×
×

Search in Mata Mata Musik

K-Pop Disebut “Kanker Ganas” Perusak Pemuda Korut Oleh Kim Jong Un

Posted on: 06/12/21 at 2:00 pm

K-Pop Disebut "Kanker Ganas" Perusak Pemuda Korut Oleh Kim Jong Un
Kim Jong Un (Foto: Wikipedia) / BTS / aespa (Foto: via Soompi).

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyebut K-Pop sebagai “kanker ganas” yang menggerogoti negaranya. Melalui media pemerintah, Kim menyatakan generasi muda negaranya meniru kebudayaan tetangga sekaligus musuh bebuyutannya, Korea Selatan. Menurut Kim, gaya rambut, gaya berbicara, cara berpakaian, dan perilaku anak muda Korut “teracuni” Korea Selatan. Sorry to say Om Kim, mending gaya rambut K-pop daripada rambut Om, wkwkwk. Kidding Om.

Baca juga: BTS Dikecam Organisasi PETA Karena Kolaborasi Dengan McDonald’s

Kim Jong Un menekankan, jika mereka membiarkan kondisi ini berlanjut, Korea Utara bakal hancur seperti “tembok yang lembab”. Setelah memenangkan fans di seluruh dunia, kultur pop Korsel, termasuk K-Pop, memasuki “rintangan terakhir”: Korea Utara. Karena perkembangannya mulai pesat, rezim Kim bertindak dengan mencanangkan perang terhadap kultur budaya “Negeri Ginseng”.

Dilansir dari New York Times, Jum’at (11/6/2021), rezim Kim Jong Un menganggap budaya tersebut “anti-sosialis dan non-sosialis”. Bahkan, pekan lalu muncul kabar seorang pria ditembak mati di hadapan umum karena menjual film asal Korsel. Pengetatan itu terjadi ketika ekonomi Korut begitu terpuruk, baik karena sanksi Barat maupun pandemi virus Corona.

Jung Gwang Il, pembelot Korut yang mengelola penyelundupan K-Pop mengungkapkan, rezim Kim harus memasukkan ideologinya ke anak-anak muda. “Generasi saat ini berpikir tidak berutang apa pun kepada Kim Jong Un. Jadi, dia harus mengontrol ideologi jika tidak ingin kekuasaan keluarganya runtuh,” kata dia. Propaganda Pyongyang (ibukota Korut) sendiri sejak lama mendeskripsikan Korea Selatan sebagai “neraka yang diisi para pengemis”. Melalui K-drama (drakor dalam istilah Indonesia), warga Korut mengetahui seperti apa realitas negaranya. Di saat mereka sedang berjuang untuk mendapatkan pasokan makanan, warga Korea Selatan berjuang mengurangi berat badan. Tidak heran, hiburan “Negeri Ginseng” sangat mendapat tempat di hati mereka, meski harus menontonnya secara sembunyi-sembunyi.

Hukuman Mati Untuk Konsumen & Penyebar K-Pop

Pada Desember 2020, Pyongyang mengesahkan undang-undang berisi ancaman 15 tahun kerja paksa jika ketahuan menonton drama atau musik negara tetangga. Bahkan, mereka yang tertangkap menyebarkan atau menyelundupkan barang tersebut bakal dijatuhi hukuman mati. Wuih… ngewreee n’ sadistis, men. UU yang baru juga melarang warga Korea Utara “berbicara, menulis, dan bernyanyi ala Korsel” dengan ancaman hukuman dua tahun kerja paksa. Pada Februari, Kim Jong Un memerintahkan semua pemerintah provinsi dan kota “memberangus kapitalis tanpa ampun”. Kemudian di April, dia memperingatkan “marabahaya kejatuhan ideologi dan mental negara tengah mengintai kita”. Tampang boleh cupu, tetapi aksi Kim keji-keji gitu, men.

Mereka tidak diperbolehkan memanggil oppa atau sayang, panggilan khas Korsel yang dianggap Kim “mesum”. Padahal, pria gendut yang bersekolah dan besar di Eropa tersebut pernah menyambut ramah kebudayaan negara tetangga. Pada 2012, dia terlihat mengacungkan jempol saat menyaksikan pertunjukkan girl group yang menyanyikan lagu dari film Rocky.

Baca juga: BTS Ungkap Lagu Mereka Yang Mewakili Setiap Member Raja K-Pop Ini!

Jiro Ishimaru, kepala situs web Asia Press yang berbasis di Osaka, Jepang, berpandangan, ekonomi negara penganut ideologi Juche itu merosot sejak Kim naik tahta pada 2011 silam. “Jika warganya kelaparan, otomatis tingkat kejahatan bakal meningkat. Kim harus menegakkan aturan jika tidak ingin terjadi kerusuhan,” papar Ishimaru.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Lisa

    Lisa Tampil 'Edgy' Pakai Kostum Iron Maiden, LALISA Trending #1!

    'LALISA' sengaja kami pilih sebagai materi episode perdana MMM REACTION di kanal YouTube MataMata Musik. MV (Music Video) 'LALISA' sempat trending #1 selam

    on Oct 7, 2021
    Penyanyi K-pop

    30 Urutan Peringkat Penyanyi K-Pop Terpopuler Edisi September 2021

    30 urutan peringkat penyanyi K-pop paling populer edisi bulan September 2021. Penyanyi K-pop! Yup, The Korean Business Research Institute telah mengungkapka

    on Sep 26, 2021
    BTS di PBB

    BTS Tampil Kembali Di Majelis Umum PBB Sebagai Duta Kebaikan Global

    BTS di depan kantor PBB (Foto: dok. Big Hit). BTS memang tidak pernah luput dari pemberitaan. Pada bulan September 2018, sang juru bicara BTS, Kim Namjoon d

    on Sep 21, 2021
    ENHYPEN

    ENHYPEN Siap Comeback Oktober Via Album "DIMENSION : DILEMMA"

    Foto: dok. BE:LIFT. ENHYPEN adalah boyband pertama yang diciptakan oleh BELIFT LAB. Mereka beranggotakan JUNGWON, HEESEUNG, JAY, JAKE, SUNGHOON, SUNOO, dan

    on Sep 20, 2021