×
×

Search in Mata Mata Musik

K-Pop Dorong Pasar Musik Korsel Menjadi ‘Pemain Utama’

Posted on: 04/4/19 at 7:45 pm

BTS dan BLACKPINK tercatat sebagai artis yang memimpin pertumbuhan pasar musik Korea Selatan.

Industri K-Pop mengalami pertumbuhan signifikan tahun lalu, menurut laporan Global Music Report 2019 yang diterbitkan International Federation of the Phonographic Industry (IFPI). BTS dan BLACKPINK tercatat sebagai artis yang memimpin pertumbuhan pasar ini.

Di 2018, pasar musik Korea Selatan mengalami peningkatan pendapatan sebesar 17,9%, dan dinyatakan sedang “bergeser dari status pemain ‘berpotensi’ menjadi ‘pemain utama.’” Negara ini juga berada di peringkat No. 6 di antara 10 pasar musik teratas di dunia.

Sementara pendapatan penjualan musik fisik menurun sebanyak 10,1% secara global, negara-negara seperti Korea, Jepang dan India justru mencatatkan pertumbuhan yang meningkat. Bahkan, Asia menjadi wilayah kedua terbesar untuk “musik fisik dan digital yang digabungkan untuk pertama kalinya.”

Baca Juga: BLACKPINK Hadirkan Video Musik “Kill This Love”

Meskipun Spotify belum diluncurkan di Korea, artis Kpop banyak yang mengunggah karya mereka di platform streaming tersebut serta berkolaborasi di proyek-proyek seperti playlist personal.

BTS dan BLACKPINK pendorong utama meningkatnya pasar K-Pop di industri musik dunia.
BTS dan BLACKPINK pendorong utama meningkatnya pasar KPop di industri musik dunia.

Tahun lalu, BTS menjadi grup yang paling banyak di-streaming kedua di Spotify di belakang Imagine Dragons. Di tangga lagu IFPI, BTS menduduki posisi No. 2 (Love Yourself: Answer) dan 3 (Love Yourself: Tear) daftar album global teratas tahun lalu dengan masing-masing 2,7 juta dan 2,3 juta unit album. Mereka juga bertengger di No. 2 daftar 10 teratas artis rekaman global.

“Dari awal, K-Pop adalah salah satu genre fokus utama bagi editor kami di Singapura,” kata David Erlandsson, ahli data Spotify, kepada IFPI. “Playlist ini awalnya dibuat untuk pasar Asia Tenggara, tetapi, karena playlist tidak memiliki batas, popularitasnya menyebar ke seluruh dunia ada sekarang ada fokus yang lebih global di genre ini.”

Erlandsson juga mengatakan, artis K-Pop meraup lebih dari 100 juta stream dari pendengar di Peru, Kanada dan Prancis tahun lalu. Sudah jelas kalau K-Pop membuat kemajuan besar di pasar global yang lebih terhubung secara internasional daripada sebelumnya.

Keterangan Foto Utama: BTS & BLACKPINK. (Foto: Google Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

BTS

BTS dan Lauv Daratkan Remix “Make It Right”!

“Make It Right” awalnya muncul sebagai lagu sisi B album BTS, Map of the Soul: Persona, yang keluar April lalu. BTS baru saja merilis kolaborasi terbaru

on Oct 18, 2019
BTS

BTS Akan Siarkan Langsung Konser Seoul di Bioskop

Konser BTS pada 27 Oktober mendatang di Olympic Stadium Seoul akan disiarkan secara bersamaan di bioskop beberapa negara Asia dan AS. Baca juga: Semua Prest

on Oct 16, 2019
BTS

Semua Prestasi Terbesar BTS Terangkum dalam #BTSPavedTheWay

Hari Minggu kemarin (13/10) ARMY turun ke Twitter untuk merayakan kesuksesan BTS lewat serangkaian cuitan bertagar #BTSPavedTheWay yang menyoroti semua pencap

on Oct 15, 2019
Peta pembagian wilayah Nakamda atau ‘United Nation of ARMY’

Sejarah Hari Kemerdekaan BTS ARMY!

Hari ini, satu tahun yang lalu, para BTS ARMY dengan penuh keberanian menyatakan ‘merdeka’ dari komunitas K-pop. Bagi kalian yang ‘kudet’ alias kura

on Oct 14, 2019