×
×

Search in Mata Mata Musik

Jonny Greenwood Sebut Kritikus Perubahan Iklim ‘Idiot’

Posted on: 10/10/19 at 1:05 pm

Gitaris/keyboardist Radiohead tersebut menanggapi kritik yang ditujukan pada aktivis perubahan iklim dan musisi dalam wawancara terbaru.

Baca juga: Radiohead Tanggapi Hacker Sesi Pembuatan OK Computer

Bulan Juni kemarin, Radiohead—yang telah mendukung Greenpeace sejak awal tahun 2000-an—merilis materi OK Computer berdurasi 18 jam yang belum pernah didengar sebelumnya untuk membantu kepentingan Extinction Rebellion. Pasca perilisan, kelompok aktivis lingkungan itu mengucapkan rasa terima kasih mereka kepada band asal Oxford ini atas upaya mereka.

Dalam perbincangan dengan The Guardian, gitaris/keyboardist Radiohead Jonny Greenwood mengatakan dia enggan melihat bandnya sebagai figur utama pendorong perubahan iklim. “Apakah kamu mengisyaratkan peninggalan kami hanya, ‘Kami memperingatkanmu ini akan menjadi sangat buruk, dan sekarang benar kejadian’? Wow. Bagus sekali.”

Greenwood kemudian membahas tentang bagaimana band-band dan orang-orang yang perlu menggunakan transportasi udara untuk bekerja dianggap munafik karena berkontribusi terhadap masalah iklim. Dia mengatakan, pandangan ini hanyalah selingan dari gambaran yang lebih besar.

Jonny Greenwood Radiohead
Jonny Greenwood. (Foto: Andrew Benge/Redferns)

“Ya, orang ini munafik karena mereka pergi dengan pesawat,” ucap Greenwood. “Tapi jika mencari-cari kekurangan dalam komitmen hijau seseorang adalah yang kamu butuhkan untuk meyakinkan dirimu sendiri kalau masalah perubahan iklim tidak ada, maka kamu agak idiot.”

Baca juga: The 1975 Bawa Pulang 2 Penghargaan Ivor Novellos 2019!

Komentar-komentar ini muncul setelah politikus David Davies mengecam The 1975 karena terbang keliling dunia untuk tur—praktik yang menurutnya bertentangan dengan dukungan vokal mereka terhadap Extinction Rebellion.

Dalam kabar lainnya, Jonny Greenwood baru-baru ini meluncurkan label rekamannya sendiri. Octatonic Records adalah label bawahan Council Records dan akan fokus pada musik klasik baru dari musisi terpilih di seluruh dunia, serta beberapa komposisi milik Greenwood sendiri.

Keterangan Foto Utama:  Jonny Greenwood dari Radiohead. (Foto: Getty)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Michael Stipe REM

Michael Stipe Rilis Single Solo Pertamanya “Your Capricious Soul”

Seluruh hasil dari penjualan single ini akan disalurkan ke kelompok aktivis perubahan iklim Extinction Rebellion Akhir pekan kemarin, pentolan R.E.M. Michae

on Oct 7, 2019
Ed O’Brien Radiohead

Ed O’Brien Radiohead Hadirkan Musik Solo Debutnya

Dengarkan “Santa Teresa” dari album solo debut gitaris dan vokalis latar Radiohead, Ed O’Brien. Ed O’Brien dari Radiohead meluncurkan rilisan solo p

on Oct 6, 2019

5 Album Paling Berpengaruh: Teddy Adhitya

Teddy Adhitya baru saja merilis album kedua berjudul Question Mark (?) Teddy Adhitya membeberkan 5 album yang mempengaruhi warna musik soul dan RnB yan

on Sep 28, 2019
Woodstock di 3 Perayaan Paling Tak Terlupakannya

Woodstock di 3 Perayaan Paling Tak Terlupakannya

Berkumpul di lapangan terbuka dengan band favorit dan 100.000 orang lainnya, momen yang pasti dirindukan para penggila musik. Bayangkan lapangan luas, sound

on Jul 13, 2019