×
×

Search in Mata Mata Musik

Justin Bieber Menjelaskan Alasan Di Balik Kesuksesan Besar ‘Dynamite’ BTS Di AS

Posted on: 09/8/20 at 7:00 am

Justin Bieber Menjelaskan Alasan Di Balik Kesuksesan Besar 'Dynamite' BTS Di AS
Justin Bieber (Foto: BG020/Bauer-Griffin/GC Images) / BTS (Foto: Big Hit Entertainment).

Seperti yang kita ketahui setelah “cek n’ ricek”, lagu baru BTS ‘Dynamite’ memang lebih sukses di Amerika Serikat (AS) daripada single mereka sebelumnya. Dalam video tayangan khusus untuk E! News, Justin Bieber menampilkan voiceover alias mengisi suara yang menjelaskan mengapa lagu BTS menarik perhatian audiens Amerika.

Baca juga: 6 Momen Jungkook (BTS) Buktikan Cintanya Kepada Justin Bieber

‘Dynamite’ adalah lagu pertama BTS yang dinyanyikan seluruhnya dalam bahasa Inggris dan merupakan lagu bercorak disko-pop dengan nuansa retrospektif. Saat video musik lagu tersebut ditayangkan perdana di YouTube, video itu meraih rekor untuk pemutaran perdana YouTube terbesar sepanjang masa dengan 3 juta pemirsa secara bersamaan. Video musik tersebut kemudian juga mencetak rekor untuk video yang paling banyak ditonton dalam 24 jam pertama setelah mencapai 101,1 juta views.

Di Spotify, ‘Dynamite’ memiliki debut terbesar di tahun 2020 dan debut di No. 1 di chart harian Global Top 50 Spotify dengan 7.778.950 streaming. Lagu ini juga mencapai 100 No. 1 di iTunes dalam waktu 8 jam. Ini menjadikan BTS artis tercepat yang pernah mencapai 100 iTunes No. 1.

Prestasi paling terkenal yang dicapai Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V, dan Jungkook dengan ‘Dynamite’ sejauh ini adalah saat melesatkan debutnya di No. 1 di chart Billboard Hot 100.

Justin Bieber tentang mengapa lagu BTS begitu populer

Kepada E! News, Justin Bieber menarasikan video klip tentang kesuksesan BTS yang meningkat dengan ‘Dynamite’.

“Jika ada yang tahu bagaimana membuat sejarah, itu BTS,” kata Justin Bieber memulai pembicaraan. “Grup K-pop ini telah memecahkan rekor di industri musik global dan tahun 2020 akan menjadi tahun yang besar… BTS melanjutkan rentetan pemecahan rekor mereka dengan merilis single bahasa Inggris pertama mereka, ‘Dynamite'”.

Baca juga: BTS Ceritakan Reaksi Mereka Saat Lagu ‘Dynamite’ Jadi No.1 di Billboard Hot 100

Justin Bieber kemudian melanjutkan untuk membuat daftar apa yang telah dicapai BTS dengan lagu tersebut, termasuk rekaman YouTube dan peringkat Billboard Hot 100 mereka. Yang terpenting, doi merujuk pada xenofobia yang dihadapi BTS dengan single Korea mereka dalam hal promosi radio. Lo tonton saja video voiceover Justin Bieber di bawah ini.

“‘Dynamite’ debut di No. 1 di Billboard Hot 100, menjadikan BTS grup Korea Selatan pertama yang menduduki puncak tangga lagu. Jadi apa yang membedakan lagu ini dari lagu hits mereka yang lain? Nggak seperti lagu grup berbahasa Korea seperti ‘Boy With Luv’ dan ‘ON,’ stasiun radio AS memberi ‘Dynamite’ banyak waktu tayang,” kata Justin Bieber.

Doi melanjutkan, “Secara historis, lagu non-Inggris mengalami kesulitan untuk diputar di radio, dan akibatnya, jarang sekali mereka mencapai puncak tangga lagu Billboard”.

Penggemar dapat menantikan lebih banyak lagu berbahasa Korea

Justin Bieber menutup video dengan menyinggung rilisan lagu BTS di masa mendatang.

“Tapi penggemar nggak boleh berharap melihat BTS memproduksi album berbahasa Inggris sekarang setelah mereka mencapai No. 1 di AS. Mereka telah menjelaskan bahwa bahasa Korea adalah bagian dari seni dan identitas mereka,” katanya. “Grup ini tahu bahwa mereka nggak perlu mengubah siapa mereka untuk menjangkau penggemar”.

Anggota BTS juga meyakinkan penggemar bahwa lagu mereka berikutnya akan sebagus ‘”Dynamite’. Pada 2 September, BTS dan Big Hit Entertainment mengadakan konferensi pers untuk merayakan kesuksesan single tersebut.

“Di masa depan, aku harap kamu terus memperhatikan upaya kami untuk mencapai tujuan kami selanjutnya. Kami sangat menyukai lagu kami kali ini, tapi kami juga sangat menyukai lagu kami berikutnya,” kata Jimin kepada media-media yang menghadiri konferensi pers. Tentu saja semua penggemar menantikannya.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    BTS

    Dianggap Rasis Ke BTS, Radio Jerman Minta Maaf Setelah Dikecam ARMY

    BTS tampil di atas panggung untuk American Music Awards 2020 pada 22 November 2020 di Korea Selatan. (Foto: Big Hit Entertainment/AMA2020/Getty Images). Bay

    on Mar 1, 2021
    Grup K-pop Terpopuler

    30 Peringkat Keseluruhan Grup K-pop Paling Populer Edisi Bulan Februar...

    30 peringkat keseluruhan grup K-pop paling populer edisi bulan Februari 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi

    on Feb 25, 2021
    Anggota Girlband K-pop Terpopuler

    Inilah Urutan Peringkat Anggota Girlband K-Pop Terpopuler Bulan Februa...

    Urutan peringkat reputasi brand anggota girlband K-pop bulan Februari 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi br

    on Feb 24, 2021
    Anggota Boyband K-pop Terpopuler

    Inilah Urutan Peringkat Anggota Boyband K-Pop Terpopuler Bulan Februar...

    Urutan peringkat reputasi brand anggota boyband K-pop bulan Februari 2021. The Korean Business Research Institute telah mengungkapkan peringkat reputasi bra

    on Feb 24, 2021