×
×

Search in Mata Mata Musik

Jon Schaffer (Iced Earth) Dicari FBI & Polisi Karena Terlibat Insiden US Capitol

Posted on: 01/10/21 at 10:30 am

Jon Schaffer (Iced Earth) Dicari FBI & Polisi Karena Terlibat Insiden US Capitol
Iced Earth, Jon Schaffer – kedua dari kanan. (Foto: dok. Century Media).

Gitaris Iced Earth, Jon Schaffer termasuk di antara ratusan orang yang menyerbu gedung US Capitol pada hari Rabu, 6 Januari lalu dan saat ini doi sedang dicari oleh FBI dan Polisi Metropolitan Washington D.C. Pada hari Sabtu, 9 Januari, rekan-rekan bandnya berbicara tentang situasi tersebut, dengan menyatakan secara kolektif, “Kami sama sekali tidak memaafkan atau mendukung kerusuhan atau tindakan kekerasan”.

Baca juga: Ariel Pink Didepak Dari Label Rekamannya Karena Ikut Aksi Protes Di US Capitol

Jon Schaffer difoto di depan kerumunan massa yang masuk ke gedung US Capitol dalam upaya menggagalkan sertifikasi Joe Biden sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat (AS). Kerusuhan terjadi nggak lama setelah Donald Trump mengadakan rapat umum di dekatnya dan mendesak para pendukungnya untuk berbaris ke US Capitol, pada satu titik doi mengatakan, “Jika lo nggak benar-benar berjuang, lo nggak akan memiliki negara lagi”.

Wajah gitaris itu terpampang di seluruh outlet media besar, karena foto dirinya yang berteriak dan menunjuk sambil mengenakan topi Oath Keeper menjadi gambar utama di sejumlah artikel berita. Doi sekarang menjadi salah satu orang yang paling dicari karena masuk secara tidak sah, dicari oleh FBI dan polisi Washington D.C.

Jon Schaffer. (Foto: Roberto Schmidt/AFP via Getty Images).

Dalam pernyataan yang diposting di akun Instagram bassis Iced Earth, Luke Appleton, empat rekan satu band Jon Schaffer, yakni Luke Appleton, vokalis Stu Block, damer Brent Smedley, dan gitaris Jake Dreyer, membahas insiden tersebut:

“Kami ingin berterima kasih kepada kalian yang telah mengirimkan kata-kata dukungan dalam beberapa hari ini. Beberapa dari kalian prihatin dengan kebisuan kami, yang kami pahami. Kami membutuhkan waktu untuk memproses informasi dengan benar dan mencari tahu beberapa fakta sebelum kami membuat pernyataan”.

“Kami sama sekali TIDAK memaafkan atau mendukung kerusuhan atau tindakan kekerasan yang melibatkan para perusuh pada 6 Januari di gedung US Capitol. Kami berharap semua yang terlibat hari itu diadili untuk diinvestigasi dan bertanggung jawab atas tindakan mereka”

“Dengan hati yang hancur kami mengirimkan cinta dan kasih sayang kami kepada semua orang yang telah merasakan sakit dari peristiwa pada 6 Januari. Kami sangat sedih dan hati kami tertuju kepada keluarga dari nyawa yang terhilang hari itu. Benar-benar tidak ada kata yang tepat untuk menghibur. Ketahuilah bahwa kami bersama kalian dalam keterkejutan, kesedihan, dan rasa sakit kalian. Banyak cinta untuk kalian semua.

Stu, Luke, Jake, Brent”

Meski para anggota band veteran heavy metal/power metal ini nggak menyebut nama Jon Schaffer, mereka sepertinya ingin menyanggah bahwa mereka bukan bagian dari pendukung insiden tersebut. Jon Schaffer adalah satu-satunya anggota yang tersisa dari formasi awal Iced Earth di tahun 1980-an, tetapi sebagian besar anggota lainnya kini telah berada di band ini cukup lama. Belum jelas bagaimana hal ini akan memengaruhi keutuhan formasi band ini ke depannya.

Baca juga: Beginilah Reaksi Para Rocker AS Terhadap Aksi Protester Pro-Trump Yang Rusuh

Album terakhir Iced Earth dirilis via Century Media Records pada 2017, Incorruptible yang merupakan album studio ke-12 mereka.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021