×
×

Search in Mata Mata Musik

Justin Bieber Akui Karier Musiknya Terbentuk Oleh Kultur Orang Kulit Hitam

Posted on: 06/8/20 at 7:00 am

Justin Bieber.
Justin Bieber. (Foto: Axelle/Bauer-Griffin/FilmMagic).

Justin Bieber mengakui bahwa karier musiknya yang fenomenal telah dibentuk oleh kultur orang kulit hitam dalam sebuah postingan baru di Instagram. Dalam pernyataannya, bintang pop asal Kanada itu juga berjanji untuk menggunakan hak istimewanya sebagai selebriti kulit putih untuk terlibat dalam upaya melawan rasisme.

“Aku terinspirasi oleh kultur orang kulit hitam. Aku mendapat keuntungan dari kultur orang kulit hitam,” tulis Bieber pada Sabtu (6 Juni). “Gaya aku, bagaimana aku bernyanyi, menari, tampil, dan fesyen aku semuanya telah dipengaruhi dan terinspirasi oleh kultur orang kulit hitam”.

Baca Juga: Tekashi 6ix9ine Tuduh Ariana Grande dan Bieber Sogok Chart Billboard

“Aku berkomitmen untuk menggunakan platform aku mulai hari ini dan seterusnya untuk belajar, berbicara tentang ketidakadilan rasial dan penindasan sistemik, dan untuk mengidentifikasi cara untuk menjadi bagian dari perubahan yang sangat dibutuhkan,” tambah pelantun lagu hit ‘Yummy’ itu.

Minggu ini, feed Instagram Bieber – sama halnya dengan banyak artis lainnya – telah memfokuskan kepada topik pembicaraan yang menentang rasisme.

“Tidak ada nyawa yang penting sampai black lives matter (orang kulit hitam juga penting),” jelas Justin Bieber pada 28 Mei. “Sekarang saatnya untuk bangkit dari lembah segregasi yang gelap dan sunyi menuju ke jalur keadilan rasial yang diterangi matahari,” tuturnya pada hari berikutnya.

Pada tanggal 31 Mei, Justin Bieber mengunggah reaksi terhadap para petugas polisi yang terlibat dalam kematian tragis George Floyd: “Mereka lebih memilih membiarkan bangsa mereka terbakar ketimbang menangkap 3 (polisi) punya mereka sendiri… biarkan (kenyataan) itu meresap”. Pada 1 Juni, dalam postingan lainnya Justin Bieber mengatakan, “Untuk teman-teman non-kulit hitamku yang terhormat…. Aku memperhatikan kalian yang tutup mulut,” dan postingan lainnya yang menunjukkan bahwa, “Itu tidak cukup untuk hanya menjadi non-rasis secara diam-diam, sekarang adalah saatnya menjadi anti-rasis secara vokal”.

Justin Bieber juga sempat ikut serta dalam kampanye “Black Out Tuesday”, mendorong pengikutnya untuk memilih suara dan mengambil tindakan, dan memberi tribute kepada Breonna Taylor, orang kulit hitam korban kebrutalan polisi lainnya, selama beberapa hari terakhir ini.

Baca postingan asli Justin Bieber di bawah ini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Saska Diandra

Solois Saska Diandra Visualkan Amarah & Anxiety Lewat MV ‘Doa Dicuku...

Saskia Diandra. Nggak butuh waktu lama bagi Saska Diandra untuk kembali merilis MV (Music Video) untuk lagunya yang berjudul ‘Doa Dicukupkan’. Hanya sel

on Dec 3, 2020
Orkes Kedai Sarinah

Orkes Kedai Sarinah, Unit Pop Era Indonesia Lawas Lepas Single Anyar '...

Orkes Kedai Sarinah. Orkes Kedai Sarinah adalah grup musik dengan konsep retrospektif dari Bekasi yang membawakan nuansa pop era 1950-an dan 1960-an dengan

on Dec 2, 2020
Mahen

Bintang Muda Mahen Kembali Ber-Pop Mellow Dengan Single Baru 'Cinta Se...

Mahen. (Foto: Indo Semar Sakti). Penyanyi muda dan salah satu best new comer, Mahen, belakangan memang menjadi perbincangan para penikmat musik Indones

on Dec 1, 2020
Fahem

Fahem Tenggelam Dalam 'Pool Of Regrets', Single Ke-4 Menuju EP Mendata...

Dua ribu dua puluh mungkin memang “tahunnya” Fahem. Produktivitas dan konsistensi dirinya menghasilkan karya patut diacungi jempol. Terbukti dalam wakt

on Dec 1, 2020