×
×

Search in Mata Mata Musik

Jonny Greenwood Sebut Kritikus Perubahan Iklim ‘Idiot’

Posted on: 10/10/19 at 1:05 pm

Gitaris/keyboardist Radiohead tersebut menanggapi kritik yang ditujukan pada aktivis perubahan iklim dan musisi dalam wawancara terbaru.

Baca juga: Radiohead Tanggapi Hacker Sesi Pembuatan OK Computer

Bulan Juni kemarin, Radiohead—yang telah mendukung Greenpeace sejak awal tahun 2000-an—merilis materi OK Computer berdurasi 18 jam yang belum pernah didengar sebelumnya untuk membantu kepentingan Extinction Rebellion. Pasca perilisan, kelompok aktivis lingkungan itu mengucapkan rasa terima kasih mereka kepada band asal Oxford ini atas upaya mereka.

Dalam perbincangan dengan The Guardian, gitaris/keyboardist Radiohead Jonny Greenwood mengatakan dia enggan melihat bandnya sebagai figur utama pendorong perubahan iklim. “Apakah kamu mengisyaratkan peninggalan kami hanya, ‘Kami memperingatkanmu ini akan menjadi sangat buruk, dan sekarang benar kejadian’? Wow. Bagus sekali.”

Greenwood kemudian membahas tentang bagaimana band-band dan orang-orang yang perlu menggunakan transportasi udara untuk bekerja dianggap munafik karena berkontribusi terhadap masalah iklim. Dia mengatakan, pandangan ini hanyalah selingan dari gambaran yang lebih besar.

Jonny Greenwood Radiohead
Jonny Greenwood. (Foto: Andrew Benge/Redferns)

“Ya, orang ini munafik karena mereka pergi dengan pesawat,” ucap Greenwood. “Tapi jika mencari-cari kekurangan dalam komitmen hijau seseorang adalah yang kamu butuhkan untuk meyakinkan dirimu sendiri kalau masalah perubahan iklim tidak ada, maka kamu agak idiot.”

Baca juga: The 1975 Bawa Pulang 2 Penghargaan Ivor Novellos 2019!

Komentar-komentar ini muncul setelah politikus David Davies mengecam The 1975 karena terbang keliling dunia untuk tur—praktik yang menurutnya bertentangan dengan dukungan vokal mereka terhadap Extinction Rebellion.

Dalam kabar lainnya, Jonny Greenwood baru-baru ini meluncurkan label rekamannya sendiri. Octatonic Records adalah label bawahan Council Records dan akan fokus pada musik klasik baru dari musisi terpilih di seluruh dunia, serta beberapa komposisi milik Greenwood sendiri.

Keterangan Foto Utama:  Jonny Greenwood dari Radiohead. (Foto: Getty)

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Daniel Ek Spotify CEO

    CEO Spotify Daniel Ek Dikecam Karena Dinilai Tidak Manusiawi Terhadap ...

    CEO Spotify Daniel Ek. (Foto: via Bloomberg). Dalam banyak hal, Spotify dan layanan streaming musik serupa lainnya telah menjadi anugerah bagi pecinta musik

    on Aug 2, 2020
    #LetTheMusicPlay

    Iron Maiden, Enter Shikari dan 1500 Artis Lebih Dukung Kampanye #LetTh...

    Iron Maiden. (Foto: via Kerrang!). Lebih dari 1.500 artis telah menandatangani surat terbuka kepada pemerintah Inggris sebagai bagian dari kampanye #LetTheM

    on Jul 3, 2020
    Band Rock Metal

    18 Band Rock & Metal Yang Stabil: Nggak Pernah Ganti Formasi Selama Ka...

    Foto: Mark Tremonti, Tom Morello. Bagi kamu yang pernah main band serius, atau hanya sebagai pengamat musik, umumnya punya pemikiran sama. Bahwa sepertinya

    on May 4, 2020
    Coachella

    20 Tahun Coachella Festival: Dari RATM Hingga Ke BLACKPINK

    Film dokumenter untuk memperingati dua dekade salah satu festival seni dan musik terbesar dan prestisius di Amerika Serikat (AS), Coachella Valley Music an

    on May 1, 2020