×
×

Search in Mata Mata Musik

Jon Schaffer (Iced Earth) Ditangkap Dengan 6 Dakwaan Pasca Kerusuhan US Capitol

Posted on: 01/18/21 at 11:00 am

Jon Schaffer (Iced Earth) Ditangkap Dengan 6 Dakwaan Pasca Kerusuhan US Capitol
Jon Schaffer. (Foto: Roberto Schmidt/AFP via Getty Images).

Setelah dicap sebagai TO (Target Operasi) yang masuk DPO (Daftar Perburuan Operasi) FBI dan Polisi, gitaris Iced Earth, Jon Schaffer akhirnya ditangkap pada hari Minggu, 17 Januari setelah doi menyerahkan diri ke pihak otoritas atas peran aksinya dalam kerusuhan 6 Januari di gedung US Capitol alias Kongres AS. Menurut FBI, musisi heavy metal veteran itu ditangkap dengan enam dakwaan.

Baca juga: Jon Schaffer (Iced Earth) Dicari FBI & Polisi Karena Terlibat Insiden US Capitol

FBI mengonfirmasi kepada stasiun televisi lokal yang berafiliasi dengan Indianapolis CW, WISH-TV, bahwa Schaffer menyerahkan diri sekitar pukul 3 sore pada hari Minggu. Penangkapan itu terjadi 11 hari setelah gitaris heavy metal itu difoto di depan kerumunan massa yang memasuki gedung US Capitol. Foto dirinya yang berteriak dan menunjuk sambil mengenakan topi Oath Keepers menjadi gambar di artikel berita utama beberapa surat kabar.

Jon Schaffer diburu oleh polisi Washington, D.C. dan FBI setelah doi terbukti masuk ke gedung US Capitol secara tidak sah. Sebuah pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh kantor lapangan FBI di Indianapolis mengungkapkan bahwa Schaffer menghadapi total enam dakwaan, termasuk dakwaan yang sangat serius, yaitu “terlibat dalam tindakan kekerasan fisik di gedung Capitol”. Pernyataan lengkapnya berbunyi:

“Jon Schaffer, Columbus, IN, telah ditangkap sehubungan dengan insiden 6 Januari di US Capitol. Schaffer menghadapi 6 dakwaan termasuk terlibat dalam tindakan kekerasan fisik di gedung US Capitol. Schaffer diduga berada di antara para perusuh yang menyemprot polisi US Capitol dengan ‘semprotan beruang’”. Semprotan beruang adalah pencegah beruang aerosol spesifik, yang bahan aktifnya adalah capsaicin dan capsaicinoid terkait, yang digunakan untuk mencegah beruang agresif yang menyerang.

Pengaduan pidana resmi yang dikeluarkan oleh FBI telah merinci keenam dakwaan yang saat ini dihadapi Jon Schaffer. Enam dakwaan yang terdaftar sebagai berikut:

  1. Dengan Sadar Memasuki atau Meninggal di Gedung atau Lahan yang Dibatasi Tanpa Otoritas yang Sah.
  2. Mengganggu Tata Tertib Bisnis Pemerintah.
  3. Secara Sadar Terlibat dalam Tindakan Kekerasan Fisik Terhadap Orang atau Properti mana pun di Gedung atau Lahan yang Dibatasi.
  4. Masuk dengan Kekerasan dan Perilaku Mengacaukan di Gedung Capitol.
  5. Terlibat dalam Tindakan Kekerasan Fisik di Gedung Capitol.
  6. Parade, Demonstrasi, atau Piket di Gedung Capitol.

Selain itu, FBI telah menunjukkan bukti foto Schaffer membawa semprotan beruang, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Schaffer difoto di antara ratusan orang yang masuk ke gedung US Capitol dalam upaya untuk mengganggu sertifikasi Joe Biden sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat. Kerusuhan itu terjadi enggak lama setelah Donald Trump mengadakan rapat umum di dekatnya dan mendesak para pendukungnya untuk berbaris menuju ke US Capitol, pada satu titik mengatakan, “Jika kalian tidak bertempur seperti pejuang, kalian tidak akan memiliki negara lagi”.

Rekan-rekan satu bandnya di Iced Earth merilis pernyataan yang mengutuk kekerasan di US Capitol, tanpa menyebut nama Schaffer. “Kami sama sekali TIDAK memaafkan atau mendukung kerusuhan atau tindakan kekerasan yang melibatkan para perusuh pada 6 Januari di gedung US Capitol,” tulis empat anggota Iced Earth lainnya.

Baca juga: Ariel Pink Didepak Dari Label Rekamannya Karena Ikut Aksi Protes Di US Capitol

Lihat bukti foto yang disajikan oleh FBI yang diduga menunjukkan Schaffer membawa semprotan beruang, serta tweet terkait tuduhan dari biro FBI Indianapolis di bawah ini.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021