×
×

Search in Mata Mata Musik

K-Pop Dorong Pasar Musik Korsel Menjadi ‘Pemain Utama’

Posted on: 04/4/19 at 7:45 pm

BTS dan BLACKPINK tercatat sebagai artis yang memimpin pertumbuhan pasar musik Korea Selatan.

Industri K-Pop mengalami pertumbuhan signifikan tahun lalu, menurut laporan Global Music Report 2019 yang diterbitkan International Federation of the Phonographic Industry (IFPI). BTS dan BLACKPINK tercatat sebagai artis yang memimpin pertumbuhan pasar ini.

Di 2018, pasar musik Korea Selatan mengalami peningkatan pendapatan sebesar 17,9%, dan dinyatakan sedang “bergeser dari status pemain ‘berpotensi’ menjadi ‘pemain utama.’” Negara ini juga berada di peringkat No. 6 di antara 10 pasar musik teratas di dunia.

Sementara pendapatan penjualan musik fisik menurun sebanyak 10,1% secara global, negara-negara seperti Korea, Jepang dan India justru mencatatkan pertumbuhan yang meningkat. Bahkan, Asia menjadi wilayah kedua terbesar untuk “musik fisik dan digital yang digabungkan untuk pertama kalinya.”

Baca Juga: BLACKPINK Hadirkan Video Musik “Kill This Love”

Meskipun Spotify belum diluncurkan di Korea, artis Kpop banyak yang mengunggah karya mereka di platform streaming tersebut serta berkolaborasi di proyek-proyek seperti playlist personal.

BTS dan BLACKPINK pendorong utama meningkatnya pasar K-Pop di industri musik dunia.
BTS dan BLACKPINK pendorong utama meningkatnya pasar KPop di industri musik dunia.

Tahun lalu, BTS menjadi grup yang paling banyak di-streaming kedua di Spotify di belakang Imagine Dragons. Di tangga lagu IFPI, BTS menduduki posisi No. 2 (Love Yourself: Answer) dan 3 (Love Yourself: Tear) daftar album global teratas tahun lalu dengan masing-masing 2,7 juta dan 2,3 juta unit album. Mereka juga bertengger di No. 2 daftar 10 teratas artis rekaman global.

“Dari awal, K-Pop adalah salah satu genre fokus utama bagi editor kami di Singapura,” kata David Erlandsson, ahli data Spotify, kepada IFPI. “Playlist ini awalnya dibuat untuk pasar Asia Tenggara, tetapi, karena playlist tidak memiliki batas, popularitasnya menyebar ke seluruh dunia ada sekarang ada fokus yang lebih global di genre ini.”

Erlandsson juga mengatakan, artis K-Pop meraup lebih dari 100 juta stream dari pendengar di Peru, Kanada dan Prancis tahun lalu. Sudah jelas kalau K-Pop membuat kemajuan besar di pasar global yang lebih terhubung secara internasional daripada sebelumnya.

Keterangan Foto Utama: BTS & BLACKPINK. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BTS

Bring the Soul: The Movie, Film Konser BTS Raup $13 Juta di Minggu Per...

Bring the Soul: The Movie mulai tayang pada 7 Agustus lalu di bioskop seluruh dunia. Baca Juga: BTS Rehat 2 Bulan Dari Panggung Hiburan! Hanya beberapa har

on Aug 19, 2019
BLACKPINK Garap Musik Baru dengan Produser Ariana Grande

Blackpink Garap Musik Baru dengan Produser Ariana Grande

BLACKPINK tampaknya sedang mengerjakan musik baru dengan Tommy Brown, dan penggemar K-pop tidak tahan menghadapi berita ini. Buat kalian yang selama ini tin

on Aug 17, 2019
Jungkook

Lagu Jungkook BTS Muncul di Episode Terakhir Serial Euphoria

Lagu solo Jungkook “Euphoria,” dari album Love Yourself: Answer, muncul di episode terakhir serial drama yang dibintangi penyanyi-aktris Zendaya. Baca Ju

on Aug 14, 2019
BTS Rehat 2 Bulan Dari Panggung Hiburan!

BTS Rehat 2 Bulan Dari Panggung Hiburan!

Boyband paling produktif sejagat raya, BTS—yang baru saja merilis album No. 1 ketiganya dalam satu tahun—memutuskan untuk berlibur dan istirahat sejenak da

on Aug 14, 2019