×
×

Search in Mata Mata Musik

Justin Bieber Akui Karier Musiknya Terbentuk Oleh Kultur Orang Kulit Hitam

Posted on: 06/8/20 at 7:00 am

Justin Bieber.
Justin Bieber. (Foto: Axelle/Bauer-Griffin/FilmMagic).

Justin Bieber mengakui bahwa karier musiknya yang fenomenal telah dibentuk oleh kultur orang kulit hitam dalam sebuah postingan baru di Instagram. Dalam pernyataannya, bintang pop asal Kanada itu juga berjanji untuk menggunakan hak istimewanya sebagai selebriti kulit putih untuk terlibat dalam upaya melawan rasisme.

“Aku terinspirasi oleh kultur orang kulit hitam. Aku mendapat keuntungan dari kultur orang kulit hitam,” tulis Bieber pada Sabtu (6 Juni). “Gaya aku, bagaimana aku bernyanyi, menari, tampil, dan fesyen aku semuanya telah dipengaruhi dan terinspirasi oleh kultur orang kulit hitam”.

Baca Juga: Tekashi 6ix9ine Tuduh Ariana Grande dan Bieber Sogok Chart Billboard

“Aku berkomitmen untuk menggunakan platform aku mulai hari ini dan seterusnya untuk belajar, berbicara tentang ketidakadilan rasial dan penindasan sistemik, dan untuk mengidentifikasi cara untuk menjadi bagian dari perubahan yang sangat dibutuhkan,” tambah pelantun lagu hit ‘Yummy’ itu.

Minggu ini, feed Instagram Bieber – sama halnya dengan banyak artis lainnya – telah memfokuskan kepada topik pembicaraan yang menentang rasisme.

“Tidak ada nyawa yang penting sampai black lives matter (orang kulit hitam juga penting),” jelas Justin Bieber pada 28 Mei. “Sekarang saatnya untuk bangkit dari lembah segregasi yang gelap dan sunyi menuju ke jalur keadilan rasial yang diterangi matahari,” tuturnya pada hari berikutnya.

Pada tanggal 31 Mei, Justin Bieber mengunggah reaksi terhadap para petugas polisi yang terlibat dalam kematian tragis George Floyd: “Mereka lebih memilih membiarkan bangsa mereka terbakar ketimbang menangkap 3 (polisi) punya mereka sendiri… biarkan (kenyataan) itu meresap”. Pada 1 Juni, dalam postingan lainnya Justin Bieber mengatakan, “Untuk teman-teman non-kulit hitamku yang terhormat…. Aku memperhatikan kalian yang tutup mulut,” dan postingan lainnya yang menunjukkan bahwa, “Itu tidak cukup untuk hanya menjadi non-rasis secara diam-diam, sekarang adalah saatnya menjadi anti-rasis secara vokal”.

Justin Bieber juga sempat ikut serta dalam kampanye “Black Out Tuesday”, mendorong pengikutnya untuk memilih suara dan mengambil tindakan, dan memberi tribute kepada Breonna Taylor, orang kulit hitam korban kebrutalan polisi lainnya, selama beberapa hari terakhir ini.

Baca postingan asli Justin Bieber di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Charlie Puth

Muak Dinyinyir Numpang Tenar, Charlie Puth Kritik Kelakuan "Toxic" BTS...

Charlie Puth dan BTS. (Foto: via Koreaboo). Charlie Puth telah mengkritik para penggemar boyband K-pop BTS alias BTS ARMY yang mengklaim bahwa popstar itu t

on Jul 9, 2020
TikTok

Pemerintahan Donald Trump Pertimbangkan Akan Melarang TikTok di AS

Menurut Sekretaris Negara Mike Pompeo, Administrasi Pemerintahan Donald Trump sedang mempertimbangkan untuk melarang penggunaan TikTok di Amerika Serikat (

on Jul 8, 2020
Melanie C

Melanie C Tampilkan 'Blame It On Me' Live Bareng BBC Concert Orchestra

Melanie C, member Spice Girl, penyanyi, penulis lagu dan bintang TV, tampil live dengan BBC Concert Orchestra sebagai bagian dari Radio 2 House Music. Dia

on Jul 8, 2020
Harry Styles

Harry Styles Siap Bacakan Cerita Sebelum Tidur Untuk Fans Lewat Calm A...

Harry Styles. (Foto: Dave Benett/Getty Images) Harry Styles telah bekerja sama dengan sebuah aplikasi meditasi bernama Calm untuk membuat narasi cerita sebe

on Jul 8, 2020