×
×

Search in Mata Mata Musik

Kanye West Tandingi Beberapa Rekor Eminem dengan Album Baru

Posted on: 11/8/19 at 10:00 am

Kanye West kembali berada di puncak Billboard 200 minggu ini dengan album gospel pertamanya, Jesus Is King, yang menembus chart dan mengeklaim tempat tertinggi tanpa ada perlawanan besar dari album baru milik artis lain. 

Baca juga: Kanye West Sukses Bawa Jesus Is King ke Puncak Billboard 200

Dengan perolehan album No. 1 lainnya ini, Kanye ‘seri’ dengan Eminem dalam hal mencatatkan lebih dari satu rekor di peringkat album semua genre tersebut. 

Jesus Is King menandai album kesembilan berturut-turut Ye yang debut di No. 1 Billboard 200 dan saat ini juga memegang rekor sebagai debut tercepat. Hal serupa terjadi pada Eminem, yang sembilan album terakhirnya sukses debut di puncak chart secara berurutan. 

Lucunya, baik Eminem maupun Kanye sama-sama gagal meraih tempat pertama dengan album debut mereka—yang melambungkan nama keduanya di industri musik—namun setelah itu, mereka selalu memulai era baru di No. 1. 

Baca juga: Film Pendek Kanye West Raup 1 Juta Dolar di Box Office

Selain memiliki debut No. 1 berturut-turut terbanyak di Billboard 200, Yeezy juga menyaingi rekor Em untuk jumlah pemuncak tangga lagu berturut-turut terbanyak dalam bentuk apa pun, debut ataupun non-debut. 

Dengan sembilan pencapaian masing-masing, tidak sulit memahami bahwa dua musisi bintang telah mengeklaim titel ini, karena bahkan nama-nama terbesar pun kadang tidak bisa mencapai puncak dengan rilisan baru mereka.

Sementara seluruh koleksi No. 1 Kanye dirilis di bawah namanya sendiri (namun salah satunya adalah proyek kolaborasi dengan Jay-Z, dan kadang duo ini disebut sebagai The Throne, meskipun albumnya secara resmi mencantumkan nama Kanye dan Jay di bagian kredit), Eminem sedikit lebih unggul jika menghitung perolehannya sebagai bagian dari lebih dari satu grup. Dia mencetak sembilan debut No. 1 sebagai Eminem, dan juga berhasil mencapai puncak Billboard dengan Bad Vs. Evil dan D12.

Baca juga: Kanye West Kemungkinan Rilis Album Baru Minggu Depan

Kanye memang pernah gagal menaklukkan Billboard 200 dengan salah satu album solo (album debut) dan album kolaborasinya (Kids See Ghosts dengan Kid Cudi, yang dirilis di bawah alias Kids See Ghosts), tapi selama lebih dari satu dekade, jika dia merilis album sebagai Kanye West, orang Amerika pasti tidak tahan ingin segera mengonsumsi album itu.

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Kanye West

Berseteru Dengan Universal Music dan Sony/ATV, Kanye West Kencingi Pia...

Kanye West (Foto: Brad Barket/Getty Images for Fast Company) / Piala Grammy dikencingi. (Foto: Twitter Ye). Dengan terhitung hanya 47 hari dari hari pelaksa

on Sep 17, 2020
Michael Sweet

Sebut 'WAP' Sampah, Michael Sweet (Stryper) Khawatir Cucunya Dengar La...

Michael Sweet / Cardi B. Michael Sweet, pentolan band heavy metal religius Styrper belum lama ini memberikan kritikan pedas kepada superstar rap Cardi B ata

on Sep 16, 2020
Bonado hip hop duo

BONADO Persembahkan Single Perdana Dengan Hip-Hop Khas Indonesia Timur

Bonado adalah duo hip-hop yang terdiri dari Rendy Reynhard dan Steven Russel. Rendy keturunan Manado, sedangan Stevi keturunan Ambon. Bonado adalah singkat

on Sep 14, 2020
Major Lazer

'Oh My Gawd', Single Joget Baru Major Lazer Fitur Mr. Eazi, Nicki Mina...

Major Lazer. Tepat pada hari Jum'at, 11 September 2020, bersama dengan Mr. Eazi, Major Lazer merilis single terbarunya berjudul 'Oh My Gawd' fitur Nicki Min

on Sep 12, 2020