuntut pihak Danny Boyle. Terutama berdasarkan keputusan Boyle yang “lancang” karena tidak mempekerjakan Lydon sebagai konsultan film tersebut. Sulit dipercaya, Boyle dan produser lainnya sepertinya tidak menginginkan Lydon. Dan ketika protes tentang konsultasi itu gagal terwujud, Lydon melangkah lebih jauh dengan memblokir lagu-lagu Sex Pistols agar tidak dipakai dalam film Pistol.

Johnny Rotten Digugat Balik Jones dan Cook

Sebagai tanggapan, Steve Jones dan mantan dramer Paul Cook menggugat balik Lydon. Mereka ingin musik itu muncul di Pistol, seperti yang dilakukan mantan bassis Glen Matlock dan pewaris properti dari Sid Vicious. Bersama-sama mereka mengajukan BMA (Band Member Agreement) tahun 1998. Dan satu-satunya keraguan dalam proses hukumnya adalah apakah mereka dapat membuktikan bahwa perjanjian “aturan pemungutan suara mayoritas” ada. Beruntung bagi mereka, Lydon bahkan tidak mencoba untuk membantahnya. Malah berargumen bahwa BMA semacam itu memungkinkan mereka untuk “memaksakan keinginan mereka” kepadanya.

Sebagai pengganti bukti, pengacaranya juga mengutip “keengganannya yang mendalam dan penuh gairah untuk menjadi ‘tahanan’ dari mayoritas yang bermusuhan”. Jika naik banding emosional itu tidak berhasil, Lydon berpendapat di pengadilan bahwa perjanjian yang doi sendiri dengan sukarela masuk pada tahun 1998, “berbau semacam kerja paksa”.

Baca juga: Johnny Rotten Digugat 2 Eks-Sex Pistols Karena Blokir Lisensi Musiknya

Jika saja Lydon tidak bertindak demikian, Pistol diperkirakan akan tayang di kanal TV FX sekitar tahun 2022.

Penulis, Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    5 Film Panduan Yang Representatif Untuk Punk Rock

    5 Film Panduan Yang Representatif Untuk Mengenal Punk Rock

    Punk Rock lagi nih bray. Industri film Hollywood dan musik rock nampaknya tidak selalu cocok jika bersatu dalam sebuah proyek. Sering kali saling berlawana

    on Aug 23, 2021
    10 Lagu Panduan Punk

    10 Lagu Panduan Yang Representatif Untuk Mengenal Punk Rock

    Punk rock adalah genre yang lahir dari pemberontakan dan konflik terhadap kepincangan sosial, bahkan terkadang masalah politik. Suatu medium yang menjunjun

    on Aug 21, 2021
    Destroy Boys

    Punker Destroy Boys Serukan Anti Cancel Culture Via 'Locker Room Bully...

    Foto: Ashley Gellman. Destroy Boys, trio punk rock/post punk dari California Utara, Amerika Serikat (AS) baru saja merilis single ketiga, 'Locker Room Bully

    on Aug 10, 2021
    Amyl and the Sniffers

    Amyl And The Sniffers Lepas Dua Single Punk Energik Dari Album Baru

    Foto: Jamie Wdziekonski. Amyl and The Sniffers, kuartet punk rock asal Melbourne, Australia merilis single baru mereka yang berapi-api, ‘Security’ pada

    on Aug 4, 2021