×
×

Search in Mata Mata Musik

Judika Manggung Bareng Malaysian Philharmonic Orchestra

Posted on: 10/18/19 at 8:34 am

Penyanyi genre pop rock Indonesia, Judika, akan manggung bareng dengan Malaysian Philharmonic Orchestra untuk pertama kalinya. Konser ini diselenggarakan pada tanggal 19 Oktober 2019 dan 20 Oktober 2019 di Dewan Filharmonik Petronas. Konser akan berlangsung selama dua jam.

Konser ini didukung oleh Jaclyn Victor, penyanyi wanita Malaysia bersuara lantang yang diidolakan Judika. Keduanya akan melakukan duet dalam beberapa lagu, dan ia senang dengan pilihan ini.

Judika diundang karena ciri khasnya dalam penampilan agresif di atas panggung dan suara rock miliknya yang kencang. Dia diharapkan dapat menampilkan cita rasa musik yang edgy dengan sedikit twist.

Baca Juga: Kumpulan Tweet Tulus yang Bermakna Dalam Banget!

Sebelum Judika diundang, Malaysian Philharmonic Orchestra (MPO) pernah bekerja sama dengan penyanyi Indonesia. Penyanyi yang pertama kali bekerja sama dengan MPO adalah Ruth Sahanaya yang dilakukan pada tahun 2018 lalu.

Kerja sama dengan MPO ini membuat cv dari karir Judika Nalon Abadi Sihotang makin kinclong. Ketika diwawancara di Subang Jaya oleh New Straits Times, dirinya merasa bangga, senang, dan bersemangat atas kerja sama yang dilakukannya dengan MPO.

Dia menjelaskan bahwa saat ditawarkan proyek musik ini perlu waktu untuk memikirkan implikasinya. Alasannya karena ia harus tampil secara live dengan orkestra, lagunya diaransemen ulang, dan lebih banyak lagu orang lain yang harus dinyanyikannya nanti.

Baca Juga: BIKIN MEWEK! Raffi Nagita Sukses Bikin Video Klip Banjir Air Mata

Ada pun lagu milik Judika yang akan dibawakan di konser merupakan single populer yang berasal dari keenam albumnya. Sedangkan beberapa lagu artis lainnya yang ditampilkan, seperti Kaulah Segalanya, Isabella, Suci dalam Debu, dan This is Me.

Dari pihak MPO yang diwakili Ahmad Muriz Che Rose menyatakan bahwa pemilihan Judika merupakan pilihan natural. Ia punya basis fans yang besar di Malaysia. Kami sangat bersemangat dengan proyek ini dan siap untuk menampilkan 19 pertunjukan musik kepada penonton.

Genre Campuran Rock & Orkestra

Judika Manggung Bareng Malaysian Philharmonic Orchestra
Malaysian Philharmonic Orchestra

Ke luar dari zona nyaman, Judika menyatakan bahwa ia terbiasa tampil bersama band miliknya yang pasti sangat cocok dengan apa yang diinginkannya dan diharapkannya, tetapi pada saat ini semuanya sangat berbeda.

Bagian pertunjukkan diaransemen sedemikian rupa yang membuat Judika harus mengeluarkan fokus yang lebih. Timing dari konser ini adalah intinya, sehingga ia harus lebih perhatian akan banyak hal atau akan terhanyut dalam musik.

Akan tetapi, Judika menikmati tantangan dari proyek ini karena menambah referensi genre musik dalam karirnya. Baginya, musik orkestra itu klasik dan ia pada dasarnya suka semua genre musik. Bagian paling menarik, menurut penyanyi bermarga Sihotang ini, adalah bahwa dirinya melakukan sesuatu yang berbeda. Memadukan suara rock dengan orkestra terkenal, pastinya, akan membuat spektakuler dan di luar kebiasaan.

Baca Juga: Rich Brian Tanggapi Reaksi ‘Menarik’ Soal Kolaborasinya dengan Chungha

Ahmad Muriz menyatakan bahwa aransemen di dalam konser dibuat mudah dan cocok dengan situasi lingkungan orkestra tetapi tidak dibuat berlebihan sampai di titik kehilangan plot dan semua suara menjadi berbeda.

Muriz menambahkan bahwa proyek musik ini merupakan proses simbiosis. Karakteristik MPO dan Judika akan ditonjolkan selama pertunjukan agar penonton mendapatkan pengalaman terbaik.

Aksi Panggung Sederhana

Berbeda dari kebiasaannya, dalam proyek musiknya kali ini, Judika akan menghilangkannya. Ia akan membuat aksi panggungnya sederhana. Namun, ia tetap akan menjadi dirinya, hanya saja, jangan mengharapkan ia berlarian di panggung. Alasannya, karena aksinya harus disesuaikan dengan lingkungan dan tempat penampilan.

Konser Judika dengan MPO ini diselenggarakan berkat kolaborasi Dewan Filharmonik Petronas dengan Kelab Sukan dan Rekreasi Petronas (KSRP). Sebagian pendapatan konser akan disalurkan ke Dana As-Syakirin, sebuah pendanaan sosial yang didirikan oleh Petronas bersama Asosiasi Istri dan Staff Wanita di Petronas.

Itu dia informasi tentang konser Judika di Malaysia bersama Malaysian Philharmonic Orchestra. Sebarkan, dan komentar bila kamu suka dengan artikel ini. Nantikan informasi lainnya tentang Judika, penyanyi Indonesia, dan musik lokal lainnya hanya di Mata Mata Musik!

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Live Nation

    Live Nation Booking Konser Untuk 2022 Sebanyak 2 Kali Lipat Dari 2019

    Lollapalooza 2019 (Foto: Nick Langlois). Harapan dan keinginan kuat yang terpendam orang-orang untuk pergelaran konser musik live akan menorehkan sejarah pa

    on May 7, 2021
    Industri Hiburan

    Surat Terbuka Untuk Presiden Jokowi Tentang Lumpuhnya Industri Hiburan

    JogjaROCKarta Festival, salah satu ikon industri hiburan kota Yogyakarta. (Foto: dok. Rajawali Indonesia). Tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Setahun

    on Mar 3, 2021
    Lacuna Coil

    Lacuna Coil & 100 Artis Italia Gelar Konser "Diam Bak Patung" Untuk Un...

    Lacuna Coil "Silent Strike". (Foto: via YouTube). Lacuna Coil dan lebih dari 100 artis musik Italia lainnya melakukan unjuk rasa dengan aksi mogok tanpa per

    on Mar 2, 2021
    Live Nation

    Saham Live Nation Capai Titik Tertinggi Saat Pendapatannya Capai Titik...

    Live Nation Entertainment baru-baru ini mempublikasikan hasil laporan finansial tutup tahun 2020 mereka. Pendapatannya menurun 92% pada kuartal keempat dib

    on Feb 26, 2021