×
×

Search in Mata Mata Musik

Jonas Brothers Tebar Pesona dalam Konser di Bell Centre Montreal

Posted on: 11/29/19 at 6:10 pm

Sebelum kesuksesan “Old Town Road” dan “Truth Hurts” membuat tangga lagu Billboard Hot 100 berantakan, salah satu lagu yang paling tidak disangka akan merajai tangga lagu di 2019 adalah “Sucker,” lagu yang menjadi perolehan No. 1 pertama bagi Jonas Brothers yang baru saja reuni.

Baca juga: The Jonas Brothers Bergaya Retro di Video Musik “Only Human”

“Sucker” menjadi lagu comeback yang hit berkat kesuksesan lama grup ini, tapi hal itu tidak menghentikan semangat fanbase yang sekarang sudah lebih dewasa untuk memadati Bell Centre dengan kasih sayang yang tulus untuk trio asal New Jersey ini pada Rabu malam (27/11). 

Jonas Brothers
Jonas Brothers dalam konser di Bell Centre Montreal pada Rabu, 27 November. (Foto: Dave Sidaway/Montreal Gazette)

Meskipun sudah dewasa, nuansa boyband remaja masih kental terasa dalam diri Jonas Brothers. Dalam set yang berlangsung selama 100 menit itu, mereka bergantian membawakan karya-karya lama dari puncak kejayaan dulu dan sederet lagu baru dari album comeback mereka, Happiness Begins.

Baca juga: Album Baru Jonas Brothers Tempati Posisi Teratas di Billboard 200

Bubar sejak tahun 2013, Nick, Joe dan Kevin Jonas sempat menunjukkan keretakan yang mendalam dan perbedaan dalam hal kreatif. Tapi mengingat band ini mungkin paling dikenal dengan janji untuk selalu bersama di awal-awal karier mereka, perpisahan dan hiatus selama enam tahun kemarin tidak pernah dianggap sebagai hal yang tak termaafkan. Rabu malam, mereka memasuki panggung sebagai satu kesatuan di atas platform yang bergerak dan berhenti di udara, dan setiap kali mereka melangkahkan kaki bersama-sama, mereka disambut tepuk tangan yang meriah dari penonton.

Bebe Rexha
Bebe Rexha menjadi pembuka di konser Jonas Brothers di Montreal. (Foto: Dave Sidaway/Montreal Gazette)

Tema nostalgia ke masa lalu yang indah di lagu “Rollercoaster” menjadi pembuka yang pas untuk set malam itu, disusul dengan “S.O.S.” dari album self-titled mereka di 2007. “Rollercoaster” adalah salah satu dari banyak lagu yang hadir di album Happiness Begins yang dibawakan secara live, dan sementara materi baru mereka tidak semanis lagu-lagu di masa remaja mereka, Jonas Brothers masih belum menjadi grup rock atau R&B yang sepenuhnya dewasa.

Jonas Brothers

Mungkin itu karena mereka masih menjajal rasanya kembali menjadi band. Tapi bisa juga, itu karena Nick dan Joe masih mampu membuat penonton seruangan meleleh. Keduanya saling bertukar verse di hampir setiap lagu, seperti di single “Cool”—yang menyebutkan pernikahan Joe dengan bintang seri Game of Thrones Sophie Turner dan album solo Nick Last Year Was Complicated—dan terkadang bernyanyi bareng meski tidak sesering yang diharapkan dari kakak-beradik ini. 

Baca juga: Jonas Brothers Umumkan Memoarnya, Blood

Trio ini kemudian sedikit melambat dengan lagu bernuansa reggae “Only Human” dan saling tos usai membawakan lagu power ballad “Comeback.”

Apa yang diperlihatkan malam itu adalah: Joe dan Nick—sebesar apa pun usaha mereka saat tampil sendiri—tampil lebih baik bersama ketika mereka berbagi tugas sebagai vokalis. Di saat mereka tidak tenggelam dalam banyaknya riff power pop di lagu-lagu lama seperti “Fly With Me,” “That’s Just the Way We Roll” (serta campuran bernada cepat), mereka kesulitan dengan range. Saat mereka pindah dari panggung utama ke panggung yang lebih kecil, suara mereka lebih mudah berbaur. (Di akhir “Hesitate” Joe bahkan menampilkan nada yang tampaknya mengejutkan banyak penonton yang hadir.)

konser Jonas Brothers
Penonton tampak menikmati konser Jonas Brothers. (Foto: JPG)

Dengan kekuatan mantap Kevin bersama gitarnya di sisi mereka, Nick dan Joe bertukar posisi tengah. Joe lebih hiperaktif tapi kurang konsisten, terkadang tampak hilang fokus dalam penampilannya, sementara Nick jauh lebih hati dalam aksinya. Sorakan untuk Nick bisa dibilang sedikit lebih kencang, tetapi demi kesatuan band, anggap saja sebagian besar penonton memberikan teriakan itu untuk ketiganya.

Joe dan Kevin Jonas
Joe dan Kevin Jonas beraksi bersama. (Foto: Dave Sidaway/Montreal Gazette)

Jadi, akankah Jonas Brothers menemukan kesuksesan yang bertahan lebih lama dalam babak kedua karier mereka?

Pertunjukan Rabu malam lalu di Bell Center terasa lebih seperti kalibrasi ulang karier mereka setelah enam tahun berpisah, sehingga rasanya terlalu dini untuk mengambil kesimpulan. Namun bukti yang mendukung bahwa mereka akan bertahan lama sebagai grup hadir saat Nick dan Joe tidak hanya memainkan lagu solo masing-masing—“Jealous” dari Nick dan “Gotta Find You” dan “Cake by the Ocean” milik Joe—tetapi juga saling bertukar verse. 

Kalau ketiga lagu itu bisa dengan mudah diserap ke dalam repertoar grup, mereka tidak punya alasan untuk kembali berjalan sendiri-sendiri.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

The Cranberries

The Cranberries Ungkap Perjuangan Band Pasca Kematian Dolores O'Riorda...

The Cranberries bersama mendiang Dolores O'Riordan. Sebuah acara musik live bertajuk Songs from an Empty Room telah menampilkan beberapa penyanyi, musisi, b

on Jul 28, 2020
EVRE

Dibentuk Oleh Dua Personil Govinda, Evre Luncurkan 'Glare', Single Per...

Formasi lengkap Evre. Evre adalah sebuah proyek musikal indie dari dua personil Govinda, yaitu Jeje (dram) dan Luki (bass) yang terbentuk di Jakarta pada ta

on Jul 27, 2020
Tame Impala

Tame Impala Rilis Versi Remix Dari Lagu ‘Guilty Conscience’ Milik ...

Tame Impala (Foto: Daniel Knighton/Getty Images) / 070 Shake (Foto: Joseph Okapako/Getty Images). One-man leading band pop-rock psikedelik Tame Impala telah

on Jul 26, 2020
Mickey Madden

Bassis Maroon 5 Mickey Madden Cabut Dari Band Setelah Kasus KDRT

Mickey Madden saat tampil dengan Maroon 5 di BottleRock Napa Valley Music Festival di Napa Valley Expo, Napa, California 2017. (Foto: Invision/AP/Shutterstock)

on Jul 16, 2020