×
×

Search in Mata Mata Musik

Justin Bieber Dituduh Mencuri Melodi Dalam Lagu Barunya ‘Running Over’

Posted on: 02/18/20 at 2:20 pm

Justin Bieber
Justin Bieber. (Foto: Instagram.com/@justinbieber).

Sang popstar sensasional, Justin Bieber baru-baru ini telah merilis album terbarunya, Changes. Hanya butuh kurang dari 24 jam setelah perilisan album tersebut, Justin Bieber dituduh mencuri melodi yang digunakan dalam salah satu lagu barunya.

Baca juga: Justin Bieber Menangis Saat Berkata Bahwa Ia Ingin ‘Melindungi Billie Eilish’

Seorang artis bernama Asher Monroe menunjukkan bahwa bagian chorus lagunya yang berjudul ‘Synergy’ dirilis 2019 terdengar sama dengan lagu ‘Running Over’ milik Justin Bieber.

Ternyata tidak ada yang mencuri apa pun, karena melodi tersebut bukan dibuat oleh Justin Bieber mau pun Asher Moore. Melodi itu adalah sebuah sampel bebas royalti oleh seorang produser bernama Laxcity yang dapat dibeli dari situs web online bernama Splice.com.

Splice adalah sebuah ranah pasar online dimana para pembuat musik dapat membeli sampel untuk menggunakannya dengan bebas royalti (gratis) dalam lagu mereka sendiri, mengurangi risiko lisensi dan pelanggaran hak cipta. Perusahaan ini bekerja dengan para produser musik terkenal untuk membuat paket sampel mereka, termasuk Andres dan Mauricio, duo produser di belakang lagu hit ‘Despacito’. Tahun lalu, sang CEO Splice Steve Martocci mengatakan kepada The Verge bahwa orang-orang mendengarkan lebih dari 60 juta sampel dalam situs tersebut setiap minggunya.

Sampel yang digunakan oleh Justin Bieber dan Monroe dapat ditemukan dalam paket yang dibuat oleh musisi Inggris Laxcity untuk situs web Splice. Jadi, meskipun kedua lagu tersebut menggunakan sampel melodi yang sama, tidak ada yang menyalin atau mengikuti siapa pun. Bahkan, sampel dapat digunakan di setiap lagu yang muncul di radio tanpa konsekuensi apa pun, selama artis mendapatkannya dari Splice.

Sampel khusus ini juga tampaknya menjadi penopang untuk ‘Flight’ oleh artis hip-hop Korea, YUMDDA. Kemungkinan melodi ini juga telah muncul dalam banyak lagu lainnya. Splice bisa dibilang sebagai platform sampel bebas royalti paling populer yang beroperasi saat ini, dan sebagian besar pengguna memeriksa berbagai suara yang baru, yang sedang naik pada chart, atau yang sedang ditampilkan. Sepertinya, kesimpulan yang tak terhindarkan adalah bahwa pada akhirnya, banyak lagu yang akan menggunakan sampel melodi yang sama dalam periode waktu yang sama.

Baca juga: Justin Bieber Rilis Lagu Dan Video Baru Bersama Quavo, Berjudul ‘Intentions’

Laxcity telah men-tweet sebuah video untuk membersihkan seluruh perdebatan ini, menunjukkan alat MIDI dan plugin yang digunakannya untuk membuat sampel tersebut. Dia juga menjelaskan bahwa sampel itu dirilis pada Splice untuk siapa saja yang ingin menggunakannya. Justin Bieber kemudian memberinya sebuah sambutan di Twitter untuk keterlibatannya dalam Changes, dengan mengatakan, “Terima kasih… Anda sekarang telah menjadi bagian dari album ini”.

Dalam sebuah pernyataan kepada The Verge, Splice mengatakan, “Sampel adalah sebuah potongan inspirasi. Suara ini (dan jutaan lainnya) tersedia untuk siapa saja, mulai dari pembuat beat amatir hingga 40 pembuat lagu hit lainnya. Melodi khusus ini terjadi untuk menginspirasi Justin Bieber bersama dengan pencipta lainnya, dan internet menyadarinya. Laxcity membuat sampel yang luar biasa, dan kami senang dia mendapatkan pengakuan yang layak”.

Sementara itu, Laxcity telah mengubah bio Twitter-nya menjadi “Periksa paket sampel Splice saya untuk sampel melodi JB (Justin Bieber) yang manis itu”. Dan Anda dapat melakukannya pada situs Splice di sini.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Justin Bieber & Quavo

Justin Bieber Akan Tampil Bersama Quavo Di Kids Choice Awards 2020

(Foto: Instagram.com/@justinbieber). Kids Choice Awards 2020 sebentar lagi akan tiba, dan sang popstar asal Kanada, Justin Bieber, telah dijadwalkan untuk t

on Mar 13, 2020
Justin Bieber

Khawatir Wabah Corona, Justin Bieber Kurangi Kapasitas Penonton Turnya

Justin Bieber. (Foto: Instagram.com/@justinbieber). Sebelumnya, Justin Bieber merencanakan konser tur dalam stadion besar untuk musim panas untuk mempromosi

on Mar 11, 2020
Justin Bieber

Justin Bieber Kalahkan Elvis Presley dengan 7 Album di Peringkat 1

Justin Bieber. (Foto: Instagram.com/@justinbieber). Justin Bieber memecahkan rekor tangga lagu Amerika yang sudah dipegang oleh mendiang Elvis Preasley, 59

on Feb 26, 2020
Justin Bieber

Justin Bieber Tampil Di Konser Sunday Service Milik Kanye West

Justin Bieber dan Kanye West (Foto: Pagesix.com). Penyanyi berusia 25 tahun asal Kanada yang dari bocah sudah ngetop mendunia, Justin Bieber, telah membuat

on Feb 25, 2020