×
×

Search in Mata Mata Musik

Kaka Slank, Rockstar Sederhana dan Bersahaja Serta Peduli Lingkungan

Posted on: 03/10/20 at 9:00 am

Kaka Slank berulang tahun ke 47 tahun. (Foto: Instagram.com/@kakaslank).

Akhadi Wira Satriaji atau dikenal Kaka Slank hari ini tengah merayakan ulang tahun yang ke-47. Bungsu dari 4 bersaudara ini merupakan salah satau musisi legendaris Indonesia yang memiliki suara unik dan berkarakter.

Kariernya yang cemerlang bersama Slank tak membuatnya jumawa dan tetap menjadi sosok musisi yang rendah diri. Perjalanan hidupnya penuh lika liku dan dia mengawali semuanya dari nol hingga meraih kesuksesan yang besar.

Kaka sejak kecil tak pernah merasakan kasih sayang orang tua. Ibunya meninggal sejak dia berusia 2 tahun dan membuat dirinya seolah kebingungan dalam mencari jawaban hidup.

Dia menyukai musik sejak masih duduk di bangku SMP dan diajak ngeband bersama Masto, adik Bimbim di Lovina. Awalnya dia sempat menolak tawaran tersebut dan sering kabur, namun tetap kembali ke Potlot sebagai tempat bernaungnya.

Kaka bergabung ke Slank setelah Well Willy memutuskan keluar. Slank membuatnya kerasan, karena persyaratan yang diajukan Bimbim menguntungkan dirinya, bahwa siapapun yang masuk Slank harus berani memilih main musik atau sekolah.

Kaka yang saat itu baru dikeluarin oleh gurunya gara-gara sering berkelahi di sekolah tentu saja seolah mendapat penampungan. Menemukan kecocokan akhirnya Kaka dan Slank merilis debut album berjudul Suit… Suit… He.. He…(Gadis Sexy) pada tahun 1990.

Hingar bingar dan glamornya kehidupan musisi saat itu membuat Kaka pernah terjerembab dalam lubang hitam narkoba. Kaka sendiri mengenal narkoba sejak masih kelas 6 SD. Narkoba mmebuat karier Slank nyaris hancur hingga akhirnya para personel melakukan rehabilitasi dan dinyatakan bersih dari barang haram tersebut.

Kaka hidup dalam kesederhanaan bersama keluarganya. Jauh dari kesan seorang rockstar dengan rumah seperi istana. Cara berpakaian juga selalu santai, bahkan tak jarang dia muncul di hadapan publik dengan sendal jepit, celana pendek dan t-shirt. Pelantun lagu ‘Mawar Merah’ ini senang menggendarai Vespa dan tergabung di Old Scoot Community.

Di sela jeda manggung dia sering berpergian ke tempat pelosok yang jauh dari hingar bingar perkotaan. Dia membaur dengan masyarakat setempat mempelajari budaya di tempat yang disinggahi. Jika libur manggung, dia sering mengantar anaknya berangkat sekolah.

Kaka sering menyuarakan dampak buruk penggunaan kantong plastik sekali pakai. Dia menyuarakan kampanye bahaya plastik terhadap kehidupan manusia melalui musik. Secara pribadi dia mengakui setiap mengadakan konser musik banyak sampah plastik yang bertebaran di lokasi. Namun, Kaka terus mengimbau penggemarnya untuk memungut sampah itu kembali dan mmebuangnya ke tempat sampah.

Tidak hanya sampah plastik bekas makanan atau minuman, Kaka juga menyuarakan agar penggemarnya turut memungut puntung rokok untuk dibuang ke tempat sampah. Dengan cara seperti itu, menurutnya secara perlahan-lahan perilaku tersebut akan menjadi kebiasaan masyarakat.

Mata-Mata Musik mengucapkan selamat ulang tahun untuk Kaka Slank yang ke 74 tahun. Sehat terus berkarya dan selalu menjadi inspirasi semua orang.

Penulis: Fajar Nugroho
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Slank

36 Tahun Slanking Forever Tetap Hadir 31 Desember Besok!

Foto: Dery Ridwansah/JawaPos.com Berita tentang pengganti konser 36 Tahun Slanking Forever band rock n' roll terbesar di Indonesia yang batal ini sudah dium

on Dec 30, 2019
Keterangan Foto Utama: Slank Slanking Forever (kredit foto: @slankdotcom Instagram account)

Album Ke-23 Slank, Slanking Forever Direkam di Lokananta

Berisi 10 lagu baru, Slank merilis album Slanking Forever dalam format boxset Tepat hari ini (23/8) band rock legendaris Indonesia, Slank baru saja melepas

on Aug 23, 2019
RUU Permusikan

RUU Permusikan Akhirnya Dibatalkan!

Diterpa berbagai protes sejak awal isu dihembuskan, RUU Permusikan akhirnya dibatalkan. Baca Juga: Panasnya RUU Permusikan Lewat akun Twitter resminya, Koa

on Jun 18, 2019
Konser Ulang Tahun Slank ke 35 - Indonesia Now

Ulang Tahun Ke 35, Slank Emang Nggak Ada Matinya!

Tiket VVIP sudah ludes terjual sejak pre-sale, mendekati hari H, sebagian besar tiket sudah terjual. Slank memang band dalam negeri dengan daya pikat luar bias

on Jan 3, 2019